Rukun Khutbah Jum’at

07 Februari 2016

1- Membaca Alhamdulillah (pujian terhadap Allah) dikhutbah pertama dan kedua.
Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah ia berkata: bahwasanya; Apabila Rasulullah saw menyampaikan khutbah pada hari Jum’at beliau memuji Allah, suaranya lantang, dan semangatnya berkobar-kobar bagaikan panglima perang yang sedang memberikan komando kepada bala tentaranya. Beliau bersabda: Hendaklah kalian selalu waspada di waktu pagi dan petang. Aku diutus antara aku dan hari kiamat adalah seperti dua jari ini (yakni jari telunjuk dan jari tengah). Kemudian beliau melanjutkan bersabda: Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah Kitabullah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw. Seburuk-buruk perkara adalah perkara yang diada-adakan dan setiap bid’ah adalah sesat. Kemudian beliau bersabda: Aku lebih utama bagi setiap muslim daripada dirinya sendiri. Karena itu, siapa yang meninggalkan harta, maka harta itu adalah miliki keluarganya. Sedangkan siapa yang mati dengan meninggalkan hutang atau keluarga yang terlantar, maka hal itu adalah tanggungjawabku. (HR Muslim)
2- Membaca shalawat atas Nabi saw di khutbah pertama dan kedua, karena setiap perbuatan akan sempurna jika dimulai dengan menyebut nama Allah dan shalawat terhadap Rasulallah saw, seperti adzan dan iqamah.
3- Berwasiat agar bertaqwa di khutbah pertama dan kedua sesuai dengan hadist di atas yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dimana Rasulallah saw mengingatkan orang-orang islam agar takut kepada Allah
4- Mebaca ayat suci al-Qur’an di khutbah pertama dan kedua sesuai dengan hadist yang diriwayatkan dari Jabir bin Samrah ra, ia berkata: “sesungguhnya Rasulallah saw duduk di antara dua khubah jum’at, membaca Al-Qur’an dan menasihati manusia” (HR Muslim)
5- Memanjatkan do’a untuk Muslimin di khutbah kedua, sesuai dengan perbuatan para salaf.

Related posts

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.