10 Situs Penyedia Layanan Membuat Free Email

30 Januari 2016

Situs Penyedia Layanan Membuat Email GratisAnda pasti sudah tidak asing dengan Ymail bukan ? yap, Ymail (Yahoo! Mail) merupakan salah satu situs untuk membuat email gratis yang dikembangkan oleh Yahoo! Inc dan diluncurkan pada tahun 1995 silam, kelebihan layanan email dari Ymail adalah tampilannya yang sederhana sehingga memudahkan penggunanya dalam mengirim / membaca email. Jadi tak heran jika Yahoo! Mail menjadi salah satu situs penyedia layanan membuat email terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa selain Yahoo! sebenarnya masih terdapat situs penyedia layanan pembuatan email gratis lainnya ? kesepuluh situs penyedia layanan untuk membuat email gratis yang akan saya bagikan ini, bisa Anda jadikan referensi sebagai tempat membuat email selain Yahoo!. Mungkin langsung saja, silahkan Anda simak 10 contoh daftar situs penyedia layanan email gratis terbaik versi SEO Terpadu.

1. Gmail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Gmail
Gmail (Google Mail) merupakan situs layanan untuk membuat email yang disediakan oleh Google. Salah satu alasan kenapa saya meletakkan Gmail pada urutan pertama sebagai situs layanan pembuatan email terbaik setelah Ymail, tak lain dan tak bukan adalah karena banyaknya fitur yang disediakan oleh Google. Fitur-fitur yang saya maksud tersebut diantaranya adalah :
  • Tabbed inbox : Fitur ini akan membedakan mana email dari sosial media, promosi dan perorangan.
  • Google voice : Fitur yang memungkinkan kita untuk mengirim audio
  • HTML view : Ini fitur yang paling saya suka, dimana kita bisa merubah tampilan Gmail menjadi standart HTML yang pastinya jauh lebih ringan dibanding tampilan default.
Selain ketiga fitur diatas, alasan lain saya memilih Gmail adalah karena tersedianya fasilitas lain yang membutuhkan syarat akun Gmail, seperti akses ke Google Play, Blogger, Google Drive dan Google Doc. Jika tertarik dan ingin mencoba layanan email dari situs Gmail, maka Anda perlu utuk buat email di gmail terlebih dahulu, silahkan baca panduan lengkap cara membuat email di google mail (gmail) dari awal dan telah disertai dengan gambar pendukung.
2. AOL Mail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email AOL Mail
AOL Mail adalah layanan email yang dikembangkan oleh AOL. Untuk para pengguna AOL Instant Messenger (AIM) tentu sudah sangat familiar dengan AOL Mail, karena pasalnya untuk menggunakan layanan AIM dibuthkan AOL Mail sebagai syarat utama untuk mendaftar dan membuat akun AIM. Diskspace yang disediakan AOL menurut saya pribadi sudah lebih dari cukup untuk menyimpan jutaan email seklipun, karena dari pihak AOL telah memberikan ruang penyimpanan Unlimited, artinya tidak ada batasan berapapun email yang Anda simpan. Meski ruang penyimpanannya tak terbatas, namun jangan sampai Anda tidak login selama 90 hari lebih (3 bulan) karena nantinya akan berdampak pada penon-aktifan akun AOL Mail Anda secara otomatis, praktis seluruh email yang ada di dalam akun email tersebut tidak bisa diakses.
3. FastMail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email FastMail
FastMail adalah emailnya orang Australia. Tetapi jangan salah, FastMail bisa dibilang sudah sangat mendunia, alasannya karena layanan email dari perusahaan Fastmail Pty Ltd ini menawarkan kecepatan dalam mengirim email yang super cepat, selaras dengan namanya ‘FastMail’. Yang menarik dari FastMail adalah fitur Custom Mail yaitu sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan nama domain sendiri. Sebagai contoh saya memiliki domain seoterpadu.com, maka nanti saya bisa membuat email dengan nama domain yang saya miliki, jadi nanti nama email saya akan berakhiran @seoterpadu.com. Namun, sangat disayangkan layanan pembuatan email di FastMail sifatnya hanya trial, dimana kita hanya bisa menikmati layanan email gratis selama 60 hari, dan selanjutnya harus membayar $10 per tahun.
4. ATMail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email ATMail
ATMail (@mail) adalah layanan email yang dikhususkan untuk pengguna Linux, layanan email ini dibuat dengan platform Zend dan jQuery, dengan ruangan penyimpanan email sebesar 10 GB menjadikan ATMail layak dinobatkan sebagai layanan email terbaik, khususnya untuk pengguna Linux. ATMail menyediakan dua versi layanan email :
  • AtMail Open (Gratis)
  • AtMail Commercial (Berbayar)
Yang menjadi pembeda kedua versi layanan email tersebut adalah dukungan fitur yang diberikan, untuk layanan email versi gratis tentu fiturnya tak akan selengkap yang berbayar.
5. Hushmail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Husmail
Husmail adalah web penyedia layanan email yang didirikan oleh Hush Communications Ltd. Husmail juga menyediakan dua versi layanan email,
  • Individuals (ruang penyimpanan sebesar 25 MB), dan
  • Businesses (runag penyimpanan sebesar 10 GB)
Ada fitur tambahan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan email Business, seperti email forwarding, catch-all email dan vanity domain. Sayangnya, untuk menikmati fitur tersebut Anda harus membayar $49.98 per tahun.
6. Mail.Ru
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Mail.ru
Satu lagi situs penyedia layanan untuk membuat email gratis yang menyediakan ruang penyimpanan unlimited, yap yang saya maksud adalahMail.Ru layanan email dari Rusia yang telah mendukung fasilitas POP3, IMAP, SMTP dan SSL, sehingga akan membuat aktifitas kita dalam berkirim email menjadi lebih aman karena ter encrypt. Selain layanan email, pihakMail.Ru juga menyediakan fitur lain seperti :
  • My World (social network)
  • Agent (instant messaging)
Semua fitur tersebut bisa Anda akses secara gratis selama kita sudah memiliki akun email dari Mail.ru.
7. Ovi Mail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Ovi
Ovi Mail adalah layanan email yang dikembangkan oleh Nokia. Bagi para pengguna Handphone legendaris nokia, pastinya sudah memiliki email Ovi bukan ? Dengan Ovi Mail, nantinya kita bisa menggunakan seluruh layanan Ovi, seperti misalnya :
  • Ovi Music Store
  • Ovi Maps
  • Ovi Store
Sangat disayangkan, untuk pendaftaran email baru Ovi Mail sudah tidak bisa lagi, namun Anda tetap bisa membuat akun Nokia dengan email Yahoo / Outlook. Namun, bersiaplah migrasi ke layanan email Outlook pada tanggal 9 Maret 2015, karena pada tanggal tersebut, praktis layanan akan Nokia juga dihentikkan.
8. Outlook Mail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Outlook
Outlook.com adalah alamat situs web penyedia email gratis yang dijalankan oleh Microsoft sekaligus menjadi saingan berat Yahoo! Mail dan Google Mail. Layanan email dari Microsoft ini, sebelumnya dikenal dengan nama Hotmai lau berganti menjadi MSN Hotmail lalu berubah nama lagi menjadi Windows Live Hotmail dan pada akhirnya pada tahun 2012 berganti nama menjadi Outlook. Salah satu alasan kenapa Outlook patut untuk Anda coba adalah karena dukungan fitur yang sangat banyak, sebagai contoh ada :
  • Aliases : Fitur yang mengijinkan penggunanya untuk membuat puluhan email dalam 1 akun.
  • Categories : Fitur yang akan mengelompokkan email berdasarkan nama pengirim.
  • Custom domains : Fitur untuk mengubah alamat email menjadi nama domain Anda sendiri.
Dan masih banyak fitur-fitur lain dari Outlook yang tentunya tidak bisa saya sebutkan semuanya disini.
9. Yandex Mail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email Yandex
Yandex Mail adalah situs layanan email yang dikembangkan oleh perusahaan besar asal rusia Yandex LLC pada tahun 2000. Tak mau kalah dengan Mail.ru yang sama-sama situs penyedia layanan email asal Rusia, dimana Yandex juga menawarkan ruang penyimpanan email yang terbatas secara gratis. Selain menyediakan layanan email, Yandex juga mengembangkan layanan lain seperti Yandex Store, Yandex Shell, Yandex Browser, Yandex Navigator, Yandex Maps, Yandex Music, Yandex Translate, Yandex Disk, Yandex Fotki, Yandex Mail, Yandex Money, Yandex Metro, Yandex Kit, dan semua layanan tersebut bisa Anda gunakan secara gratis pula.
10. iCloud Mail
Situs Penyedia Layanan Membuat Email iCloud Mail
iCloud merupakan layanan penyimpanan awan (cloud storage) dari Apple dan sekaligus juga menawarkan layanan untuk membuat email gratis, namun hanya ada 1 pilihan alamat email yang bisa kita gunakan, yaitu @icloud.com. Meski demikian, layanan iCloud dari Apple ini memiliki beragam fitur lain (selain untuk membuat email) diantaranya adalah :
  • Find My iPhone (mencari lokasi iPhone Anda)
  • iCloud Keychain (mengamankan password dan data-data penting)
Untuk membuat akun iCloud termasuk iCloudMail, Anda membutuhkan smartphone iOS 5 lima keatas, atau bisa juga melalui Mac OS X Lion v10.7.5.
Beberapa situs penyedia layanan email yang saya sebutkan diatas tidak semuanya gratis seumur hidup, karena ada beberapa situs yang hanya menyediakan layanan email trial (gratis sementara), sebagai contoh situs penyedia layanan untuk membuat email dari FastMail yang hanya gratis selama 60 hari.
Dari kesepuluh situs penyedia layanan pembuatan email diatas, pilihan saya tentu saja Gmail (Google Mail), salah satu alasannya adalah karena keamannya yang sangat aman dan jumlah pengguna yang sangat banyak, selain itu juga tersedia beragam fasilitas menarik seperti salah satu contohnya adalah yang sedang saya pakai ngeblog ini, yap fasilitas untuk Buat Blog di Blogger. Namun akhir2 ini saya terkesan dengan email "yadex.com". Silakan Anda buat free email di Yandex, untuk memberikan sedikit sensasi berbeda, tidak hanya punya akun yang bermarkas di USA, tapi juga kita punya di tempat lain, misalnya di Rusia, atau Baidu (Tiongkok).

Related posts

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.