5 Wisata Gresik yang Sanggat Memukau

Posted in
Tidak ada komentar:
06 November 2015

Wisata Gresik, Kota Gresik merupakan salah satu Kota dataran rendah di Jawa Timur, letak Kota Gresik berdekatan langsung dengan selat jawa. Selain terkenal sebagai kota industri semen terbesar di indonesia yaitu semen Gresik, kota Gresik juga mempunyai beberapa tampat wisata alam yang sering di kunjungi oleh para wisatawan di anntaranya adalah.





5. Wisata Gresik yang Sanggat Memukau.

1. Pulau Bawean.

Pulau Bawean adalah salah satu obyek wisata di Gresik yang sangat populer, Pulau Bawean terletak sekitar 120 Km dari jantung Kota Gresik. Untuk bisa sampai di pulau bawean pengunjung harus menaiki kapal dari Pelabuhan Gresik yang memakan waktu kurang lebih 3-8 jam.

Ada tiga kapal yang biasanya beroperasi yang akan mengantarkan wisatawan ke pulau bawean yaitu kapal Bahari Expres 1c, Natuna Expres, kapal Feri.

Kapal Bahari Expres 1c beroperasi pada hari Selasa, Kamis dan Minggu berangkat dari pelabuahan Gresik. Sedangkan hari Senin,  Rabu dan Sabtu berangkat dari Pulau Bawean. Kapal Bahari Expres 1c membutuhkan waktu tempuh 3,5 jam yang berankat pukul 09.00 WIB.

Natuna Expres beroprasi pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu dari pelabugan Gresik. Pada hari Selasa, Kamis dan Minggu berankat dari Pulau Bawean, Kapal Natuna Expres memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam.

Kapal Feri Gili Iyang hanya beroprasi setiap hari jumat saja dari pelabuhan Gresik maupun pelabuhan Pulau Bawean, kapal Feri Gili Iyang mempunyai ukuran yang cukup besar sehinga mampu menampung kendaraan bermontor roda dua dan roda empat. Kapal Gili Iyang berangkata dari pelabuhan Gresik pada pukul 21.00 WIB sadangkan dari Pulau Bawean pada pukul 09.00 WIB, untuk bisa sampai di Pulau Bawean kapal feri Gili Iyang membutuhkan waktu tempuh agak lama yaitu kurang lebih 8 jam.

Setelah sampai di pulau bawean anda akan melihat panorama alam yang mempesona, ada 6 obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika singah di pulau bawean diantaranya :

* Pulau Gili.

Pulau Gili merupukan salah satu pulau kecil yang jaraknya lumayan dekan dengan pulau bawean berjarak kurang lebih 2,3 Km daru pulau Bawean, Pulau Gili merupakan salah satu pulau yang berpenghuni kurang lebih di huni sekitar 700 kepala keluarga.



Untuk bisa sampai di Pulau Gili anda harus menyeberangi laut mengunakan perahu nelayan dengan memkan waktu sekitar 30 menit. Ada banyak hal bisa anda lakukan di Pulau Gili di antaranya adalah menikmati pantai yang berpasir putih serta melihat Sunset.


* Pulau Noko.

Tak jauh beda dengan Pulau Gili, Pulau Noko juga mempunyai panorama alam yang indah pulau noko mempunyai tepi pantai yang berpasir putih.



 Hanya saja Pulau Noko ini merupakan Pulau yang tidak berpenghuni, lusa pulau Noko secara keseluruhan kurang lebih hanya 1 Km, Pulau Noko mempunyai daratan yang di domonasi oleh pasir putih sungguh pesona alam yang indah sayang kalau sampai terlewatkan.

* Tanjung Gaang.

Tanjung Gaang merupakan obyek wisata yang berada di pulau bawean, Tanjung Gaang menyuguhkan keindahan batu karang dan tebing yang kokoh dan indah.

Wisata Tanjung Gaang berada di Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura berjarank kurang lebih 8 Km ke arah barat dari Pulau Bawean. Untuk bisa sampai di Tanjung Gaang ada dua jalur yang bisa di tempuh yaitu jalur darat dan laut, namun akan menjadi menyenangkan apabila anda mengunakan jalur laut dengan menyewa perahu nelayan warga setempat karna apabila anda mengunakan jalur laut anda akan di suguhi aneka biota laut yang bisa anda lihat di sepanjang perjalanan.

* Danau Kastoba.

Danau Kastaba adalah salah satu obyek wisata di Pulau Bawean yang bisa anda kunjungi, Danau Katoba terletak di pusat Pulau Bawean tepatnya di Kecamatan Tambak.


Danau Kastoba memiliki keidahan alam yang masih sangat alami air yang jernih serta tenang, serta udara yang sejuk menyelimuti kawasan wisata ini.


Untuk bisa menikmati keindahan Danau Kastoba anda harus berjalan kaki melewati bukit dan melewati hutan, perlu kesabaran memang untuk bisa menikmati keindahan Danau Kastoba ,, hehehehe.

* Air Terjun Laccar.

Selain wisata pantai dan danau di pulau bawean juga terdapat obyek wisata air terjun yaitu Air Terjun Laccar, Air Terjun Laccar berada di Desa Kebun telukdalam, Dusun Laccar yang berjarak kurang lebih 15 Km dari Kecamatan Sangkapura.



Air Terjun Laccar mampunyai ketingian kurang lebih 20 meter, di likasi Air Terjun Laccar anda bisa menikmati segarnya air terjun serta udara yang sejuk alami.



Akses untuk bisa sampai di Air Terjun Laccar bisa di akses mengunakan kendaraan roda dua dan empat, namun kendaraan anda hanya bisa mengantarkan anda sampai di Dusun Laccar saja salanjutnya perjalanan anda harus di lanjutkan dengan berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 1 Km.

* Penangkaran Rusa.

Satu lagi yang tidak boleh anda lewatkan untuk di kunjungi ketika di Pulau Bawean yaitu Penangkaran Rusa Bawean, Penangkaran Rusa Bawean memiliki luas kurang lebih 4 hektar dengan jumlah rusa kurang lebih 300 ekor, Rusa yang  berada di penangkaran bawean merupakan Rusa jenis Axis Kuhlii yang saat ini keberadaannya mulai punah dan hanya bisa di jumpai di pulau bawean. Rusa Axis Kuhlii memiliki ketingian antara 60 s/d 70 cm untuk jantan, dan mempunyai ukuran 25 s/d 47 untuk betina.

Walaupun dalama penangkaran pengunjung tidak bisa memberi makan Rusa-Rusa tersebut dengan bebas tanpa ada izin dari pengelola setempat.

2. Telaga Ngipik.

Telaga Ngipik merupuakan salah satu obyek wisata fovorit warga Kota Gresik karna lokasi Telaga Ngipik hanya berjarak kurang lebih 1,5 Km alun-alun Kota Gresik arah barat tepatnya di Jln. Siti Fatimah Binti Maimun, Desa Ngipik.



Telaga Ngipik ramai di kunjungi oleh wisatawan pada hari-hari libur, banyak warga Gresik yang menghabisakan waktu libur mereka untuk bersantai bersama keluarga di obyek wisata ini. Telaga Ngipik mempunyai beberapa fasilitas diantaranya bermain sepada air, perahu montor, arae bermain anak, selain itu Telaga Ngipik juga biasa di pakai latihan ski air.

Di kawasan wisata Telaga Ngipik juga terdapat area parkir yang luas, pangung hiburan, cafe dan warung makan. Untuk anda yang hobi memancing anda bisa menghabiskan waktu anda di Telaga Ngipik.
Baca juga,,,,!

10 WISATA JAWA TIMUR YANG PALING FENOMENAL.

3. Pantai Delegan.

Pantai Delegan berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, tepatnya berjarak kurang lebih 40 Km dari jantung Kota Gresik.




Pantai Delegan merupakan pantai yang berpasir putih pantai ini ramai di kunjungi wisatawan pada saat weekend, selain panorama yang indah serta ombak pantai yang tenang anda juga bisa merasakan hembusan anggin laut yang semilir, pantai Delegan juga di lengkapi dengan fasilitas bermain anak. Selain itu juga terdapat kamar mandi warung makan, tempat ibadah, dan tempat parkir kendaraan.

4. Bukit Awan Waterpark.

Wisata Bukit Awan Waterpark adalah salah satu wahana permainan air yang berada di Kota Gresik, berlokasi di Jln. R. Ayu Siti Aminah, Nomor 1, Desa Randuagung, Kecamatan Kebamas Gresik.

Ada berbagai macam wahana yang bisa di nikmati di kawasan wisata Bukit Awan Waterpark diantanya kolam pemandian untuk anak-anak, kolam pemandian dewasa dan juga terdapat wahana seluncur air .

5. Wisata Religi.


Di Kota Gresik juga terdapat salah satu makam wali songo yaitu makam Maulana Malik ibrahim (Sunan Gresik), makam sunan gresik ini selalu ramai di kunjungi oleh peziarah setiap tahunnya. Sunan Maulana Malik Ibrahim mempunyai andil besar dalam penyebaran agama islam di Indonesia.


Makam Maulana Malik Ibrahim berada di Desa Gapuro, makam Sunan Giri terletak di Desa Giri, Sunan Prepen, kanjeng sepuh, dan fatimah binti maimun berada di wilayah Gunung Surowiti, Kecamatan Panceng.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.