Tempat Wisata di Bandung, Wisata Ranca Upas

Posted in
Tidak ada komentar:
14 Desember 2015

Tempat Wisata di Bandung, Ranca Upas merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup populer, Nama Ranca Upas berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti "Ranca" Rawa dan "Upas" Rawa, menurut sejarah Ranca Upas dulunya adalah sebuah hutan belantara yang luas dan di huni oleh binatang binatang buas, Ranca Upas dulunya juga pernah dijadikan sebagai salah satu tempat latihan oleh Kopassus, Dan saat ini Ranca Upas telah telah ditetapkan  sebagai hutan lindung oleh Perhutani. Ketika berkunjung di Ranca Upas mata anda akan di manjakan oleh pemandangan alam yang sanggat mempesona terdapat berbagai jenis ragam Flora seperti pohon hamirug, jamuju, huru, kihujan, kurai, kitambang, dan Fauna seperti Rusa, aneka jenis burung dan bergabai satwa lainnya yang hidup bebas didalamnya.

Ranca Upas Ciwidey
Foto Ranca Upas Via adesudiman1.wodpress.com
 Wisata Ranca Upas memiliki Luas Area kurang lebih 215 Hektar dengan suhu udara kurang lebih 17°C - 20°C dan berada di ketinggian 1700 meter dari permukaan laut. Ranca Upas berjarak kurang lebih 50 Km dari jantung Kota Bandung tepatnya berada di Jln. Raya Ciwidey Patenggang, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Terdapat berbagai fasilitas yang terdapat di wisata Ranca Upas seperti adanya kolam renang air hanggat di lengkapai dengan papan seluncur, War Games, ATV, selain itu Ranca Upas juga sering di gunakan sebagai kegiatan outdoor seperti Champing Grond. Terdapat juga penangkaran Rusa Jawa yang berada di Area Ranca Upas, kawasan penangkaran Rusa ini menjadi salah satu tempat fovorit bagi para wisatawan karna di tempat ini pengunjung bisa melihat langsung Rusa  Jawa yang memiliki bulu - bulu indah hidup dengan bebas.
Ranca Upas Ciwidey
Foto Ranca Upas Via satyawinnie.com
Tidak hanya itu pengunjung juga di beri kesempatan untuk memberi makan Rusa - Rusa tersebut secara langsung dengan Wortel atau sayuran yang telah disediakan, pada awalnya Rusa yang terdapat di Ranca Upas hanya berjumlah kurang lebih 11 ekor saja dengan jumlah betina 6 ekor seiring  berjalannya waktu Rusa - Rusa tersebut terus bertambah setiap tahunya dan saat ini menjadi bertambah jumlahnya.
Ranca Upas Ciwidey
Foto Ranca Upas Via wisnuwidiarta.wordpress.com
Ranca Upas Ciwidey
Foto Ranca Upas Via mrpurbaya.wordpress.com
Aktifitas lain yang bisa di lakukan adalah berkeliling danau mengunakan kano yang telah di sediakan, bermain paint ball, bersepeda dan treking bukit, anda juga bisa menikmati suasa malam yang tenang di Ranca Upas dengan berkemah, terdapat tempat penyewan perlengkapan kemah seperti Tenda dan sleeping bed yang bisa di sewa dengan harga yang terjangkau. Terdapat juga fasilitas pendukung lainnya berupa penginapan atau Hotel yang berada tak jauh dari Ranca Upas.

Akses Menuju Ranca Upas
Untuk bisa samapai di wisata Ranca Upas cukuplah mudah karna lokasi Ranca Upas berdekatan dengan Obyek Wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang yaitu berjarak kurang lebih 6 Km atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 10 menit, terdapat transportasi umum yang dapat mengantarkan anda ke Ranca Upas dengan rute Terminal bus Leuwipanjang >> Ciwidey dari Ciwidey anda bisa mengunakan angkot dengan tujuan Kampung Cai Ranca Upas. Peta selengkapnya Klik di sini....!

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.