12 Tempat Wisata di Pacitan, Yang Fenomenal

Posted in
Tidak ada komentar:
12 November 2015

Wisata Pacitan, Kabupaten Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Secara geografis Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehinga kabupaten Pacitan memiliki beberapa deretan wisata pantai cantik yang patut untuk di kunjungi salah satunya yang paling fenomenal adalah obyek wisata pantai klayar  dan wisata Goa Gong Pacitan. Selain itu Kabupaten yang merupakan tanah kelahiran Presiden RI ke-6 Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono. Kabupaten Pacitan juga di juluki sebagai Kota 1001 Goa karna terdapat banyak Goa yang cantik dan menawan yang patut untuk di jelajahi.

Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 270 Km dari Kota Surabaya, Akses untuk bisa menuju ke Kabupaten Pacitan sangatlah mudah karna infrastruktur mulai dari jalan, angkutan umum di Kabupaten tersebut benar - benar di perhatikan oleh pemerintah setempat sehinga menjadikan Kabupaten Pacitan banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata di Kabupaten Pacitan yang sangat di gemari oleh para wisatawan, baik karna ombaknya yang liar yang menantang adrenalin para pecinta olah raga surfing untuk menaklukanya di pantai Watu Karung atau melihat salah satu keindahan anugrah Allah yang berada di Goa Gong Pacitan.

12 Tempat Wisata di Pacitan, Yang Fenomenal 

1. Pantai Watu Karung.
 Pantai Watu Karung, Merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang saat ini mulai ng-Hits karna Pantai Watu karung memiliki panorama alam yang indah dan ombak laut dengan tipe reef break yang asyik untuk bermain selancar, Ombak laut Pantai Watu Karung sama menariknya dengan ombak yang di miliki oleh Pantai Plengkung Banyuwangi. Sehinga peselancar kelas dunia pernah menjajal untuk menaklukan ke ganasan ombak Pantai Watu Karung pada tahun 2009 yaitu Bruce Irons juara Rip Curl Pro Search 2008 bersama peselancar Nasional Rizal Tanjung.

Baca Juga,,,!

PANTAI WATU KARUNG PACITAN SURGA BARU BAGI PESELANCAR.


Untuk anda para pecinta olah raga surfing, Pantai Watu Karung mungkin bisa menjadi salah satu referensi baru anda untuk mencoba menaklukan keganasan ombaknya. Pantai Watu Karung bukan di peruntukan para pecinta surfing saja,,,hehehehe,  untuk anda yang mungkin kurang menyukai olah raga surfing anda bisa menikmati keindahan Pantai Watu Karung dengan berenang di tepi pantai, bermain pasir di hamparan pasir putih atau menikmati suasana pantai yang tenang.


LOKASI :
Pantai Watu Karung berada di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Berjarak kurang lebih 25 sampai 30 Km dari jantung Kota Pacitan atau memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam, namun di sarankan untuk anda yang akan berkunjung ke Pantai Watu Karung sebaiknya mengunakan kendaraan pribadi karna jalan menuju pantai masih dalam pengembangan jalannya kecil dengan beberapa tanjakan dan turunan memerlukan kewaspadaan saat berkendara.


2. Pantai Klayar Pacitan.
Foto Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan, murapakan salah satu obyek wisata pantai yang sangat populer di pacitan dengan keindahan batu karang yang eksotis serta keindahan pasir putih yang bersih.
Ada beberapa keunikan yang bisa anda jumpai di Pantai Klayar Pacitan yaitu adanya batu karang yang menyurupai Sphinx, ada juga air mancur alami setinggi kurang lebih 10 meter yang keluar dari sela - sela batu karang akibat terjangan ombak, juga terdapat seruling samudra yang hanya anda jumpai di obyek wisata Pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki ombak yang besar khas pantai selatan sehingga ada larangan berenang bagi wisatawan yang berkunjung di Pantai Klayar.

Baca Juga ,,,,!

MENIKMATI PESONA INDAH PANTAI KLAYAR PACITAN


LOKASI :
Pantai Klayar berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 35 Km dari jantung Kota Pacitan atau memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam perjalan.


3. Pantai Teleng Ria.

Pantai Teleng Ria, Merupakan tempat yang tepat untuk menikmati berbagai ragam kuliner laut atau seafood terdapat beberapa warung makan yang menjajakan menu masakan ikan laut yang masih segar, selain itu para wisatawan juga bisa berbelanja ikan segar langsung dari para nelayan karna di kawasan wisata pantai Teleng Ria terdapat TPI(Tempat Pelelangan Ikan).


Pantai Teleng Ria juga mempunyai keindahan Pantai yang mempesona yaitu hamparan pasir putih yang membentang luas dengan luas kurang lebih 3 Km. Pantai Teleng Ria merupakan tipe pantai yang menjorok ke laut sehingga pantai Teleng Ria mempunyai ombak yang relatif tenang serta aman untuk berenang dan belajar bermain selancar, aktifitas lain yang bisa di lakukan di pantai Teleng Ria di antarannya adalah bermain pasir serta menikmati angin pantai yang berpadu dengan ombak yang tenang, menjadikan pantai Teleng Ria menjadi salah satu tempat yang pas untuk bersantai, sehingga pantai Teleng Ria banyak di banjiri para wisatawan pada saat liburan sekolah atau libur hari - hari besar.


LOKASI :
Pantai Teleng Ria terletak di jl. WR Supratman, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, berjarak kurang lebih 3 Km dari jantung Kota Pacitan atau bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit dari jantung Kota Pacitan, ini yang menjadikan salah satu alasan pantai Teleng Ria banyak di kunjungi.


4. Pantai Srau Pacitan
Pantai Srau Pacitan, Merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pacitan yang pernah di buat sebagai laokasi syuting film layar lebar yang berjudul "Tania" yang di bitangi oleh Ferly Putra, Wulan Guritno dan kawan - kawan. Pantai Srau mempunyai keindahan alam yang eksotis, di kawasan wisata Pantai Srau anda akan menjumpai tiga spot yang berbeda yaitu hamparan pasir putih yang luas dan bersih, kawasan pasir yang berpadu dengan karang, kawasan batu - batuan karang yang besar dan indah. Bayak hal yang bisa anda lakukan untuk menikmati keindahan pantai Srau di antaranya adalah berenang menikmati air laut pantai Srau, bermain pasir atau menikmati jajanan khas pantai Srau yang di jual oleh masyarakat setempat.


LOKASI :
Wisata Panta Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan jawa Timur berjarak kurang lebih 25 Km dari jantung kota Pacitan. Akses jalan untuk bisa sampai pantai Srau terbilang cukup ekstrim karna sebelum masuk kawasan pantai anda harus melewati jalanan yang bekelok - kelok dan kondisi jalan lumayan kecil.


5. Pantai Kali Uluh Pacitan
Pantai Kali Uluh, Merupakan salah satu pantai di pacitan yang mempunyai banyak batuan karang yang tersebar di bibir pantai, hal tersebut menjadikan pantai Kali Uluh tampak berbeda dari pantai - pantai yang berada di Kabupaten Pacitan, selain itu udara pantai yang segar berpadu dengan suara ombak yang besar menyatu menjadi sebuah alunan berirama menjadikan pengunjung betah berlama -lama di Pantai Kali Uluh.


LOKASI:
Pantai Kali Uluh terletak di Desa Klasem, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Akses untuk bisa sampai di pantai Kali Uluh terbilang mudah karana melewati jalur lingkar Selatan JLs, anda bisa lewat fly over gayam lalu belok kiri arah pasar gayam lurus sampai bertemu fly over ke dua setelah itu masuk anda akan masuk di Desa Klasem dari situ anda bisa bertanya warga sekitar tentang keberadaan pantai Kali uluh.


6. Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, merupakan salah satu dari sekian deretan wisata pantai di Pacitan yang mempunyai keunikan tersendiri, nama "Banyu Tibo" memiliki arti banyu(bahasa jawa) yang berarti Air, Tibo(bahasa jawa) berarti Jatuh, Banyu Tibo = Air Jatuh. Karna di lokasi wisata tersebut terdapat Air Terjun setingi 10 meter yang jatuh langsung ke Pantai jadi anda akan menemui degradasi antara Air tawar dengan Air laut. Air Terjun pantai Banyu Tibo berasal dari aliran sungai kecil yang mengalir dari atas tebing, Air terjun tersebut tidak pernah berhenti mengalir meskipun di musim kemarau.

LOKASI :
Wisata Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, letak pantai Banyu Tibo satu arah dengan pantai Klayar jadi anda apabila sedang berkunjung di pantai Klayar tak ada salahnya untuk mampir di kawasan wisata Banyu Tibo untuk melihat keunikan Air Terjun jatuh langsung ke pantai.


7. Pantai Buyutan
Pantai Buyutan, adalah pantai yang masih sepi dari pengunjung atau bisa di bilang masih perawan di Kabupaten Pacitan,sebenarnya untuk lokasi Pantai Buyutan sendiri berada tak jauh dari pantai Klayar.


Jika anda menginginkan suasana pantai yang tenang dan alami anda bisa berkunjung ke pantai Buyutan dengan kondisi pantai yang bersih, tenang, dan air laut yang sangat jernih dan kebersihanya masih terjaga. Jika anda berkunjung ke pantai Buyutan disarankan anda harus membawa bekal keperluan anda dari rumah karna di kawasan ini masih sangat minim fasilitas, maklum karna kondisi pantai masih perawan, hehehehe.


LOKASI :
Pantai Buyutan terletak di Desa Donorojo, Kabupaten Pacitan jawa Timur berlokasi tidak jauh dari pantai Klayar, berjarak kurang lebih 44 Km dari jantung Kota Pacitan.


8. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong, adalah pantai yang memiliki tebing yang tinggi dan besar sesuai dengan penemaanya yaitu Karang Bolong. Disini anda akan di suguhi pemandangan berupa tebing yang tinggi berpadu dengan tumbuhan rumput yang hijau serta terjangan ombak yang besar khas pantai selatan.






LOKASI :
Pantai Karang Bolong terletak di Kelurahan Sendang,Desa Donorejo, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, akses untuk bisa sampai di kawasan pantai terbilang ekstrim apalagi jika turun hujan jalanan akan licin di butuhankan kehati - hatian yang ekstra.


9. Goa Gong Pacitan
Goa Gong, selain mempunyai deretan pantai pasir putih yang cantik, Kabupaten Pacitan juga mempunyai obyek wisata alam lain yaitu Goa, salah satu Goa yang sangat populer adalah Wisata Goa Gong Pacitan bahkan Goa Gong merupakan salah satu Goa terindah di Asia Tengara. Di namai Goa "Gong" karna terdapat sebuah batu yang berada di dalam Goa apabila di pukul maka akan mengeluarkan bunyi surar Gong(salah satu alat musik kesenian jawa), selain itu Goa Gong juga mempunyai stalakmit dan stalaktit yang indah.


Untuk bisa masuk kedalam Goa Gong tak perlu bersusah payah karna fasilitas yang ada di dalam Goa terbilang baik terdapat lampu penerangan dan jalan setapak yang di lengkapai dengan pagar pembatas sehinga pengunjung akan merasa nyaman dan aman ketika berada di dalam Goa Gong dengan ke dalaman kurang lebih 300 meter.

Baca Juga,,,,!

WISATA GOA GONG PACITAN, PESONA ALAM YANG PATUT DI KUNJUNGI

LOKASI :
Wisata Goa Gong berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

10. Goa Tabuhan Pacitan
Goa Tabuhan, Kabupaten Pacitan mempunyai beberapa wisata Goa sehingga Kota Pacitan mendapat julukan Kota 1001 Goa, salah satu yang paling populer adalah Goa Gong dan Goa Tabuhan, di dari ke dua Goa tersebut memiliki keunikan sendiri - sendiri yang menjadi ciri khasnya. Nama "Tabuhan" mempunyai arti membunyikan alat musik, karena ketika anda masuk ke dalam Goa anda akan di suguhi keunikan dari Goa Tabuhan yaitu anda akan mendengarkan suara gamelan(musik jawa) yang keluar melalui pukulan beberapa batu stalagmit yang berada dalam Goa, sungguh salah satu keagungan Allah yang menakjubkan.


LOKASI :
Goa Tabuhan terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 25 Km dari jantung Kota Pacitan. Terletak tidak jauh dari obyek wisata Goa Gong, jika anda mengunjungi Goa Gong anda bisa menyempatkan untuk mampir ke obyek wisata Goa Tabuhan.

11. Wisata Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron, Salah satu wisata alam berupa Sungai yang bisa anda nikmati tatkala bereda di Kabupaten Pacitan, sungai maron mempunyai keindahan alam yang mempesona bahkan sungai maron mendapat julukan sabagai "Green Canyonnya" Kota Pacitan. Keindahan sungai maron bisa anda dapatkan tatkala menulusuri aliran sungai dengan mengunakan parahu penduduk setempat, jernihnya air sungai berpadu dengan tumbuhan hijau yang berada di pingiran sepanjang aliran sungai akan membuat anda merasa nyaman dan tenang tatkala menelusi sungai maron sepanjang kurang lebih 4,5 Km. Aliran sungai maron akan bermuara di Pantai Ngiroboyo.


LOKASI :
Wisata Sungai Maron terletak di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

12. Pemandian Tirto Husodo
Pemandian Tirto Husodo, merupakan pemandian Air Hangat yang terdapat di Kabupaten Pacitan. Setelah anda selesai menjelajahi beberapa wisata alam di Pacitan tidak ada salahnya untuk mampir ke Pemandian Air Hanggat Tito Husodo untuk melepas lelah satelah berwisata dengan berendam di Air Hanggat. Pemandian Tirti Husodo mempunyai 4 kolam pemandian, 1 kolam pemandian sumber air panas(terdapat larangan bagi pengunjung untuk berenang di sumber tersebut), 2 kolam pemandian untuk dewasa dan satu kolam pemandian untuk anak - anak.


LOKASI :
Wisata Pemandian Tirto Husodo terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 15 Km dari jantung Kota Pacitan.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.