10 Tempat Wisata Di Jogja dan Sekitarnya yang Banyak di Kunjungi Wisatawan

Tidak ada komentar:
27 November 2015

Wisata jogja, Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata, jika anda mendengar nama Jogja pasti yang terbayang adalah jalan Malioboro dan Pantai Parangtritis memeng kedua tempat wisata jogja tersebut merupakan tempat yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan, silain malioboro dan pantai parangtritis jogja juga mempunyai beberapa tempat wisata pantai yang cantik dan menawan yang bisa anda kunjungi salah satunya berada di kabupaten gunungkidul tak kurang dari limapuluhan pantai yang berjejer mulai dari ujung barat hinga timur.

Pesona keindahan wisata alam Jogja memang banyak sekalin di minati oleh wisatawan domestik dan mancanegara ini dibuktikan dengan adanya angka kunjungan pada Semtember 2014 yang mencapai 2,4 juta wisatawan domestik dan 1,8 juta wisatawan mancanegara.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang terdapat di Jogja :

1. Pantai Parangtritis

 Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis merupakan salah satu obyek wisata pantai yang cukup populer di Jogja, parangtritis mempunyai karekteristik ombak yang besar dan kuat karna lokasi pantai parangtritis berada di tepi Samudra Hindia sehinga mempunyai deburan ombak yang besar khas pantai selatan, salain itu tatkala anda berkunjung di pantai parangtritis anda juga akan melihat hamparan pasir pantai yang luas, gundukan pasir pantai serta beberapa bukit hijau yang berada di ujung pantai.

Lokasi :Untuk bisa menikmati keindahan pantai parangtritis anda bisa datang di Kecamatan Kretek, Bantul, DIY(Daerah Istimewa Yogyakarta).

2. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
jalan Malioboro merupakan salah satu jalan yang paling fenomenal di jogja karna di sepanjang jalan ini anda akan menemukan banyak sekali penjual yang menjual berbagai macam dan jenis oleh - oleh khas Jogja. Jika anda sedang berlibur ke Jogja dan masih bingung untuk membawakan oleh - oleh untuk keluarga di rumah anda bisa datang di jalan Malioboro.

Dan perlu untuk di ketahui bahwasanya jalan malioboro pada awalnya adalah rute jalan untuk upacara dan jika di tarik garis dari Kraton Yograkarta akan terlihat garis lurus menuju Gunung Merapi.

Baca juga....!

10 WISATA JAWA TIMUR YANG PALING FENOMENAL


3. Candi Prambanan
 Candi Prambanan
Candi Prambanan merupakan salah satu warisan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia, candi yang bercorak Hindu ini mempunyai ketingian kurang lebih 47 meter dengan desain candi yang begitu indah dan megah bahkan candi Prmbanan di nobatkan sebagai candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tengara. jika di lihat dari Sejarah Candi Prambanan partama kali di bangun pada tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dari Dinasti Syailendra tujuan di bangunnya candi prambanan pada saat itu adalah sebagai penghormatan kepada Dewa siwa, pada awalnya candi prambanan mempunyai nama Shiva-grha(Rumah Siwa) atau Shiva-laya(Kerajaan Siwa) berdasarkan prasasti Shivagrha tahun 856 Masehi.

Lokasi Candi Prambanan terdapat di antara dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta dan berjarak tidak jauh dari lokasi wisata Candi Borobudur.

4. museum Sonobudoyo
museum Sonobudoyo
Museum Senobudoyo merupakan salah satu wisata edukasi yang di meiliki oleh Yogyakarta, terletak di Jln. Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Senobudoyo menyimpan berbagai cerita sejarah serta budaya dan arsitektur bangunan jawa, Museum Senodudoyo mulai diresmikan pada tahun 1935 oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII.

Jika anda ingin berkunjung ke Museum Senodudoyo kami sarankan untuk tidak datang pada hari Senin, hari libur dan hari besar karna pada hari - hari tersebut Museum akan tutup dari kunjungan publik. Harga tiket masuk Museum cukup terjangkau yaitu Rp. 3000,- untuk orang dewasa dan Rp. 2500,- untuk anak - anak, untuk wisatawan mancanegara di kenakan tarif sebesar Rp. 5000,- per orang. Jika anda ingin menyaksikan kesenian budaya berupa pagelaran wayang kulit anda bisa melihat di Museum Senobudoyo pada pukul 20.00 - 22.00 dengan mambayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- per orang.

5. Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari merupakan sebuah tempat wisata yang berada di lingkungan kerajaan Yogyakarta, menurut sejarah istana taman sari di bangun berfungsi untuk benteng pertahanan dari musuh selain itu juga berfungsi sebagai tempat meditasi bagi kerajaan Yogyakarta kala itu, Kini Istana Taman Sari bisa dinikmati oleh siapa saja dengan hanya membayar tiket masuk kurang lebih sebesar Rp. 5000,- per orang anda bisa menikmati keindahan istana Air Taman Sari dengan udara yang sejuk, tenang dan juga terdapat beberapa kolam pemandian yang bisa anda nikmati serta adanya kebun bunga yang indah, apabila anda sedang berkunjung ke Jogja jangan lupa untuk mampir di Istana Air Taman Sari.

Baca Juga....!

10 WISATA JAWA BARAT YANG PALING MEMIKAT HATI


6. Arung Jeram Citra Elo
Arung Jeram Citra Elo
Foto Arung Jeram Citra Elo

Arung Jeram Citra Elo adalah salah satu wisata arung jeram yang ada di Yogyakarta, dengan arus sungai yang tidak begitu deras menjadikan Arung Jeram Cirtra Elo cocok dinikmati untuk siapa saja dan yang membedakan Arung Jeram Citra Elo dengan Arung jeram lain yang ada di Jogja adalah Arung Jeram Citra Elo dapat di mainkan kapan saja tanpa harus menungu datangnya hujan.

7. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah salah satu wisata sejarah yang dimiliki oleh Yogyakarta, di keraton Jogja anda akan melihat gaya arsitektur tradisional jawa yang unik dan indah selain itu Keraton jogja juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan kesultanan jogja. Banyak hal yang bisa anda nikmati tatkala mengunjungi keraton Yogyakarta satu diantaranya adalah anda akan menjumpai Bangsal Kencono yaitu sebuah pavilium yang bertahtakan emas yang melambangkan keragaman budaya daerah, Keraton jogja terbuka untuk umum dan di buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 14.00 waktu setempat.

Lokasi :Keraton Yogyakarta bertempat di Jln. Alun - Alun Utara, DIY(Daerah Istimewa Yogyakarta).

8. Pantai Baron
Pantai Baron
Pantai Baron, Apabila anda berkunjung di Yogyakarta dan ingin menikmati wisata kuliner berupa aneka masakan ikan laut, anda bisa datang ke pantai Baron karna di Pantai Baron terdapat banyak warung - warung yang menyajikan aneka hidangan laut separti ika kakap, bawal, lobster, dan tongkol selain itu di Pantai Baron juga terdapat tempat pelelangan ikan anda bisa membeli aneka ikan laut yang segar dari nelayan setempat.

Lokasi :Pantai Baron bertempat di Kanigoro, DIY(Daerah Istimewa Yogyakarta).

Baca Yukz....!

8 TEMPAT WISATA FENOMENAL DI KOTA KEDIRI


9. Goa Jomblang
Goa Jomblang
Goa Jomblang memiliki pesona alam yang mempesona selain itu Goa Jomblang juga mampunyai keunikan tersendiri yaitu adanya sebuah hutan purba yang berada di dalam Goa serta batuan stalagmit dan stalagtit yang berwarna hijau kecoklatan tatkala terkena pancaran sinar matahari sebagian orang menyebutnya sebagai "Cahaya Surga", Cahaya surga Goa Jomblang dapat anda saksikan pada saat siang hari pukul 08.00 sampai 12.00 siang.

Lokasi :Goa Jomblang terletak di Padukuhan Pakis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, DIY(Daerah Istimewa Yogyakarta).

10. Kotagede

Kotagede
Kotagede merupakan tempat bersajarah berikutnya yang terdapat di Yogyakarta menurut sejarah kotagede dahulu kala merupakan tempat Panembahan Senopati pendiri kerajaan Mataram baru yang berdiri pada tahun 1575 yang merupakan keturunan dari Raja Mataram Kuno pendiri Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Jika anda berkunjung ke kotagede anda akan menjumpai banyak bangunan - bangunan yang memiliki ubin mosaik dan juga toko - toko perak tradisional serta situs kono berupa tempat dimakamkanya angota kerajaan kotagede, ada peraturan khusus untuk memasuki area pamakaman kotagede yaitu pengunjung di haruskan untuk memakai pakaian adat Jawa yang bisa disewa di pos pendaftaraan.


Selain itu Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang lainya seperti :

1. Wisata Pantai :
- Pantai Parangkusumo
- Pantai Parangendok
- Pantai Depok
- Pantai Samas
- Pantai Pandansari/patehan
- Pantai Goa Cemara
- Pantai Kuwuru
- Pantai Baru
- Pantai Pandansimo
- Pantai Baron
- Pantai Kukup
- Pantai Drini/Pulau Drini
- Pantai Watu Kodok
- Pantai Sepanjang
- Pantai Krakal
- Pantai Sadranan
- Pantai sundak
- Pantai Indrayanti/Pulang Sawal
- pantai Slili
- Pantai Pok Tungal
- Pantai Sadeng
- Pantai Ngetun
- Pantai Timang
- Pantai jogan
- Pantai Lambor
- Pantai siung
- Pantai Wediombo
- Pantai Jingwo
- Pantai Ngobaran
- Pantai ngranehan
- Pantai Butuh
- Pantai Gesing
- Pantai Wahkudu
- Pantai Grigak
- Pantai Glagah
- Pantai Congot
- Pantai Bugel
- Pantai Trisik

2. Wisata Goa :

- Goa Bribin
- Goa Cemplong
- Goa Cerme
- Goa Cikal
- Goa Dagang
- Gua Gebang
- Gua jepang
- Gua Jlamprong
- Gua Grubuk
- Gua Gebangtinatar
- Gua Grengseng
- Gua Kebon
- Gua Kesirat
- Gua Langse, Dll.

3. Wisata Alam :

- Kaliuarang
- Air Terjun Sri Gethuk
- Puncak Suroloyo
- Lereng Merapi
- Gunung Nglanggeran
- Kaliadem
- Waduk Sermo.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.