Air Terjun Ngleyangan, kecantikan Alam Kediri yang tersembunyi

Posted in
Tidak ada komentar:
12 Oktober 2015


Selain Air Terjun Dolo dan Air Terjun Irenggolo Kediri juga mempunyai Air Terjun yang mulai di kenal oleh masyarakat yaitu Air Terjun Ngleyangan atau disebut juga Air Terjun Sekartaji. Air Terjun ini terletak di kawasan lereng timur Gunung Wilis dengan ketingian lebih dari 123 Meter dan 800 Meter dari ketingian permukaan laut. Tingginya Air Terjun Ngleyagan menjadi daya tarik tersendiri, selain udara yang sejuk dan hawa dingin khas pegunungan.


Air Terjun Ngleyangan Kediri


Dijuluki Air Terjun Sekartaji sendiri karna di kawasan Air Terjun ini terdapat situs patung-patung Hindu dan sumur tua. Menurut masyarakat sekitar Air terjun ini dulunya pernah di tempati oleh Mpu Brahmarja dan putrinya Dewi Aminasi {Dandang Gendis}, mereka menepati beberapa waktu sebelum di jemput ke kraton kediri untuk di jadikan Raja kediri yang bergelar Srikertajaya mengantikan Raja Jayasheba uyung.

Air Terjun Ngleyangan Kediri

karna lokasi Air Terjun ini masih belum banyak yang tau, akses untuk bisa sampai ke Air Terjun hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki atu setapak sekitar 4Km {kurang lebih 2,5 jam jalan kaki} mengikuti arah pipa Air, atau goresan-goresan dari cat. Karna belum ada petunjuk arah yang jelas.

Air Terjun Ngleyangan Kediri

Air Terjun Ngleyangan Kediri


Terletak di Dusun Goliman, Desa Parang Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Berjarak kurang lebih 20 Km dari jantung kota Kediri arah Barat atau Banyakan. Rurte yang di tempuh yaitu dari Pasar Banyakan jalan ke arah barat menuju Desa goliman kondisi jalan mulus bisa dilalui roda dua dan empat sampai di Banyakan jalan mulai terjal bebatuan sampai Dusun Goliman, atau bisa dari arah Pasar Gringing menuju Dusun Goliman, Desa Parang yakni Desa terakhir sebelum naik ke lokasi Air terjun. Kendaraan biasanya bisa di titipkan kepada warga setempat setelah itu Kawan-kawan bisa naik menyusuri parbukitan menuju titik Air Terjun. Menuju titik Air Terjun pengunjung akan di suguhi pemandangan hijau persawahan warga.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.