ISLAMIC WORLDVIEW 2

Tidak ada komentar:
10 Mei 2015



Mata kuliah Islamic worldview pertemuan 2 : 10/11/2012
Oleh Dr. Adian Husaini, M.
-          Tantangan Islam dalam memerangi pemikiran-pemikiran yang merusak Islam dan menyerang Islam saat ini sungguh berat, karena para kaum perusak Islam telah merancang sistematis dan bersikukuh dalam memerangi dan merusak Islam. Bahkan mereka memanfaatkan tokoh atau ‘”artis yang memilki pengaruh besar dalam masyarakat. Mereka dijadikan alat untuk merusak Islam dan menyerang Islam.
-          Naquib al attas berpendapat bahwa problem saat ini yang dihadapi umat Islam adalah kekacauan dalam ilmu. Hal ini disebabkan karena kekacauan Barat dalam mengartikan ilmu. Ilmu menurut mereka bersumber dari manusia, menafikkan konsep wahyu dan mendikotomikan antara ilmu dengan agama.
-          Muhammad Asad berpendapat bahwa umat Islam berada di simpang jalan, umat Islam harus memilih jalan hidupnya. Bila memilih jalan yang lurus maka pilihlah Islam dan bila jalan bengkok maka pilihlah peradaban barat yang memang saat ini sukses dalam peradaban dunia (fisik) tapi hancur dalam tataran adab ,aklhak dan agama.
-          (Leopold Weiss) :No civilization can prosper or even exist, after having lost this preide and the connection with its own past..
-          Naquib Al Attas: Barat adalah peradaban yang memilki konsep yang paling merusak manusia sepanjang sejarah. Barat  berpendapat bahwa manusia lah yang berhak mengatur tuhan bukan tuhan mengatur tuhan. Hasil yang dapat dilihat, manusia seenaknya dalam hidupnya mereka tidak mau diatur oleh Tuhan,,,,dan memang jika manusia sudah seperti ini maka mereka lebih jelek dari hewan bahkan lebih rendah lagi. Peradaban barat adalah peradaban syahwat, peradaban yang menuruti hawa nafsu dan menjauhkan akan mengenal Allah swt.
-          Ilmu yang mengenalkan Allah swt akan menjunjung tinggi derajat manusia dan memabantu manusia masuk surga. Pemikiran pluralisme, leberalisme dan sekulerisme adalah progam barat dalam  membendung bangkitnya peradaban Islam.
-          Paus sebagai tokoh agama kristiani memilki kekuasaan absolut dalam mengatur para pengikutnya. Tetapi ironisnya, pengikutnya saat ini (peradaban barat) sangat benci terhadap paus, paus hanya dijadikan sebagai symbol agama mereka tetapi merka tidak mau diatur oleh ajaran paus. Menurut mereka ajaran paus (kristiani) penuh dengan tipu daya dan menghambat perkembangan peradaban. Maka dari sikap apriori dan ketakutan masyarakat barat terhadap agama (Kristen) terlahirlah konsep barat yang menjauhkan akan tuhan dan agama.
-          KOnsep pemikiran barat  saat ini yang diwakili oleh amerika terlahir dari kebencian masyarakat barat terhadap wakil tuhan (paus) dan kaum gereja. Maka rasa benci itu berdampak pula pada tuhan mereka sehingga pemikiran mereka selalu identic dengan kebebasan manusia dan kebencian mereka terhadap tuhan.
-          Ada hal yang penting dan menarik dalam hadits nabi yang menceritakan tentang malaikat jibril yang menyamar menjadi manusia untuk bertanya pada Rasulullah saw tentang definisi Islam. Dalam hadits ini definisi Islam sudah diterangkan secara gamblang.
-          Saat ini timbul kerancuan dalam mengartikan Islam. Hal ini timbul karena penamaan islam yang dikaitkan dengan kata-kata penjelas seperti Islam moderat, Islam fundamentalis, Islam liberal dll. Penamaan ini malah membuat kerancuan dalam mengartikan Islam sesungguhnya. Bila ditelisik, istilah ini dimunculkan dan didasarkan dari pemikiran barat yang identic dengan budaya mereka. Jadi berhati-hatilah dengan nama-nama Islam yang memilki embel-embel.
-          Paham eksklusivisme adalah paham yang menganggap apa yang diyakini benar dan diluarnya salah.
-          Paham Insklusivme adalah keyakinannya yang benar tapi kebenaran juga bisa ditemukan pada keyakinan lain.
-          Paham transendentalisme religion adalah keyakinan yang menganggap bahwa semua keyakinan dapat dijadikan sebagai jalan menuju kebenaran. (semua keyakinan benar).lebih khusus keyakinan yang dimaksud adalah agama.
-          Paham pluralism adalah keyakinan bahwa semua agama benar tidak ada agama yang benar sendiri. Sehingga dalam paham pluralisme kebenaran bersifat relative karena tolak ukur dari pandangan manusia berbeda. Sehingga kebenaran suatu agama tidak dapat dipaksakan.
-          Islam sebagai agama wahyu:
-          1. Nama Islam berasal dari wahyu
-          2. Nama dan konsep Tuhan berasal dari wahyu
-          3. Tata cara Ibadah (ritual) berdasarkan wahyu
-          4. Islam memilki model yang hidup.(Rasulullah SAW sebagai uswatun Khasanah)
5. Islam agama yang fitrah, yang final dan benar.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.