ISLAMIC WORLDVIEW

Tidak ada komentar:
10 Mei 2015



Mata kuliah Islamic worldview pertemuan 1 : 3/11/2012
Oleh Dr. Adian Husaini, M.     
Fakta boleh sama, tapi cara pandang bisa berbedainilah pentingnya Islamic worldview untuk setiap muslim
Islamic worldview merupakan cara pandang muslim dalam menyikapi berbagai permasalahan dan fakta yang terjadi disekitarnyamuslim menggunakan dasar Al Quran dan hadits dalam menyikapi serta pandangan hidup di dalam kehidupannya.
Berbagai ilmu saat ini telah diambil oleh barat yang memilki cara pandang khusus mereka yaitu cara pandang westernisasi yang berdasar pada agama dan kebudayaan mereka yang kebanyakan atheis dan bible.
Prof. Naquib Al Attas membentuk ISTAC sebagai penyeimbang perdaban barat dalam membangun sebuah perdaban Islam,salah satu aspek yang harus ditekankan dalam membangun peradaban adalah ilmu..maka usaha awal yang dilakukan professor adalah membangun ilmu dengan mengundang beberapa ahli dari barat dan diambil ilmu sains mereka yang kemudian diubah menjadi ilmu yang berkarakter islam atau yang biasa dikenal sebagai Islamisasi ilmu pengetahuan.
Studi objektif menurut pandangan barat adalah studi yang ilmiah dan tanpa subjektifitas, mereka menadang suatu kebenaran adalah bersifat relative, jadi tergantung darimana kita melihat atau memndang permaslahan. Agama tidak boleh dijadikan tolak ukur sebagai pandangan pada kebenaran.
Bahkan, mereka memandang bahwa Islam melihat suatu permasalahan tidak secara objektif karena menjadikan kitab sucinya sebagai landasan menetukan kebenaran, mereka meragukan keontetikan al quran karena al quran merupakan produk riwayat sahabat sehingga mereka meragukan kebenaran akan Al quran..Naudzubillah..
Ibnu Khaldun (1332-1406)
Si pecundang senantiasa meniru penaklkuknya, baik dalam slogan, cara berpakaian, beragama dan seluruh gaya serta adat istiadat
Banyak bukti sekarang mulai dari peradaban Islam sampai peradaban barat saat ini..
1. Saat Islam Berjaya, maka hampir semua orang bangga akan ciri-ciri Islam dari agama dan peradaban.
2. Saat Barat Berjaya, maka hampir semua orang bangga akan ciri kebaratan, ideology, budaya dan bahkan pandangan hidup mereka..
Karena kemajuan peradaban suatu kaum sangat berpengaruh pada kaum yang lain yang peradabannya kalah maju.
Politik ethis atau  politik balas budi adalah politik sekulerisasi dan kristenisasi.
Dalam membangun peradaban di Indonesia ada 3 cara pandang besar yang masih menjadi perdebatan sampai saat ini :
1. Indonesia harus berorientasi pada peradaban barat yang sudah terbukti maju,.tapi barat hanya maju dalam ranah fisik yaitu pembangunan fisik dan kemajuan teknologi tapi  rentan dan miskin akan kemajuan pda ranah aklhak dan agamadi barat walaupun maju diberbagai bidang tapi rusak dalam tataran moral, akhlak dan agama. Bila kita ikut seluruhnya peradaban barat maka Indonesia hanya sebagai cloning peradaban barat dan tidak memilki karakter tersendiri akan peradabannya.
2. Indonesia harus berorientasi pada kebudayaan Indonesia asli,.mereka beranggapan bahwa peradaban Indonesia maju saat jaman kerajaan majapahit,..paham nativisme dijadikan sebagai dasar dalam membangun peradaban ini.
3. Indonesia harus berorientasi pada peradaban Islam, karena masyarakat secara keselurahan adalah muslim. Selain itu, sejatinya Indonesia menjadi bangsa yang beradab dan merdeka adalah andil dari para ulama dan pejuang muslim saat merebut dan mempetahankan kemerdekaan. Kultur Indonesia merupakan bangsa yang terbentuk dari peradaban melayu. Peradaban Melayu adalah peradaban yang bnayak dilandasi akan nilai-nilai Islam, hal ini dapat dilihat dari bahsa dan budaya bangsa melayu.
Inilah solusi yang tepat karena Islam telah terbukti pernah menjadi peradaban tertinggi di dunia dan lebih sesuai dengan peradaban dan budaya bangsa Indonesia.
3 konsep dalam pendidikan islam:
1. Orientasi dalam pendidikan, kita harus memilki pemahaman bahwa pendidikan adalah bagian jihad bil ilmi, guru adalah elemen terpenting dalam menjalankan pendidikan Islam, sehingga  seorang guru dalam pendidikan Islam haruslah tidak gaji Oriented (khubud dunya), nilai gaji sangat bernilai kecil bila dibanding dengan pahala dari mendidik...bila hanya gaji yang kita kejar dan menafikkan fungsi kita sebagai pemimpim umat maka kita bisa dikatakan kita kehilangan jatidiri sebagai manusia J
2.
3.
Barat mengganggap bahwa peradaban yang dapat membangun pada tataran dunia, hal ini sangat bertolak belakang pada worldview islam bahwa peradaban yang maju adalah peradaban yang menjadikan dunia sebagai alat untuk menjadikan ridho Allah swt (akhirat oriented). FAKTA BOLEH SAMA, TAPI DALAM MENDEFINISIKAN DAN PANDANGANNYA DAPAT BERBEDA.
Samuel P. Huntington: Islam is the only civilization which has put the survival of the west in doubt, and it has done at least twice dalam bukunya Samuel mengatakan bahwa tantangan barat setelah hancurnya peradaban komunis adalah peradaban Islam. Dalam bukunya terbaru Samuel mengatakan:The rhetoric of Americas ideological war with militant communism has been transferred to its religious and cultural war with militant Islam.  Amerika telah menjadikan istilah teroris itu dinisbatkan kepada pejuang Islam yang membela diri dan tanah airnya, sungguh tipu muslihat yang dilancarkan amerika saat ini telah meracuni seluruh pemikiran manusia saat ini. Istilah ini mulai dikenalkan amerika dengan tragedy 11 september yang mana pada saat itu golongan Usama bin laden ynag dijadikan kambing hitam yang dijuluki sebagai terorisme yang mengancam perdamaian dunia. Bila ditelisik lebih dalam, kejadian 11 september dan pemberitaan media terhadap istilah terorisme yang dibesar-besarkan merupakan scenario amerika untuk mendapatkan pengesahan dunia untuk menyerang islam. Saat ini, banyak manusia awam yang tertipu akan istilah terorisme, karena terorisme merupakan julukan bagi para kaum muslim yang berjiwa fundamentalis, militant dan mempertahankkan kemerdekaannnya. Sungguh, istilah teroris merupakan istilah yang dibuat kaum barat untuk menyerang umat Islam..hati2 terhadap istilah teroris dalam mengartikannya.
Islamic worlview adalah sebuah pandangan umat Islam yang mendasarkan worldview pada:
1. Konsep Tuhan
2. Manusia
3. Agama
4. Ilmu
5. Kitab Suci
6. Nabi
7. Kebenaran
Tantangan Umat Islam saat ini adalah hidup dijaman modern yang menjunjung tinggi kebebasan, hedonisme, menuruti hawa nafsu, dunia oriented, dan anti agama. Jadi wajar, bila saat ini jika kita mengajak manusia keagama akan menjadi cibiran dan sesuatu hal yang tidak penting..parah kan..
Maka Islam harus menjawab dengan membekali umatnya untuk memiliki Islamic Worlview untuk menyelamatkan kita (umat Islam) dari tantangan dan pengaruh buruk dunia modern saat ini,,
Islam
 
Ru’yat al –Islam li’l-wujud/ISLAMICWORLDVIEW
 
Worldview
Weltanschauung
 
Tuhan
Agama
Manusia
Dunia
Ilmu
Politik
Wanita
kebenaran

 
Barat
 
 




                           ((Deskripsi: Dr. Hamid F. Zarkasyi)



Konsep dalam sistem Islam adalah saling terkait menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi, jadi bila kita salah dalam menyikpai satu aspek pada Islam maka akan merusak cara mensikapi konsep atau sistem islam yang lain. Contohnya: bila ada seorang muslimah telah memilki cara pandang kesetaraan gender menurut pandang barat untuk mengkritisi pandangan Islam dalam menyikapi gender maka akan menjalar ke sistem Islam yang lain.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.