Kegunaan-Kegunaan Teknologi UAV atau Pesawat Tanpa Awak

Posted in
Tidak ada komentar:
23 Juni 2014



UAV (Unmaned Aerial Vehicle) atau yang biasa kita tahu sebagai pesawat tanpa awak adalah pesawat-pesawat kecil yang dapat terbang tanpa dikendarai oleh manusia. Lalu bagaimana pesawat tersebut bisa dikendalikan? Pesawat tanpa awak atau UAV biasa dikendalikan dengan remote control, dikendalikan melalui satelit, ataupun dapat dikendalikan secara otomatis.

Diera modern ini UAV atau pesawat tanpa awak mulai mendapat banyak perhatian karena memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang sangat beragam baik untuk militer, sipil, maupun untuk ilmu pengetahuan. Kegunaan yang sangat beragam itu tak terlepas dari kemampuannya yang dikendalikan tanpa awak (manusia) sehingga dapat menghindarkan korban jiwa manusia apabila digunakan pada tempat-tempat atau area yang sangat beresiko.

Selain itu, bentuknya yang kecil dan mudah dibuat juga membuatnya lebih ekonomis atau biayanya lebih murah. Sehingga bisa digunakan bahkan disekolah-sekolah biasa untuk bahan eksperimen ataupun bahkan untuk para pecinta dunia aeromodelling.

Adapun kegunaan UAV (Unmaned Aerial Vehicle) atau pesawat tanpa awak antara lain :

1. Bidang Militer

Dalam bidang militer UAV atau pesawat tanpa awak memiliki kegunaan, diatantaranya :
  • Pesawat penyerang kamp-kamp musuh
  • pesawat pengintai atau mata-mata
  • Pesawat kamikaze (untuk ditabrakkan ke musuh)
  • pesawat patroli perbatasan
UAV atau pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk menyerang kamp-kamp musuh karena ada UAV yang mampu membawa berbagai roket dan rudal, selain itu dapat mengurangi kerugian dibanding menggunakan pesawat konvensional ataupun helikopter. Terutama kerugian sumber daya manusianya. Dimana nyawa merupakan harta yang tak ternilai harganya. Bahkan UAV pun digunakan untuk menyerang kamp teroris ditimur tengah yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda yaitu Osama Bin Laden.

Pesawat tanpa awak biasanya disematkan juga kamera dan sensor-sensor lainnya sehingga dengan indra tersebut maka pesawat tanpa awak atau UAV dapat digunakan untuk pengintaian dan patroli perbatasan selain itu juga dapat digunakan sebagai pesawat kamikaze, yaitu untuk menyerang musuh dengan cara ditabrakkan kekapal atau pesawat musuh. Cara ini dahulu dilakukan oleh Jepang saat menyerang Pearl Harbour, tapi dengan pesawat yang dikendarai oleh manusia.

2. Bidang Sipil 

Dalam bidang sipil biasanya pesawat tanpa awak ini digunakan untuk:
  • Melihat Luas lahan dan kontur yang ada sehingga memudahkan dalam perencanaan pembangunan lahan tersebut.
  • Membantu pemerintah dalam membuat tata kota yang lebih teratur.
  • Mengetahui luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan
  • Menciptakan peta tambang 3 dimensi yang telah digarap dalam bidang pertambangan
  • SAR
Kegunaan-kegunaan tersebut tak terlepas dari pemanfaatan UAV yang lebih ekonomis dan dapat dibekali dengan kamera-kamera yang dapat memberikan gambaran secara realtime terhadap suatu area. Bahkan data dari kamera tersebut bisa langsung ditransfer kepengguna baik melalui video maupun gambar-gambar foto.

3. Bidang Ilmu Pengetahuan

Dalam bidang ilmu pengetahuan, UAV atau pesawat tanpa awak ini dapat digunakan untuk:
  • Media untuk mempelajari aerodinamika dan penerapannya
  • Untuk pemetaan
  • Penelitian Atmosfir
  • Penyebaran benih
  • pengamatan vitigasi daerah kritis yang sulit
  • Pengawasan Bencana
  • membuat hujan buatan
Dengan memiliki kemampuan untuk membawa beban hingga ratusan kilogram, maka UAV atau pesawat tanpa awak bisa digunakan untuk membawa muatan lain seperti muatan benih ataupun bubuk kimia tertentu untuk ditebar dalam sebuah area sehingga dapat digunakan untuk penyebaran benih dan membuat hujan buatan. Selain itu juga,UAV ini dapat membawa berbagai sensor yang diperlukan untuk penelitian atmosfir dan sebagainya.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.