Galaksi Kerdil Ternyata dapat Lenyap Di Langit.

Posted in
Tidak ada komentar:
07 April 2013




Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi dan merupakan kumpulan dari begitu banyak tata surya, bintang , planet , asteroid, dan benda angkasa lain yang membentuk satu kesatuan. Galaksi berasal dari bahasa Yunani yaitu galaxias yang berarti susu. Kata ini merujuk pada penyebutan Galaksi Bima Sakti yang dalam bahasa Inggris disebut Milky Way. Galaksi Kerdil adalah sebuah galaksi yang hanya terdiri dari sedikit bintang dibandingkan dengan galaksi-galaksi lainnya. Oleh sebab itu , galaksi ini tidak begitu besar sehingga disebut galaksi kerdil

Beberapa galaksi kerdil di awal terciptanya alam semesta (universe) melakukan perjalanan dengan sangat cepat. Perjalanan tersebut kabarnya meninggalkan jejak yang terungkap melalui sebuah simulasi komputer baru.

Peristiwa mengilangnya kosmik ini dapat membantu menjelaskan misteri lama, di mana astronom mengamati beberapa galaksi kerdil di "Grup Lokal". Grup ini merupakan kumpulan galaksi dekat Bima Sakti.Namun, jika galaksi ini kehilangan gas, maka ini bisa menjelaskan mengapa galaksi ini tidak tampil dalam jumlahnya yang besar. Sebab, galaksi kerdil ini sangat kecil ketika mereka terbentuk.

Galaksi kerdil tidak memiliki cadangan gas besar untuk memulai pembentukannya. Dengan terlepasnya gas dari galaksi ini, maka mereka akan tampak kecil dan redup serta tidak dapat terobservasi dari Bumi. 

"Ini adalah sesuatu yang keluar dari simulasi dan belum diantisipasi. Ini juga belum pernah terlihat sebelumnya. Ini merupakan penemuan yang menarik," tutur Julio Navarro, astronom dari University of Victoria. Penelitian ini diterbitkan di Astrophysical Journal Letters pada edisi 1 Februari 2013. 

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.