Pengertian, Penyebab Kelahiran Kembar Siam dan Beberapa Kasusnya

Posted in
Tidak ada komentar:
08 April 2013

Kembar siam adalah keadaan anak yang lahir secara bersamaan atau disebut juga anak kembar yang mana pada bagian tubuh mereka bersatu. Kasus anak kembar ini sebenarnya sudah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Kasus ini dialami oleh pasangan suami istri yang bernama Chang dan Eng Bunker di Siam (Thailand). Inilah yang merujukkan penggunaan kata kembar siam di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada banyak kasus kelahiran kembar siam. Para ahli memperkirakan kembar siam ini terjadi sekitar 1 dari 200.000 kelahiran. Jadi dengan penduduk dunia sekitar 6 miliar jiwa diperkirakan ada sekitar 30.000 jiwa yang mengalami kembar siam. Baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia.

Ada berbagai banyak faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya kembar siam baik faktor genetik maupun faktor external. Dari faktor genetik diduga penyebab terjadinya kembar siam ini karena zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah sempurna. Sedangkan dari faktor external diperkirakan karena penggunaan obat-obatan seperti obat penyubur dengan tujuan agar sel telur matang secara sempurna.

Kasus-kasus kembar siam:

1. Kembar siam rohman dan rohim


Kasus ini terjadi pada tahun 2009 yang lalu. Kmbar Rochman dan Rochim dilahirkan di Rumah Sakit Swadana Jombang pada 4 september 2009. Bayi kembar siam ini dempet pada bagian pinggul. Sehingga mereka hanya memiliki satu alat kelamin laki-laki. Operasi pemisahan pun dilakukan pada tanggal 9 April 2011 di RSU dr.Soetomo, Surabaya.

2. Bayi Kembar siam Listiani 1 dan Listiani 2



Listiani 1 dan Listiani 2 dilahirkan pada 19 September 2005 dengan prematur yaitu usia kelahiran tidak normal dimana biasanya bayi melahirkan pada usia kandungan 9 bulan sedangkan prematur kurang dari 9 bulan. Keduanya terlahir dengan keadaan dempet dibagian dada dan perut dan hanya memiliki satu jantung yang bocor dan juga satu hati atau satu liver.

Akhirnya, sikembar listiani meninggal dunia pada karena kegagalan jantung di Rumah Sakit Sanglah Bali.

3. Pristian Yuliana dan Pristian Yuliani


Kembar Pristian Yuliana dan Pristian Yuliani lahir di Rumah Sakit Tanjung Pinang Riau pada 32 Juli 1987. Mereka terlahir dengan keadaan dempet dikepala. Tepatnya dibagian ubun-ubun. Operasi pemisahan ini dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan akhirnya berhasil setelah operasi tersebut berjalan selama 13 jam. dan ini juga merupakan sebuah prestasi bagi dunia kedokteran di Indonesia. Karena ini merupakan kasus kembar siam dibagian kepala pertama yang berhasil.



Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.