Penyebab 5 Danau ini Paling Mematikan di Dunia

Tidak ada komentar:
06 April 2013


Didunia ini banyak sekali terdapat danau. Dari danau alami hingga danau buatan. Pada dasarnya fungsi danau adalah untuk meyimpan cadangan air , tempat budidaya ikan , bahkan bisa dimanfaatkan untuk rekreasi sehingga mampu mendongkrak ekonomi suatu wilayah yang terdapat danau tersebut.

Banyak danau didunia ini dan umumnya danau tersebut indah dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Namun berbeda dengan danau-danau berikut ini. Berikut ini adalah beberapa danau-danau yang mematikan didunia bahkan bisa membunuh manusia disekitarnya dan juga penyebab danau tersebut mematikan.

1. Danau Karachay , Rusia


Berwisata didanau mungkin sanagat mengasyikkan dan menyenangkan apalagi dengan biaya yang sangat murah seperti didanau ini. Namun jangan salah, karena anda harus berhati-hati disini karena pada tahun 1990 satu jam saja anda berdiri ditepi danau ini anda bisa saja terbunuh.

Hal ini disebabkan karena ditempat ini merupakan tempat pembuangan limbah radioaktif oleh perusahaan nuklir Mayak Assosiation selama 45 tahun. Walaupun sekarang danau tersebut sudah dibuka untuk umum tapi tetap saja danau ini masih terdapat sisa-sisa limbah radioaktif.

Mayak adalah salah satu pabrik nuklir paling penting di Rusia, dan awalnya area ini dilarang dimasuki orang asing selama 45 tahun. Namun pada 1992, area ini dibuka untuk umum dan para ilmuwan yang menelitinya mengatakan bahwa ini adalah area paling tercemar di Bumi

2. Danau Kivu di Rwanda



Ini merupakan danau terdalam ke 18 di dunia. Dengan kedalaman 480 meter dan luas sekitar 7200 m. Sepintas danau ini biasa saja bahkan di sekitar danau ini masih ada pemukiman penduduk dengan jumlah penduduk sekitar dua juta orang. Tapi ternyata danau ini sewaktu-waktu bisa meledak. Hal ini disebabkan karena apabila aktivitas vulkano didanau ini bereaksi dengan gas-gas yang ada disana.

Selain itu juga dipermukaan danau ini terdapat banyak gas karbondioksida. Yang mana kita tahu karbondioksida merupakan gas beracun. Yang bisa membuatmu mati lemas.

3. Danau Nyos di Kamerun



Danau ini merupakan danau kawah gununng api di Kamerun yang mana didalam danau ini terdapat kantong magma yang masih aktif. Kantong magma ini juga melepaskan karbon dioksida sehingga air didanau ini menjadi air asam. Gas ini juga yang bisa menyebabkan sewaktu-waktu danau ini meledak.

Pada tahun 1998 disekitar danau ini bahkan terjadi peristiwa yang menewaskan 1.800 warga disekitar danau tersebut akibat dari adanya awan raksasa karbondioksida yang dilepaskan oleh kantung magma didanau tersebut.

4. Danau Yelowstone di Amerika Serikat



Banyak yang mengatakan danau ini bagaikan bom waktu yang bisa sewaktu-waktu meledak tanpa kita duga. Ini disebabkan karena danau ini berada di area vulkanik yang aktif dan di dasar danau ini juga terdapat kubah api yang masih aktif juga. Bahkan ilmuwan mengatakan bahwa ribuan tahun yang lalu disini terjadi ledakan yang sanagat besar tapi untung saja tidak ada korban jiwa dari ledakan tersebut. Hal ini dikarenakan pada saat ledakan tersebut didanau ini tidak berpenghuni. Danau ini terletak di Taman Nasional Yellowstone dan merupakan warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

5. Danau Horseshoe di California



Sama seperti danau Nyos di Kamerun Danau Horseshoe ini yang berada di Taman Nasional Lassen Volcanic Amerika Serikat ini juga berbahaya. Hal itu karena didanau ini berada didaerah vulkanik aktif. Danau ini sangat mematikan karena kandungan gas karbon dioksida yang dapat membuatmu mati keracunan. 

Pada tahun 2006 silam danau ini merenggut tiga nyawa wisatawan yang berkunjung. Mereka meninggal karena keracunan karbon dioksida.


Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.