Apakah Google Penguin Itu?

Tidak ada komentar:
22 Maret 2013

Google Penguin - Google Penguin merupakan sebutan bagi algoritma Google terbaru. Google Penguin mulai diterapkan secara luas pada tanggal 24 April 2012. Sejak mulai dirilis, Google Penguin memberikan dampak yang signifikan terhadap banyak blog dalam mendapatkan traffic. Setelah beberapa hari diluncurkan, banyak blog yang mengeluhkan berkurangnya traffic menuju blog mereka tersebut karena terkena dampak negatif dari Google Penguin.

Google Penguin dapat menjadi penolong bagi blog yang melakukan blogging secara sehat dan penghancur bagi blog yang melakukan blogging secara curang.

Google Penguin berbeda dengan Google Panda. Google Panda merupakan algortima Google yang lebih dahulu diluncurkan pada Februari 2011, sedangkan Google Penguin diluncurkan sebagai algoritma terbaru pada 24 April 2012. Google Panda diluncurkan Google untuk membasmi blog yang memiliki konten duplikat terutama blog atau situs yang gemar melakukan copy paste dari sumber lain, sedangkan Google Penguin fokus untuk membasmi blog yang dianggap sebagai Splog, sering melakukan aktifitas spam, dan melakukan trik SEO yang curang.

Google Penguin

Meskipun demikian, Google Panda dan Google Penguin diciptakan dengan tujuan yang sama untuk meningkatkan kinerja SERP (Search Engine Result Page) agar lebih baik lagi. Dengan kinerja SERP yang baik, seseorang yang ingin mencari informasi di internet akan cepat mendapatkan informasi yang relevan pada sebuah halaman blog atau website tanpa perlu dipusingkan oleh hasil pencarian yang tidak sesuai.

Jika setelah tanggal 24 April 2012 kunjungan pembaca pada blog mulai berkurang, kita perlu waspada jika hal tersebut disebabkan oleh kinerja Google Penguin. Blog yang banyak melakukan kegiatan spam dan menggunakan teknik SEO curang akan terkena penalty. Salah satu contoh penalty yang diberikan yaitu beberapa halaman blog tidak lagi diindeks oleh Google. Hal ini akan sangat merugikan apabila terjadi pada blog kita. Karena jumlah halaman yang diindeks berkurang maka jumlah kunjungan pembaca dari mesin pencari pun menjadi berkurang.

Cara yang paling mudah untuk menghindari penalty Google Penguin yaitu melakukan blogging secara sehat. Meskipun jarang update konten blog, kita tetap bisa mengupayakan untuk mendapatkan banyak kunjungan tanpa harus melakukan kecurangan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memancing banyak kunjungan pembaca seperti mempublikasikan konten berkualitas, gemar melakukan promosi blog, dan komunikatif kepada pembaca. Hal terpenting lainnya adalah kita tidak boleh melakukan trik SEO yang curang dan berlebihan serta aktifitas spamming.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.