5 Tips Optimalisasi Blog Terhadap Google Penguin

Posted in
Tidak ada komentar:
23 Maret 2013

Optimalisasi Blog Terhadap Google Penguin – Google Penguin merupakan algoritma baru yang digunakan Google untuk melakukan pemeringkatan SERP (Search Engine Result Page) berdasarkan blog dan website yang telah diindeks di internet. Untuk menciptakan SERP yang optimal, Google Penguin telah melakukan banyak penindakan terhadap blog yang melanggar ketentuan Google seperti melakukan aktifitas spamming dan menggunakan teknik SEO yang curang. Bentuk penindakan Google bermacam-macam, seperti penghapusan URL halaman blog dari indeks penelusuran hingga penghapusan blog itu sendiri secara keseluruhan.

Melakukan blogging secara sehat dan humanistik merupakan tindakan pencegahan dan optimalisasi yang paling baik untuk menghadapi segala bentuk perkembangan algoritma yang diterapkan oleh semua mesin pencari.

Tips Google Penguin

Agar blog tidak mendapatkan efek buruk dari pemberlakuan algoritma Google Penguin ini, kita perlu melakukan beberapa langkah pencegahan dan optimalisasi. Adapun langkah yang perlu kita tempuh untuk menyelamatkan eksistensi blog kita di internet dari pengaruh Google Penguin adalah sebagai berikut.

1. Hindari aktifitas spamming.
Sekarang ini, kita sering tidak menyadari jika beberapa aktifitas blogging yang telah dilakukan merupakan aktifitas spamming yang merugikan. Aktifitas spamming yang paling banyak kita lakukan seperti memberikan komentar pada blog lain dengan meninggalkan link hidup pada komentar tersebut yang mengarah kepada blog kita. Selain itu, kadang kala kita juga menampilkan link pada halaman blog dan postingan blog yang mengarah pada satu buah situs tertentu. Jangan terlalu banyak melakukan program paid review karena Google dapat menganggap konten tersebut sebagai spam.

2. Waspada ketika mendapatkan backlink.
Backlink memang dapat meningkatkan pagerank blog milik kita. Akan tetapi, ketika melakukan blogroll, kita harus jeli untuk mengetahui apakah blog yang menjadi rekan blogroll tersebut termasuk Splog, situs yang mengandung malware, atau situs yang dibanned Google. Jika backlink yang kita dapatkan berasal dari blog yang bermasalah maka akan lebih baik jika kita tidak mencantumkan link blog tersebut pada halaman blog kita.

3. Perhatikan keyword stuffing dan keyword destiny.
Keyword stuffing merupakan pemberian keyword dalam jumlah yang banyak di dalam artikel yang kita publikasikan, sedangkan keyword destiny merupakan kepadatan keyword untuk menegaskan sebuah keyword yang diberikan pada sebuah artikel. Pemberian keyword merupakan salah satu teknik SEO yang dianjurkan. Akan tetapi, jika jumlah keyword yang dimasukan terlalu berlebihan dan terlalu mencolok maka teknik seperti ini sudah menjadi black hat SEO yang dilarang. Pemberian tanda miring, cetak tebal, dan garis bawah akan menegaskan sebuah keyword yang dibidik. Idealnya, dalam sebuah artikel kita tidak boleh memberikan keyword lebih dari 5.

4. Gunakan jejaring sosial.
Google akan memberikan apresiasi kepada blog yang banyak dishare oleh pembacanya ke jejaring sosial. Ketika sebuah blog banyak dishare oleh pembacanya, Google akan berasumsi jika konten blog tersebut bermanfaat dan menjadikannya populer. Selain itu, link halaman blog yang banyar disebar pada jejaring sosial juga akan meningkatkan traffic kunjungan serta pagerank pada blog kita. Google sangat merekomendasikan Google+ sebagai jejaring sosial untuk berbagi konten blog karena Google+ merupakan salah satu layanan gratis yang dimiliki Google.

5. Kemudahan blog bagi pembaca.
Blog yang baik adalah blog yang mudah dijelajahi oleh pembaca dan ditelusuri oleh robot mesin pencari. Untuk mendapatkan hal tersebut, blog milik kita harus mempunyai desain yang simpel, konten mudah dicari, loading blog cepat, dan tidak banyak widget yang membingungkan pembaca.

Google Penguin hadir untuk menyelamatkan kinerja SERP agar lebih optimal. Kita tidak perlu cemas atau khawatir akan terkena dampak buruk selama kita menjalankan blogging yang baik pada blog milik kita. Konten yang bermanfaat dan strategi promosi blog yang sehat adalah senjata utama dalam memajukan sebuah blog. Hindari penggunaan cara curang yang terkesan instan karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.