Apa Itu File Hosting ?


File Hosting – Sebagian dari kita pasti ada yang belum mengetahui pengertian file hosting. Padahal sebenarnya file hosting memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang kegiatan pengguna internet dalam berbagi file dokumen dengan sesamanya. Hal ini disebabkan 100% pengguna internet selalu menggunakan internet sebagai media hiburan dan mencari data, sedangkan hiburan dan data itu sendiri tidak pernah lepas dari file hosting.


File hosting adalah tempat bagi penggunanya untuk menyimpan berbagai jenis file dengan cara diunggah agar dapat diakses oleh pengguna lainnya dengan cara diunduh. File hosting disediakan bagi penggunanya dengan cara berbayar. Akan tetapi, ada juga beberapa file hosting yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses secara gratis dan diberikan kapasitas ruang simpan yang cukup besar.

Contoh file hosting gratis terkenal yang dapat kita gunakan seperti;

1. Indowebster.com
Situs file hosting dari Indonesia yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan tak terbatas secara gratis bagi penggunanya. Indowebster mudah digunakan karena tampilan yang sederhana.
2. Box.com
Box memberikan akses menyimpan file sebesar 5 GB secara gratis untuk kategori Personal. Jika ingin menambah, kita dapat upgrade ke kategori Business dan Enterprise.
3. Mediafire.com
Kita dapat mendaftar secara gratis untuk mendapatkan ruang simpan sampai 50 GB. Tampilan sederhana dan mudah digunakan. Banyak orang yang sudah menggunakan mediafire sebagai file hostingnya. Akselerasi saat download file dari mediafire cukup cepat. Akan tetapi, terkadang terjadi penghapusan file yang dilakukan secara sepihak oleh mediafire.
4. Rapidshare.com
Pengguna dapat memiliki ruang simpan tanpa batas secara gratis. Fitur menariknya adalah kita diberikan kemudahan untuk upload file dari windows explorer ke rapidshare karena sudah terintegrasi. File manager yang diberikan mudah, bahkan dapat diakses via mobile.
5. 4shared.com
Pengguna 4shared dapat memiliki akses gratis dengan kapasitas ruang simpan 15 GB dan 2048 MB per file. Akan tetapi, akun gratis dan file pengguna akan dihapus jika tidak pernah login ke akun di 4shred dalam waktu 180 hari.
6. Ziddu.com
Pengguna dapat diberikan akun gratis oleh ziddu dengan kapasitas ruang simpan tak terbatas dan 200 MB untuk per upload file.

Jika diibaratkan, file hosting adalah sebuah rumah. Rumah ini kemudian disewakan kepada kita dengan bayaran tertentu atau gratis. Logikanya adalah file hosting ibarat rumah yang disewakan dengan dikenakan biaya pasti akan memiliki fasilitas yang lebih baik daripada yang gratis, baik dalam hal kemudahan akses, kemanan, layanan, fitur, dan besar kapasitas.

Gunakan file hosting gratis untuk menyimpan file dokumen kita di internet. Kita harus selektif terhadap file hosting gratis tersebut agar tetap memberikan layanan terbaik. Jika keterbatasan ruang simpan menjadi kendala, kita dapat membuat akun lagi untuk tambahan ruang simpan baru.

File hosting mirip dengan webhosting, hanya saja yang membedakannya adalah data yang diunggah. Jika file hosting digunakan untuk menampung  data seperti lagu, dokumen office, gambar, video, dan dokumen dalam format lain maka webhosting digunakan untuk menampung data berupa software sebuah platform web yang digunakan beserta konten yang nantinya ditampilkan dalam web tersebut.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post