ISLAM (UDKHULU FISSILMI KAFFAH)

Diambil dari Kuliah "Tuan Guru Bajang"

Islam, memiliki tiga makna utama. Yaitu assilmu atau kedamaian, assalam alias perdamaian dan assalamah yang berarti keselamatan. Dan sesuai bagi seluruh umat manusia. Ajaran yang bisa mentransformasikan perbedaan atau keberagaman menjadi sebuah kekuatan dan energi membangun yang positif.
Itulah yang seharusnya selalu menjadi tuntunan dan pedoman hidup umat muslim dalam berislam yang sebenarnya. Tradisi-tradisi untuk menjaga segala hal baik dan menghindari setiap kemudharatan hidup. Suri tauladan terbaik dari Rasulullah SAW semasa berdakwah sepanjang hayat. Menampilkan wajah Islam yang Rahmatan Lil 'Alamin. Rahmat
Hal itulah tema besar yang selalu saya sampaikan tiada bosan dalam sejumlah kajian atau tausiyah di Lampung dua hari ini. Mulai dari kajian bakda Isya di Masjid Taqwa Kota Metro Lampung, kuliah subuh di Masjid Al-Muslimin Pahoman, tabligh akbar Masjid Al-Wasi'i Universitas Lampung dan Kajian Jumat Masjid Agung Al-Furqon Bandar Lampung. 


Belajar untuk selalu menyayangi dan memaafkan setiap orang, termasuk yang membenci atau memusuhi kita, meski itu sesuatu yang sungguh berat untuk dilakukan. Mengedepankan ilmu, prasangka baik dan menimbang dari beragam sudut pandang, dalam menilai dan menganalisa sebuah isu atau persoalan. Mengikuti setiap perbuatan yang sudah jelas baik dan valid, setelah melakukan otentifikasi atau klarifikasi alias tabayyun. Menjauhkan diri dari aksi membebek atau serba latah ikut-ikutan, karena hanya akan berujung pada kesesatan pikir dan tindakan menuju kerusakan.
Semua hal-hal baik itu, akan menjadi bahan bakar terbaik kita untuk menuju kemakmuran, kesejahteraan, kemajuan maupun kemaslahatan bersama seluruh anak bangsa yang kompak dalam bungkus Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Aamiin ya rabbal alamin.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post