MANFAAT IKUT ORGANISASI

ORGANISASI, apasih yang kalian ketahui tentang yang namanya organisasi, banyak orang sering berbicara tentang organisasi khususnya di SMA, tapi banyak dari mereka yang tidak mengetahui apa sih arti dari organisasi tersebut. oleh karena itu kita akan bahas bersama yang namanya organisasi itu,"makanan dari mana sih organisasi itu" hehehe. Organisasi dapat didefinisikan sebagai suatu pengaturan bagi orang-orang yang sengaja ingin mencapai tujuan tertentu. Beberapa pengaturan tersebut sudah kita ketahui terjadi di banyak bidang. Misal pada sekolahpemerintahankampus. Semuanya itu dapat kita jumpai sehari-hari. nah, "apasih yang harus ada di organisasi itu?"
sebenarnya disebuah organisasi entah itu di sekolah, kantor maupun kampus haruslah ada yang namanya karektersitik, dan karakteristik itulah yang akan membuat organisasi tersebut berjalan. lalu "apa sajakah karakteristik itu?",  nah, inilah karakteristik yang harus ada di sebuah organisasi.

1. Tujuan
Setiap organisasi harus memiliki suatu tujuan. Tujuan itu dicerminkan oleh sasaran-sasaran yang dilakukan baik dilaksanakan untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Tiga bidang utama yang harus ada dalam tujuan organisasi yaitu profitability (keuntungan) maksud keuntungan disini bukan rumus untung dalam dagang ya!!!, growth (pertumbuhan) ini yang pasti diinginkan oleh setiap organisasi, dan survive (bertahan hidup) bertahan hidup disini artinya menjaga agar organisasi tetap berjalan. Ketiganya itu harus berjalan berkesinambungan demi kemajuan organisasi. 

2. Kumpulan Orang
Jelas, tidak mungkin jika suatu organisasi hanya terdiri dari satu orang yang ingin mencapai tujuannya sendiri. Dari definisi dijelaskan bahwa organisasi setidaknya terdiri dari kumpulan orang, berarti minimal dua " jarang ya, ada organisasi cuma dua orang ", yang memiliki tujuan bersama.

3. Struktur
Struktur dibentuk dalam sebuah organisasi dengan tujuan agar posisi setiap anggota organisasi dapat dipertanggungjawabkan, mengenai hak maupun kewajibannya. Struktur itu dibentuk agar organisasi berjalan sukses, rapi dan tepat, karena terdapat struktur komando, siapa yang berwenang dan siapa yang diberi wewenang. 

4. Sistem dan Prosedur
Karakteristik yang terakhir ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan tentu saja harus dengan penuh komitmen dalam menjalankannya. Implementasi dari sistem dan prosedur ini ialah adanya ketetapan mengenai tata cara, sistem rekrut atau anak SMA sering menyebutnya REORGANISASI, dan birokrasi.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap eksistansi suatu organisasi. Organisasi cenderung memainkan peran menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, entah itu demografi, ekonomi, politik, budaya, juga alam sekitar. Jadi, kemajuan organisasi harus selaras dengan perubahan lingkungan.

NAH, SEKARANG "APA MANFAAT IKUT ORGANISASI ?"
Dalam berorganisasi kita akan terasah dan terlatih dalam suatu kebersamaan dengan orang lain, baik suka maupun duka. Di suatu organisasi itulah tercampur secara alamiah berbagai perilaku dan sifat masing-masing anggota. Ada yang egois, ada yang sosial. Ada yang pendiam, tapi ada pula yang banyak ngomong alias cerewet. Dan dalam kebersamaan di organisasi itulah, akan terbentuk secara alami manusia yang sempurna dalam arti psikologis. Yakni, manusia yang mampu kapan saatnya menempatkan posisi dirinya sebagai individu dan kapan pula dia harus lebih mementingkan kepentingan organisasi demi kepentingan bersama pula. 
oke, sekian dulu pembahasan kita, bila ada yang mau ditanyakan bisa koment dibawah, apabila saya bisa jawab pasti saya jawab. : )
Ada juga sumber lain yang menyebutkan manfaat ikut organisasi adalah :
Keuntungan Ikut Ekskul atau Organisasi di Sekolah

  1. Bisa punya teman-teman diluar teman sekelas yang memiliki sifat dan latar belakang bermacam-macam, sekaligus merasakan serunya kerja bareng mereka.
  2. Minat dan bakat kita tersalurkan, siapa tahu setelah mendapat bimbingan dan latihan dalam ekskul, kemampuan kita berkembang dan bisa menuai prestasi.
  3. Wawasan tentunya bertambah, dan ini akan meningkatkan rasa percaya diri.
  4. Waktu luang kita diisi dengan kegiatan positif, sehingga tidak dirusak dengan hal-hal negative yang tidak penting.
  5. Melatih keberaniaan untuk mengeluarkan pendapat dan berdiskusi.
  6. Belajar dasar-dasar kepemimpinan.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post