(Pertemuan 5 September 2016)
Terdapat empat langkah proses public relations:
1. Mendefinisikan Permasalahan
- PR harus mengenal simtom dan penyebab
- PR perlu melibatkan diri dalam penelitian dan pengumpulan data
- PR perlu memantau dan membaca terus pengertian, opini, sikap, dan perilaku mereka yang berkepentingan dan terpengaruh oleh sikap dan tindakan suatu lembaga
2 Perencanaan dan Program
- PR sudah menemukan penyebab dan sudah siap dengan langkah-langkah pemecahan dan pencegahan
- Dirumuskan dalam bentuk rencana dan program termasuk anggaran
- Kesepakatan bersama dan mendapat dukungan penuh
3. Aksi dan Komunikasi
- Harus dikaitkan dengan objective / goal yang spesifik
4. Evaluasi Program
- Pengukuran atas hasil tindakan di masa lalu
Cara-cara mendefinisikan masalah riset, antara lain:
Pengumpulan Fakta
- Riset
- Data-data sekunder
- Content analysis
- Clipping service
- Survei
- Konsultasi
- Pengumpulan fakta dari para pemimpin opini
- Buka telinga
Penelitian
- Informal (Menyimpan dokumen, kontak utama, komite khusus, kelompok fokus, pemantauan informal, internet, perpustakaan, dan sumber database)
- Sekunder (Data yang telah dikumpulkan dan diolah oleh pihak ketiga, data-data yang dipublikasikan dan perpustakaan, PR harus membiasakan skimming atas berita-berita pokok dan membaca secara intensif artikel yang ada kaitannya dengan suatu lembaga)
- Formal (Analisis isi, riset survei, riset eksperimental; laboratorium dan lapangan)
***
Daftar Pustaka:
PPT Dosen Ilmu Komunikasi (Ahmad Zamzami, S.Sos, M.Med.Kom), UPN "Veteran" Jatim