Tempat Wisata di Bandung - Kawah Putih Ciwidey

Posted in
Tidak ada komentar:
05 Desember 2015

Tempat Wisata Di Bandung Nampaknya Kota Bandung memang benar-benar menyimpan berbagai pesona yang tersembunyi layaknya sebuah syurga yang ada di dunia. Salah satu pesona wilayah kota Bandung sebagai sebuah tempat wisata yang begitu indah adalah sebuah tempat wisata alam yang dikenal dengan sebutan Kawah Putih Ciwidey. Selain terkenal dengan majunya pendidikan di Kota Bandung, yang membuat kota ini di kenal wisatawan lokal dan manca negara adalah banyak tempat wisata yang indah, salah satunya yang akan kita bahas berikut ini.
Tempat Wisata Di Bandung - Kawah Putih Ciwidey
Tempat Wisata Di Bandung - Kawah Putih Ciwidey
Tempat wisata yang terdapat di Jawa Barat tepatnya di kawasan wilayah Ciwedey ini sendiri merupakan sebuah danau yang terbantuk akibat dari letusan Gunung Patuha, anda bisa bisa melihat lokasinya melalui bantuan Google Maps.Nama Kawah Putih yang menyertainya ini dikarenakan memang kawah pada tempat wisata ini berwarna putih. Keindahan Kawah Putih Ciwidey tak berhenti sampai disitu saja, meski kawahnya berwarna putih namun warna air yang berada di bawah kawah memiliki warna putih kehijauan yang membuatnya semakin terlihat eksotik. Salah satu hal unik yang dibawa oleh Kawah Putih Ciwidey ini sendiri adalah kemampuan airnya yang dikatakan bisa berubah warna.

Foto Gunung Patuha Bandung
Foto Gunung Patuha Bandung
Untuk menuju tempat wisata yang berada di ketinggian +2090 mdpl di abwah puncak atau titik tertinggi Gunung Patuha ini sendiri cukup mudah untuk dikunjungi, karena setelah menjadi salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang populer, maka akses jalan untuk menuju Kawah Putih Ciwidey semakin mudah karena memang banyak pilihan rute yang dapat dipilih. Bagi pengunjung yang berasal dari luar wilayah Bandung yang berencana datang ke Kawah Putih Ciwidey dengn menggunakan kendaraan roda empat dapat memilih untuk melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo lalu selanjutnya melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang. Baru selanjutnya setelah sari Soreang perjalanan dilanjutkan ke Ciwidey dan barulah tiba di Kawah Putih Ciwidey. Namun anda juga bisa memilih rute alternatif dengan menggunakan jalur Tol Buah Batu. Sementara bagi pangunjung yang memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum maka rute untuk menuju Kawah Putih Ciwidey dapat menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang baru selanjutnya menuju terminal Ciwidey dan baru selanjutnya dapat langsung menuju Kawah Putih Ciwidey.

Ketika kita membahas suatu tempat wisatan, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas sejarah kemunculan tempat tersebut. demikian juga dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung ini, tempat wisata indah ini ternyata juga memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimana sejarah Kawah Putih Ciwidey ini dimuai semenjak ada sebuah letusan Gunung Patuha pada abad ke 10. Karena telah lama terbentuk maka banyak yang menganggap bahwa tempat ini merupakan tempat yang angker. Terlebih lagi masyarakat sekitar Kawah Putih Ciwidey juga mempercayai bahwa setiap burung yang terbang melintasi atas kawah putih ini akan langsung mati. Sehingga karena ada mitos itulah maka kemudian tidak ada seorang pun yang berani mendekati tempat tersebut. Bahkan penduduk sekitar mempercayai bahwa Kawah Putih Ciwidey ini merupakan tempat para arwah leluhur bersemayam dan bahkan dikatakan juga bahwa tempat ini merupakan tempat titisan surga pernah diturunkan ke bumi, sehingga bukan hal yang aneh jika kemudian tempat ini menjadi sebuah tempat yang disakralkan. Baru kemudian di tahun 1837 seorah ahli bernama Dr Franz Wilhelm Junghunn berani memutuskan untuk mendatangi tempat tersebut demi kepentingan ilmu pengetahuan. Dalam perjalanannnya, ketika ilmuwan ahli tersebut berada di puncak Gunung Patuha, di saat itulah ia melihat ada sebuah danau yang memiliki warna putih dengan aroma Belerang yang sangat menyengat.


Foto Obyek Wisata Kawah Putih Bandung
Foto Obyek Wisata Kawah Putih Bandung

Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey
Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey
Dan mulai dari itulah kemudian, banyak orang yang mengenal dan mengetahui Kawah Putih Ciwidey ini. baru kemudian di tahun 1978 pemerintah kota Bandung mulai melakukan pengembangan di wilayah Kawah Putih Ciwidey sebagai tempat wisata dan berangsur-angsur dengan keindahan yang dimilikinya akhirnya Kawah Putih Ciwidey ini menjadi salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang terbilang cukup populer dan menjadi tujuan utama orang-orang berwisata ke Bandung Jawa Barat, bahkan ada juga  dan  tak jarang yang “ngalap berkah” ke Kawah Putih Ciwidey karena beberapa mitos yang menyelimutinya. Namun yang pasti tempat ini benar-benar menjadi salah satu tempat wisata yang luar biasa dengan pemandangan yang sangat indah yang akan sangat pas untuk menenangkan pikiran dan juga bahkan Kawah Putih Ciwidey ini merupakan tempat yang sangat pas untuk spot pemotretan.


Bunga Edelweis
Bunga Edelweis
Pengunjung dapat menikmati bunga edelweis dan beberapa aneka flora yang langka, hewan-hewan, dan juga kawah yang berubah-ubah warna. Karena tempat ini memilih suhu yang dingin jangan lupa untuk membawa baju yang hangat. Selain itu juga, satu hal yang harus diperhatikan ketika akan berkunjung di Kawah Putih Ciwidey ini adalah jam kunjungnya. Dimana jam buka Wisata Kawah Putih ini  dimulai pukul 07:00 WIB pagi hari dan selanjutnya akan ditutup pada pukul 17:00 WIB atau pada jam 5 sore hari.

Sementara itu untuk harga tiket terbaru untuk masuk kedalam tempat wisata Kawah Putih Ciwidey pada weekday atau hari biasa dibandrol dengan harga tiket sebesar Rp 18.000 per orang, selanjutnya untuk weekend/hari libur diberi tarif Rp 18.000 per orang dan untuk mereka yang berkeingan melakukan prewedding disini diwajibkan membayar biaya masuk sebesar Rp 500.000. Harga tiket ini hanya berlaku untuk semua jenis pengunjung wisawatan domestik. Akan tetapi untuk mereka yang merupakan wisatawan asing diberikan harga tiket yng lebih mahal yaitu sebesar Rp 50.000 per orangnya. Sementara untuk harga tarifnya  dibagi menjadi dua yaitu :

A. Tarif Parkir Bawah
  •  Tarif untuk Parkir motor atau roda 2 Rp 3.000,-
  •  Kendaraan mobil roda empat tarifnya sebesar Rp 6.000,-
  • Kendaraan roda enam / bus tarifnya sebesar Rp 25.000,-
B.      Tarif Parkir Atas :
  • Kendaraan Roda empat / mobil adalah Rp. 150.000,-
  • Tarif Untuk  Angkutan Wisata alam“Ontang Anting” Tarifnya adalah Rp 15.000/orang untuk 2x jalan
Satu hal yang menjadikan Kawah Putih Ciwidey Bandung, Jawa Barat ini menjadi salah satu Tempat Wisata Di Bandung yang cukup populer adalah karena fasilitasnya yang demikian lengkap salah satunya yaitu masalah tempat penginapan untuk beristirahat. Jika memutuskan untuk beberapa hari tinggal di Kawah Putih Ciwidey ini, maka terdapat beberapa pilihan hotel dan villa disekitar Kawah Putih Ciwidey ini.

Beberapa hotel atau penginapan yang dapat anda pilih diantaranya :
  1. Rancabali Cottage Ciwidey yang berlokasi di Jl Rancawalini, Ciwidey. No.Telp: 085320371165, 534517, 2501635.
  2. Rumah Kayu Kelapa Rancabali yang berlokasi di Jl Rancawalini, Kecamatan Ciwidey, No Kontak: 22-2534517 Hp.085320371165.
  3. Prana Tirta Hotel Ciwidey yang terletak di Jl Rancawalini, Ciwidey, Phone : 022-927050.
  4. Penginapan nugraha yang terletak di Jalan Ciwidey-Patenggang KM 3,5 Ciwidey. Kontak: 22-85920070 / Nomor Hp: 0813 2373 9973
  5. Hotel sindang reret Alamat di Jalan Propinsi Ciwidey, Km 22. No. Tlp. +622 5928205
  6. D-riam resort Lokasi : Jalan Soreang - Ciwidey Km 25, Bandung. Nomor elepon  (022) 85921210
Demikian pembahasan kita yang berjudul Tempat Wisata di Bandung - Kawah Putih Ciwidey, terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir di blog sederhana kami. Semoga infonya bermanfaat untuk anda, jika iklas berkenan silakan share artikel ini. Terimakasih

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.