Tempat Wisata Di Bandung - Situ Patenggang

Posted in
Tidak ada komentar:
07 Desember 2015

Tempat Wisata Di Bandung Bagi anda yang berniat melakukan perjalanan wisata ke wilayah Bandung, maka tak ada salahnya untuk memasukkan kawasan wisata Situ Patenggang sebagai salah satu tempat wisata yang akan anda kunjungi. Berbagai keindahan alam yang akan disuguhkan oleh tempat wisata Situ Patenggang ini benar-benar akan memberikan kepuasan dan ketakjuban tersendiri akan sebuah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Situ Patenggang ini sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kawasan yang terletak pada daerah di ketinggian 1600 dpl. Jika kita menilik dari namanya yang ada kata-kata “ Situ” maka pastinya kita tahu betul bahwa tempat wisata ini merupakan sebuah danau. Dan benar saja, Situ Patenggang ini merupakan sebuah danau yang berada di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan tepatnya di Ciwidey. 

`
Hamparan Kebun Teh Situ Patenggang
Hamparan Kebun Teh Situ Patenggang
Begitu sampai di tempat wisata ini maka hamparan pemandangan yang sangat indah dan eksotik dengan hamparan pemandangan alam yang terlihat asri akibat adanya hamparan kebuh teh yang mengelilinginya benar-benar mampu menyuguhkan sebuah penampakan alam yang sunggu menakjubkan. Dengan luas sekitar 45.000 hektar dengan total luas cagar alam mencapai 123.077,15 hektar, membuat kawasan ini menjadi salah satu kawasan
Tempat Wisata Di Bandung yang cukup populer. Khususnya bagi mereka yang baru saja mengunjungi kawasan wisata Kawah Putih. Karena memang jarak kedua tepat wisata ini juga tak terlalu jauh, yaitu hanya sekitar 7 Km saja dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menitan.
Kawasan Wisata Situ Patenggang
Kawasan Wisata Situ Patenggang
Ketika mengunjungi kawasan wisata ini, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktifitas diantaranya yaitu memancing, bermain bebek air atau sepeda air mengelilingi Situ Patenggang, berkemah, menaiki perahu, atau mungkin hanya bermain air saja, dan tentu saja karena kawasan ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah tempat ini akan sangat pas digunakan untuk objek foto dan selfie.

Batu Cinta Situ Patenggang
Batu Cinta Situ Patenggang
Hampir sama dengan kawasan wisata alam lainnya yang ada di Indonesia, Situ Patenggang ini juga menyimpan sebuah history yang melegenda sebagai salah satu asal muasal nama Situ Patenggang dan juga adanya keberadaan sebuah batu cinta dan pulau asmara yang terletak di tengah-tengah danau tersebut. dikisahkan, konon muncul sebuah cerita yang tentang kisah cinta antara Putra Prabu yaitu Ki Santang dengan Puti Titisan Dewi yang dibesarkan oleh alam yaitu Dewi Rengganis. Dalam perjalanan kisah cinta kedunya, diceritakan keduanya telah lama berpisah, namun karena besarnya rasa cinta diantara keduanya yang begitu mendalam membuat keduanya tak berputus asa untuk saling mencari. Hingga akhirnya keduanya pun dipertemukan di sebuah tempat. Yang untuk saat ini tempat tersebut diberi nama dengan sebutan Batu Cinta. Setela pertemuan itu, Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau dan juga sebuah perahu. T
Lokasi Batu Cinta
Lokasi Batu Cinta
ujuan permintaan Dewi Rengganis ini sendiri supaya dirinya dapat berlayar bersama dengan pujaan hatinya Ki Santang mengarungi danau tersebut. dan pada perkembangannya, perahu yang dibuat oleh Ki Santang tersebut berubah wujud menjadi Pulau yang saat ini dikenal dengan sebutan Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Karena kisah ini pulalah maka kemudian danau tersebut diberi nama dengan nama Situ Patenggang, dimana makna dari “Situ” yang berarti danau dan “Patenggang” yang berarti “Saling mencari”. Dan karena kisah ini pulalah maka kemudian, muncul mitos yang berkembang di dalam masyarakat bahwa apabila ada sepasang kekasih yang singgah di batu cinta dan dapat mengelilingi pulau asmara maka  pasangan tersebut akan memiliki kisah cinta yang abadi dan berakhir bahagia seperti layaknya kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis. Meski hal tersebut memang hanya sebatas mitos, namun nampaknya karena kepercayaan itu pulalah, yang membuat Situ Patenggang ini menjadi salah satu
Tempat Wisata Di Bandung yang populer.

Wisata Situ Patenggang Bandung
Wisata Situ Patenggang Bandung
Untuk dapat berkunjung ke kawasan wisata Situ Patenggang ini sendiri juga bukan merupakan hal yang sulit, karena memang kawasan ini hanya terletak disekita 47 km ke aras selatan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Dimana kawasan tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaaraan umum, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sementara jika anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka anda pun dapat memiliki rute jalur jalan Kop llu selanjutnya menuju Soreang yang menuju arah Ciwidey baru selanjutnya menuju Situ Patenggang.  Sedangkan untuk anda yang memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum maka perjalanan anda dapat dimulai dari terminal Leuwi Panjang Bandung, selanjutnya mencari Bus yang menuju arah Ciwidey dengan menyiapkan uang sekitar Rp 6000 saja untuk ongkos perjalanan. Baru selanjutnya setelah sampai di Terminal Ciwidey, maka carilah sebuah angkutan kota yang langsung menuju Situ Patenggang. Tarif untuk angkutan kota tersebut juga cukup murah yaitu hanya dikisaran Rp 10.000 saja.

Ketika ingin berkunjung ke Situ Patenggang ini, jangan lupa juga untuk mencermati waktu bukanya meski Situ Patenggang ini di buka setiap hari, karena memang kawasan ini tidak bukan 24 jam. Sehingga pilihlah waktu yang tepat ketika berencana untuk mengunjungi kawasan wisata ini. objek wisata Situ Patenggang ini mulai dibuka setiap pukul 08.00 pagi. Karena tempat ini memiliki suhu yang dingin dan berada di ketinggian, sehingga pihak pengelola hanya berani membukanya hingga pukul 17.00 atau pukul 5 sore saja.
Sementara itu, untuk harga tiket masuk dan harga tiket parkir di kawasan ini terbagi menjadi 5 jenis yaitu :
1.       Wisatawan lokal
Harga tiket pada Week Day (Senin-Jumat) Rp 18.000 dan untuk Week End (Sabtu, Minggu dan hari libur) Rp 20.500.
2.      Wisatawan mancanegara
Harga tiket pada Week Day (Senin-Jumat) Rp 135.000 dan untuk Week End (Sabtu, Minggu dan hari libur) Rp 185.000
3.      Roda 2
Harga tiket baik untuk Weekend maupun Weekday seharga Rp 3.500
4.      Roda 4
Harga tiket baik untuk Weekend maupun Weekday seharga Rp 11.500
5.      Bus atau truk
Harga tiket baik untuk Weekend maupun Weekday seharga Rp 22.000
Sebagai Tempat Wisata Di Bandung yang memiliki banyak pengunjung, maka beberapa fasilitas pendukung seperti hotel atau penginapan, rumah makan dan bebebara tempat pendukung lainnya juga telah tersedia dengan lengkap. Bagi para pengunjung yang berkeinginan untuk tinggal beberap hari dikawasan Situ Patenggang ini maka anda bisa menginap di beberapa hotel, penginapan atau bahkan villa yang memang banyak terdapat di sekitar wilayah Situ Patenggang. Beberapa diantaranya yaitu Emte Highland yang letaknya pesisi di depan pintu gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey, atau bisa juga Hotel Ciwidey dan Albis Hotel Ciwidey yang jaraknya hanya 2 km dari Situ Patenggang. Sedangkan untuk urusan makan, tentunya tak perlu dikhawatirkan lagi karena banyak sekali alternatif pilihan rumah makan yang dapay pengunjung jadikan sebagai salah satu bagian dari wisata kuliner yang disuguhkan oleh Situ Patenggang ini.



Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.