10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik, Unik, Mempesona

Tidak ada komentar:
26 November 2015

Wisata Banyuwangi,  Banyuwangi merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang terletak di ujung pulau Jawa yang secara administratif berbatasan langsung dengan pulau Bali. Banyak tempat - tempat wisata di Banyuwangi yang keindahanya gak kalah keren dengan wisata di bali, bahkan sebagiannya sudah mulai mendunia, seperti Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah dan Kawah Ijen.

Banyuwangi juga kaya akan ragam budaya dan kesenian adat istiadat. Secara geografis Banyuwangi berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehinga mempunyai beberapa pantai berpasir putih yang indah dan menawan, di sebelah selatan dan sebelah timur berbatasan dengan Pulau Bali serta berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso, Situbondo dan Jember dibagian barat dan utara.

Berikut ini adalah beberapa termpat wisata di Banyuwangi yang menawan dan memikat hati :

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menarik, Unik, Mempesona

1. Pantai Plengkung 

pantai plengkung di banyuwangi
Foto Pantai Plengkung Banyuwangi
Pantai Plengkung merupakan salah satu obyek wisata di Banyuwangi yang  terkenal akan ombaknya, banyak para peselancar nusantara yang pernah menjajal keganasan ombak pantai Plengkung bahkan peselancar kelas dunia juga pernah mencoba untuk menaklukan ombak pantai Plengkung. Pantai Plengkung atau lebih di kenal dengan sebutan G-Land memiliki ombak dengan ketingian kurang lebih 6 meter dengan bentuk tujuh gulungan ombak atau biasa disebut "The Seven Giant Waves Wonder" dengan keindahan ombak tersebut Pantai Plengkung dinobatkan sebagai pantai yang memiliki ombak terbaik kedua Dunia setelah Hawai.

Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan ombak pantai Plengkung adalah di Bulan juli - September, suasana alam di sekitaran wisata pantai Plengkung sangatlah tenang dan nyaman sehinga cocok untuk di jadikan tempat bersantai.

Wisata Pantai Plengkung terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, lokasi pantai Plengkung masih berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

2. Kawah Ijen Banyuwangi
 Kawah Ijen Banyuwangi
Foto Kawah Ijen Banyuwangi
Kawah Ijen adalah sebuah kawah yang di miliki oleh Gunung Ijen, keindahan alam yang dimiliki sangat mempesona dengan adanya fenomena alam berupa Api Biru atau Blue Fire membuat kawah Ijen banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Berada di ketingian 2.368 meter diatas permukaan laut dengan luas kawah kurang lebih 20 Km memerlukan tenaga ekstra untuk bisa menikmati keindahan kawah Ijen.

Waktu yang tepat untuk bisa menikmati keindahan kawah ijen berupa Blue Fire adalah pada saat malam hari atau pada dini hari. Obyek wisata Kawah Ijen secara administratif berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso tepatnya berlokasi di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan di Kecamatan Klobang,Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Baca Juga ,,,,!
10 Wisata Jawa Timur yang Memikat Hati

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu Pantai yang dimiliki oleh kabupaten Banyuwangi, dinamai Pulau Merah karena terdapat sebuah pulau kecil dengan gundukan pasir yang berwarna sedikit memerah pada saat senja tiba akibat terpaan sinar matahari, Pulau tersebut hanya bisa di kunjungi oleh para wisatawan pada saat air laut sedang surut.


Selain dari pada itu Pantai Pulau Merah juga mempunyai ombak dengan ketingian kurang lebih dua meter sehinga ombak di Pantai Pulau Merah cukup aman digunakan untuk para pecinta surfing yang masih pemula, terdapat pula fasilitas penunjang yang terdapat di area wisata pantai Pulau Merah seperti adanya Penginapan atau hotel yang berlokasi tidak jauh dari pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah terdapat di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

4. Teluk Hijau Green Bay
Teluk Hijau Green Bay adalah patai berpasir putih dengan panorama alam yang sangat mempesona yaitu berupa air laut yang jernih dan berwarna kehijauan, kawasan obyek wisata Teluk hijau berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Selain keindahan air laut yang berwarna kehijaun terdapat juga Air Terjun  Bidadari yang bisa anda kunjungi tatkala berada di Teluk Hijau, Air Terjun Bidadari memiliki Ketingian kurang lebih 8 meter dengan kondisi air yang segar sangat sayang jika anda lewatkan.

Teluk Hijau terdapat Desa Sarongan, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

5. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran adalah sebuah tempat konservasi Flora Fauna, di Taman Nasional Baluran anda akan menemui beraneka ragam jenis hewan - hewan yang hidup di alam bebas separti Rusa, Singa dll, Taman Nasional Baluran juga biasa di sebut sebagai Afrika nya Pulau Jawa.

Secara administratif Taman Nasional Baluran berada di Situbondo dan Banyuwangi, untuk bisa sampai di lokasi wisata Taman Nasional Baluran anda bisa mengunakan rute Banyuwangi >> Batangan atau Sitobondo >> Batangan.

6. Pulau Tabuhan
Wisata Pulau Tabuhan merupakan wisata pulau yang berada di tenggah - tenggah selat Bali, Pulau Tabuhan memiliki luas kurang lebih 5 hektar. Pulau Tabuhan memeliki pesona alam yang menarik yaitu air laut yang tenang serta suasana alam yang sejuk berpadu dengan deburan ombak yang tenang sangat pas jika di gunakan sebagai tempat berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga. Pulau Tabuhan
berlokasi kurang lebih 20 Km dari jantung Kota Banyuwangi tepatnya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi jawa Timur, untuk bisa sampai di lokasi obyek wisata pengunjung harus mengunakan transportasi laur berpa parahu montor.

7. Air Terjun Kalibendo
Foto Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo merupakan salah satu wisata alam barupa Air Tejun yang di miliki oleh Kabupaten Banyuwangi, berjarak kurang lebih 20 Km dari pusat Kota Banyuwangi Air Terjun Kalibendo memiliki panorama alam yang mengagumkan yaitu pesona air yang jernih yang di kelilingi oleh tumbuh - tumbuhan hijau dan udara yang sejuk dan segar berpadu jadi satu dalam kawasan Air Terjun Kalibendo yang mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter.

Aktifitas terbaik tatkala anda mengunjungi Air Terjun Kalibendo adalah dengan mandi atau berendam di aliran sungai air terjun disana anda akan merasakan sensasi kesagaran yang luar biasa, atu juga anda bisa hunting foto di sekitaran lokasi Air Terjun bersama sahabat atau pasangan.

8. Air Terjun Lider
Wisata Air Terjun Lider berlokasi di Desa Sumber Arum, Kecamatan Sanggon, kabupaten Banyuwangi jawa Timur. Air Terjun Lider juga mempunyai keindahan panorama alam yang menakjubkan, namun untuk bisa sampai di wisata air terjun pengunjung harus melewati medan yang cukup berat sehingga di butuhkan tenaga ekstra.

Air Terjun Lider berada di ketinggian kurang lebih 1.300 meter di atas permukaan laut dan ketinggian air terjun mencapai 60 meter, susana sejuk dan segar bisa anda rasakan tatkala sampai di area Air Terjun, serta mata anda akan di buat takjub tatkala melihat beberapa anak air terjun yang sangat indah. Wisata Air Terjun Lider sangat sayang jika anda lewatkan ketika berada di Banyuwangi.

9. Argo Wisata Kali klatak
Argo Wisata Kali Klatak, apabila anda sedang berkunjung di Banyuwangi sempatkanlah untuk mampir sejenak di Argo Wisata kali Klatak karena di Argo Wisata tersebut anda akan di suguhi beraneka ragam tumbuhan hasil perkebunan yang diantaranya adalah kopi, cokelat, berbagai rempah - rempah, karet dan juga buah - buahan. Menurut catatan sejarah Argo Wisata Kali Klatak merupakan salah satu pelopor pertama wisata Argo yang berada di Banyuwangi yang dulunya di kelola oleh orang Balanda Mij Moorman dan Co, namun pada akhirnya di kelola oleh pengusaha pribumi R. Soehoed Prawiratmodjo.

10. Pantai Watu Dodol
Pantai Watu Dodol merupakan salah satu pantai yang banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal karena pantai Watu Dodol memeliki akses jalan yang sangat mudah berada di tepi jalan besar penghubung antra Banyuwangi dan Situbondo. Secara administratif Pantai Watu Dodol di wilayah Kalipuro Banyuwangi namun lokasi pantai berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo jawa Timur.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.