Wisata Gunung Bromo, Sunrise terindah di Indonesia

Tidak ada komentar:
12 Oktober 2015

Jika mendengar nama Gunung Bromo jawa timur pasti sudah tidak asing lagi bagi para treveler, Gunung Bromo ini memiki panorama alam yang menawan, udara segar, hawa dingin, hamparan pasir yang luas, lautan padang rumput yang luas menambah kecantikan alam bromo. Di kawasan Gunung Bromo ini para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit {sunres}. Bahkan bisa dibilang kawasan sunres terbaik di indonesia.


Wisata Gunung Bromo | Sunrise terindah di Indonesia

Langit Merah Gunung Bromo
Gunung yang memiliki ketingian kurang lebih 2.392 meter mdl yang di kelilingi lautan pasir seluas 10 km2. Gunung ini merupakan gunung paling aktif di indonesia. Tempat wisata ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, melihat secara administratif kawasan wisata ini terletak pada empat teretori pemerintahan daerah, yaitu kabupaten malang, kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabuapaten Probolinggo.

Wisatawan mancanegara Bromo

Waktu yang paling pas untuk menikmati keindahan alam Bromo adalah pada medio Maret-0ktober karna di bulan-bulan ini adalah musim kemarau. Namun perlu di ketahui juga bahwa suhu pada puncak Gunung Bromo bisa mencapai antara  sampai 20º Celcius ini merupakan suatu hal yang unik yang ada di Gunung Bromo.


Ritual Keagamaan Masyarakat Bromo

Berdasarkan sejarah kata Bromo sendiri berasal dari kata Brahma yaitu salah satu nama Dewa yang di agungkan oleh Agama Hindu.Kawasan wisata gunung Bromo ini menjadi icon kebanggan masyarakat Probolinggo Jawa Timur. Gunung Bromo sendiri juga tidak bisa lepas dari sejarah kerajaan majapahit, dahulu ketika kerajaan majapahit menirima banyak serangan banyak penduduk pribumi yang keluar dari majapahit dan mencari tempat tinggal baru yang lebih aman dan akhirnya mereka terpecah menjadi dua bagian, sebagian dari mereka lari menuju Bali dan sebagian dari mereka yang lain lari ke lereng Bromo yaitu di desa Tengger, sampai sekarang kedua tempat ini memiliki kesamaan yaitu minganut Agama Hindu.
Desa Tenger sendiri berasal dari leganda Roro Anteng dan jaka Seger. "Teng" sendiri di ambil dari akhiran nama Roro An-"Teng" dan "ger" di ambil dari akhiran nama joko Se-"ger". Masyaraka sekitar mempercayai Gunung Bromo sebagai Gunung suci masyarakat menyebutnya sebagai gunung  Brahma.

Padang Pasir Gunung Bromo

Yang menjadikan wisata Gunung Bromo ini tetep di kagumi oleh para wisatawan lokal ataupun mancanegara adalah karna di kawasan ini terdapat kawah gunung yang berdiameterkan 600m, selain kawah Gunung Bromo ada juga obyek wisata yang lain yang gak kalah menarik yaitu, puncak Penanjakan di namakan pananjakan karna jalan menuju wisata ini sangat terjal atau menanjak. Di kawasan Puncak Pananjakan terdapat spot yang pas untuk menikmati terbitnya matahari{sunres}. Di sini pengunjung akan disuguhhi panorama alam indah yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Selain itu juga terdapat hamparan pasir yang sangat luas, untuk kalian yang suka selfie tempat ini merupakan salah satu tempat yang menarik untuk kalian karna sekilas tampak ini terlihat seperti sedang berada di gurun pasir Timur Tengah. Lautan pasir ini akan tampak lebih cantik dengan rona jingga apabila matahari sudah mulai kembali ke peraduanya, bahkan fenomena cantik ini bisa di lihat dari Cemorolawang yaitu pintu masuk menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

Touring Bersama Jeep Bromo

Berkuda di Gunung Bromo

Jika Anda berwisata di Gunung Bromo pasti anda tidak akan merasa bosan karna di kawasan wisata ini tidak hanya menyuguhkan satu obyek wisata banyak spot-spot wisata yang bisa di jelajahi di tempat wisata ini seperti memacu kuda di padang pasir yang bisa di sewa pada masyarakat sekitar atau jika Anda kurang suka berkuda Anda bisa menyewa jeep untuk mengelilingi kawasan wisata Gunung Bromo. Banyak paguyupan jeep di kawasan Bromo yang menyediakan jasa angkut mereka yang akan membawa para wisatawan berkeliling. Rutenya yang di tempuhnya pun beragam, semakin jauh jarak tempuh semakin banyak biaya yang di keluarkan.

Tangga Menuju Kawah Bromo

Padang Rumput Teletubies Gunung Bromo

Ada tiga Akses yang bisa Anda dipilih untuk bisa sampai di kawasan Bromo, Rute Malang, pasuruan , rute malang purwodadi. jika anda meliwati rute darat dari Kota Malang, Anda bisa menuju Stasiun Kota Baru Malang di sana akan ada mobil-mobil jeep yang akan mengantar Anda menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.