8 Tempat Wisata Fenomenal Di Kota Kediri

Posted in
Tidak ada komentar:
10 Oktober 2015

8 Tempat Wisata Fenomenal Di Kota Kediri - Di jawa timu r terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang rekomended, salah satu di antara nya adalah di kota kediri. Selain Malang dan Banyuwangi kota Kediri juga mempunyai tempat wisata yang patut untuk di kunjungi salah satunya adalah gunung kelud.

pada awal tahun 2014 kota kediri sempat menjadi perbincangan di beberapa media baik masa maupun online . Dikarenakan pada awal tahun 2014 kota ini mendapat musibah erupsi gunung kelud atau meletusnya gunung kelud. Di karenakan letusan yang sangat dasyat efeknya tidak hanya di rasakan oleh warga di sekitaran kediri saja bahkan warga di luar kediri seperti jawa tengah, bahkan efek abu vulkanik letusan juga di rasakan oleh sebagian warga jawa barat. Beberapa bandara nasional maupun internasionalpun sempat di tutup akibat efek dari letusan gunung kelud.

selain dikenal sebagi kota tahu ,kediri sendiri juga menyimpan banyak obyek wisata yang gak kalah menarik untuk di kunjungi. kota ini kalau di lihat secara administratif terbagi menjadi dua yaitu kotamadya dan kabupaten. meskipun begitu kota ini tetep menjadi pilihan wisata bagi para traveler baik lokal maupun mancanegara.

jika teman teman berkunjung ke jawa timur ada baiknya kalian mampir ke kota kediri untuk mencicipi sejuknya alam kota kediri . di sini kami akan memberikan beberapa referensi wisata jika teman teman berkunjung di kediri .

8 Tempat Wisata Fenomenal Di Kota Kediri

1. GUNUNG KELUD.


Foto Gunung Kelud Kediri
Kalau di lihat dari ukuran gunung kelud ini tergolong mempunyai ukuran yang sedang di banding gunung aktif lainya seperti dengan gunung semeru dan gunung merapi {jawa tengah}. meskipun begitu gunung ini gunung ini merupakan salah satu gunung paling aktif di indonsia, gunung ini mengalami tiga kali letusan ,letusan pertama terjadi pada tahun 1990, letusan kedua terjadi pada tahun 2007 yang mana pada letusan ini menghasilkan kubah lava yang lebih di kenal sebagai anakan gunung kelud, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara, namun pada awal tahun 2014 gunung ini kembali mengalami erupsi yang menghancurkan kubah lava kelud.

meskipun begitu, pasca terjadinya erupsi di tahun 2014 yang menghancurkan kubah lava kelud itu tidak menghilangkan sosok kecantikan gunung kelud itu sendiri,pesona serta panorama alam kelud yang eksotis bisa di nikmati siapa saja tanpa harus melewati pendakian karna akses jalan untuk menuju punjak sangat mudah dilewati baik kendaraan beroda dua maupun kendaraan roda empat. Mengigat ketingian gunung ini terbilang sedang tidak terlalu tinggi ketingianya kurang lebih 1.731 m dari permukaan laut.


2. MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL.
Foto Simpang Lima Gumul Kediri

selain menjadi ikon kebangaan kota kediri ,monumen simpang lima gumul{MSLG} juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan . Bangunan yang di bangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 ini menjadi tempat nongkrong favorit untuk anak muda kota kediri, bukan hanya kawula muda yang menikmati MSLG pada hari sabtu dan ahad tempat ini menjadi alternatif pilihan para warga untuk mengisi waktu wekend mereka beersama keluarga dan kerabat.

selain udara yang sejuk yang menjadi daya tarik dari bangunan ini adalah karna gaya bangunan yang mirip dengan arc de triomphe {monumen yang ada di paris}.  untuk tarif masuk MSLG terbilang relatif murah hanya Rp. 2000,- {bayar parkir} kita sudah bisa menikmati keindahan bangunan MSLG. untuk kalian yang suka selfie mungkin tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan.

selain menjadi tempat wisata banguanan ini juga menjadi pengerak roda perekonomian masyarakat kota kediri karna monumen simpang lima gumul merupakan pertumuan lima jalan yang menuju lima daerah yaitu : arah pare , arah kecamatan pagu , kecamatan plosokaten, kecamatan gampeng rejo dan pesantren.


3. GUMUL PARADISE ISLAND
Foto Gumul Paradise Island

 Selain bangunan Monumen di kawasan Simpang Lima Gumul sendiri juga terdapat wahana permainan air. Tempat ini bisa di jadikan sebagai liburan bersama keluarga.

wahana permainan air ini mempunyai banyak fasilias seperti seluncur air, kolam untuk anak anak , kolam untuk remaja dan kolam untuk dewasa ,dan masih banyak lagi yang lainya. bisa di katakan cukup lengkap untuk semua usia.Untuk kawan kawan tidak ada salahnya untuk mencoba wahana parmainan di sini.

4. AIR TERJUN DHOLO.

Foto Air Terjun Dolo Kediri


terletak di ujung barat kota kediri kira-kira 25 dari jantung kota kediri tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, kecamatan Mojo, kabupaten kediri. Wisata bernuansa alam ini mempunyai keindahan alam yang khas yang tidak di temui di air terjun kota-kota lain.

Air terjun yang mempunyai ketingian sekitar 125meter ini adalah aliran dari sungai dolo yang keluar dari lereng gunung wilis. udara sejuk khas pegunungan menyambut saat kita masuk di are air terjun karna berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl. Akses menuju air terjunya pun cukup mudah cuman kami sarankan apabila berkunjung di tempat ini di musim penghujan sebaiknya agak hati-hati karna jalananya licin dan terkadang terdapat longsoran kecil di bahu jalan.

karna banyak wisatawan yang berkunjung di air terjun dholo kawasan ini pun akhirnya di kembangkan dan saat ini kawasan ini mempunyai beberapa fasilitas seperti track jogging, camping ground , play ground, mushola, warung , dan area treking. jika kawan-kawan ingin menikmati udara malam kawasan air terjun dholo kawan-kawan bisa menyewa villa yang berjarak tidak jauh dari air terjun, atau kawan-kawan bisa mendirikan tenda di camping ground.

5. Sumber Ubalan.
Foto Sumber Ubalan Kediri
Selain air terjun dan gunung , kota kediri juga mempunyai kawasan hutan lindung yang bisa di kunjungi terletak di sebelah timur kota kediri sekitar 15 km dari jantung kota kediri. kawasan sumber ubalan ini juga mempunyai keindahan alam yang alami karna kawasan ini termasuk dalam hutan lindung.

meski berada dalan kawasam hutan lindung, tempat wisata ini juga mempunyai banyak fasilitas antara lain panggung hiburan yang biasanya di gunakan untuk menghibur pengunjung di hari-hari libur, kolam renang dan taman bermain. yand menjadi objek utama dari kawasan wisata ini sebenarnya adalah sumber air yang lokasinya masuk kedalam, di dalam sumber mata air tersebut terdapat air yang jernih serta nampak ikan-ikan kecil berenang bebas kalau kawan-kawan melihat rasanya pasti ingin menceburkan diri ke sumber tersebut, namun sayangnya para pengunjung hanya bisa menikmati sumber mata air sebatas melihat saja karna ada larangan bagi pengunjung untuk berenang di sumber mata air tersebut. meski demikian pengunjung tetap bisa menikmati udara sejuk dan segar di sekitaran sumber air..


6. Goa Selomangleng.
Foto Goa Selomangleng Kediri
Kalau kita mendengar nama kota kediri rasanya sudah tidak asing lagi bagi kita karna nama kediri sendiri tidak bisa di pisahkan dari sejarah yaitu kerajaan kediri yang pernah berjaya di masanya. Dan sampai sekarang bukti peningalan sejarah masih ada di antaranya adalah Goa selomangkleng , goa ini diyakini sebagai tempat pertapa oleh Dewi Kilisuci, yang mana dewi kilisuci adalah putri dari Raja Erlangga yang menolak pemberian tahta kerajaan yang di wariskan ayahnya kepadanya. Diantara bukti yang menunjukan bahwa goa ini pernah di jadikan sebagai pertapa oleh dewi kilisuci adalah adanya ukiran-ukiran batu yang berada di dinding goa, baik di dalam ataupun di luar. goa ini mempunyai tiga bagian yaitu bagian tengah , bagian kiri dan kanan. Dilihat dari luar goa ini tampak tidak begitu luas dan terlihat gelap serta tercium aroma dupa yang keluar dari dalam goa.

Berada di kecamatan mojoroto kawasan wisata goa ini berjarak kurang lebih 7km dari jantung kota kediri ke arah barat. Aksesnya pun sangat mudah karna kawasan ini berada dalam kota. Selain goa ada beberapa fasilitas lain yang bisa di kunjungi seperti Museum airlangga , gunung klothok dan gunung maskumambang. kawasan wisata ini sangat cocok untuk para pelajar karna selain berwisata mereka juga bisa menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah kota kediri.


7. Kampung ingris di pare.
Foto Kampung Inggris Pare Kediri
Ada yang mengatakan "belum lengkap belajar bahasa ingris kalau belum ke kapung ingris", yap di pare ini lah tempatnya . Kampung ingris ini terletak 30km dari jantung kota kediri tepatnya ke arah Utara. Selain mempunyai banyak tempat wisata kota kediri juga mempunyai satu kawasan yang berbasis edukasi yaitu di kampung ingris pare, kampung ingris ini didirikan oleh Mr. calend . Sampai saat ini di kawasan kampung ingris ini mempunyai kuranglebih 146 lembaga kursus.

di kawasan ini mempunyai susasana yang tenang suasana khas pedesaan dan juga lingkungan warga yang ramah, sangat cocok untuk di jadikan tempat belajar, kampung ini sangat ramai di datangi para pelajar di musim-musim liburan bukan hanya pelajar dari kediri saja bahkan sampai ada pelajar yang datang dari luar pulau yang belajar di kampung ingris pare , mengigat tempat ini sudah sangat terkenal.

karna banyaknya lembaga kursus yang ada di kawasan tersebut sampai-sampai warga di sekitarnya pun juga mengunakan bahasa ingris sebagai bahasa keseharian mereka. Bagi kawan-kawan yang ingin cas cis cus ngomong pake' bahasa ingris tak perlu jauh-jauh ke amerika ayo datang saja ke pare . hehehehe


8. Candi Surawana.
Foto Candi Surawan
Di kediri juga terdapat sebuah prasasti yang bernilai bersejarah yaitu candi surawana yang terletak di kecamatan pare, akses menuju candi ini sangatlah mudah apalagi kalau dari arah kampung ingris pare.

candi surawana ini merupakan simbul untuk memuliakan raja kerajaan Wingker yang bernama Bhre Wingker. Candi surawana memiliki corak Hindu, seperti halnya candi-candi yang mempunyai corak hindu di indonesia.

bangunan bersejarah peningalan kerajaan Wengker ini mempunyai ukuran tidak terlalu besar. Memiliki ukuran 8x8 meter.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.