Cara Membuat Lepet Ketan Kacang Tolo Kenyal

Posted in
Tidak ada komentar:
11 April 2015

Cara Membuat Lepet Ketan Kacang Tolo Kenyal Lepet adalah makanan khas Indonesia yang berbahan dasar ketan dan rasanya gurih. Biasanya lepet ketan disajikan ketika Idul Fitri atau hari-hari raya untuk menjamu tamu. Dewasa ini lepet ketan sangat jarang dijumpai karena sudah banyak digantikan dengan makanan lain yang lebih modern. Selain itu, kepopuleran lepet ketan sayur kurang begitu terkenal dibandingkan dengan ketupat sayur. Padahal lepet ketan dapat dibuat bervariasi, salah satunya dengan menambah kacang tolo. Kacang tolo yang teksturnya kenyal akan menambah cita rasa lepet ketan yang gurih. Berikut ini adalah Cara Membuat Lepet Ketan Kacang Tolo Kenyal.
Bahan :

Resep Lepet Ketan Kacang Tolo

Cara Membuat Lepet Ketan Kacang Tolo Kenyal
Lepet Kacang Tolo

1. Beras ketan putih setengah liter (jika perlu direndam terlebih dahulu agar lebih empuk dan menanaknya tidak terlalu lama. Ini adalah salah satu trik yang dipakai untuk membuat rasa ketan lebih sempurna. Semakin lama perendaman, maka semakin empuk).
2. Kacang tolo yang sudah direbus satu genggam atau sesuai selera (sebelum direbus sebaiknya juga direndam dahulu, agar teksturnya kenyal dan lebih cepat empuk)
3. Santan kelapa kental sekitar ½ - 1 gelas (akan lebih baik jika santan disaring terlebih dahulu, agar lepetnya lebih bersih)
4. Garam halus secukupnya
5. Kelapa yang tidak terlalu tua, diparut halus. Takarannya bisa sesuai selera. Kelapa ini nantinya akan menambah rasa gurih pada lepet. Namun jika tidak suka, bisa dihilangkan.
6. Daun pandan sebagai penyedap alami
7. Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Lepet Ketan Kacang Tolo Kenyal

1. Rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidik. Untuk menghindari santan gosong, aduklah pelan-pelan.
2. Kecilkan api, lalu masukkan beras ketan yang sudah direndam ke dalam rebusan santan.
3. Jika santan sudah meresap, masukkan kelapa parut dan kacang tolo lalu aduklah rata.
4. Jika sudah teraduk rata, bungkuslah dengan daun pisang dengan bentuk seperti lontong.
5. Jika anda mau, anda dapat mengkreasikan kacang tolo dan parutan kelapa sebagai isi lepet. Caranya cukup sangrai keduanya dengan ditambah garam dan sedikit gula (agar gurih) sampai parutan kelapanya matang. Setelah itu masukkan ke dalam lepet yang akan dibungkus (seperti pada arem-arem).
6. Tanak lepet kacang tolo kenyal yang sudah dibungkus di atas api sedang dan tunggu kira-kira 15-20 menit. Proses penanakan akan lebih cepat karena beras ketan dan kacang tolo sudah direndam terlebih dahulu sebelum dimasak.
7. Lepet ketan kacang tolo siap untuk disajikan.

Itulah Lepet Ketan Kacang Tolo, jangan lupa coba juga resep lainnya Kerang hijau dengan saus tiram. Selamat memasak

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.