Supernova : Bintang Pun Bisa Berkembang Biak dan Beranak

Posted in
Tidak ada komentar:
11 Mei 2014


Alam Semesta dengan banyak bintang

Memang terdengar aneh, tapi inilah sebuah fakta. Bukan hanya makhluk hidup saja yang bisa berkembang biak. Tapi bintang pun bisa berkembang biak. Secara harfiah berkembang biak adalah cara makhluk hidup untuk mempertahankan populasi spesiesnya agar tidak punah, demikian pun bintang. Namun bedanya, bintang tidak melalui proses perkawinan karena menurut klasifikasi manusia mereka bukanlah makhluk hidup.

Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Contoh bintang yang sering kita lihat ialah matahari. Lalu bagaimana bintang berkembang biak? Mereka berkembang biak dengan suatu proses ledakan bintang yang dinamakan Nova. Nova atau ledakan bintang yang besar dari biasanya disebut dengan Supernova. Supernova inilah yang membuat kehidupan baru dialam semesta sana seperti bintang baru, planet-planet, dan lubang hitam (black hole).


Proses Ledakan Supernova



Pembengkakan Bintang dan Ledakan Bintang Keples

Bintang yang sudah habis masa hidupnya maka akan meledak. Inilah proses perkembang biakan itu. Jadi apabila pada makhluk hidup berkembang biak dengan beranak maka bintang dengan meledak. Adapun prosesnya ialah :

  • Pembengkakan
    Sebelum meledak bintang akan membengkak. Hal ini disebabkan karena inti helium yang ada didalam bintang dikirimkan ke permukaan Sehingga bintang akan menjadi sebuah bintang raksasa yang amat besar, dan berwarna merah. Di bagian dalamnya, inti bintang akan semakin meyusut. Dikarenakan penyusutan ini, maka bintang semakin panas dan padat. 
  • Inti Besi
    Saat semua bagian inti bintang telah hilang, dan yang tertinggal di dalam hanyalah unsur besi, maka kurang dari satu detik kemudian suatu bintang memasuki tahap akhir dari kehancurannya. Ini dikarenakan struktur nuklir besi tidak memungkinkan atom-atom dalam bintang untuk melakukan reaksi fusi untuk menjadi elemen yang lebih berat.
  • Peledakan
    Pada tahap ini, suhu pada inti bintang semakin bertambah hingga mencapai 100 miliar derajat celcius. Kemudian energi dari inti ini ditransfer menyelimuti bintang yang kemudian meledak dan menyebarkan gelombang kejut. Saat gelombang ini menerpa material pada lapisan luar bintang, maka material tersebut menjadi panas. Pada suhu tertentu, material ini berfusi dan menjadi elemen-elemen baru dan isotop-isotop radioaktif.
  • Pelontaran
    Gelombang kejut akan melontarkan material-material bintang ke ruang angkasa
Muncullah Bintang dan Kehidupan Baru Alam Semesta



Ilustrasi : Bintang dan Planet yang Terbentuk

Saat Bintang ini Meledak (Supernova), unsur-unsur yang lebih berat dari Hidrogen yang terdapat pada bintang tersebut akan terlontar keluar dan memperkaya awan disekitarnya dengan unsur-unsur berat seperti logam dan lain-lain. Unsur-unsur tersebut terlempar sangat jauh. Unsur-unsur yang terlempar inilah yang diasumsikan akan bergabung dan membentuk bintang yang baru atau planet-planet.

Selain itu, ledakan Sebuah bintang yang massa bintang yang besarnya 10-15 kali lebih besar dari matahari akan menyisakan sebuah ruang kecil yang memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat. Inilah yang membuat munculnya Lubang Hitam.

Catatan : Selain supernova ada juga Hipernova. Ledakan yang terjadi pada Hipernova lebih besar dari supernova.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.