Proxima Centauri : Bintang Terdekat dari Tata Surya Kita

Posted in
Tidak ada komentar:
23 Desember 2013



Tahukah anda bintang terdekat ? Bintang terdekat adalah Proxima centauri. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang proxima centauri kita akan membahas tentang bintang. Siapa tahu ada yang masih belum mengerti.

Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Yang termasuk bintang adalah Matahari. Dilangit, bintang memiliki berbagai warna. Ada yang memancarkan warna merah, putih, hingga biru. Dengan warna merah memiliki suhu terendah dan biru memiliki suhu yang tinggi.

Proxima centauri adalah bintang terdekat dari tata surya kita. Dengan jarak 4,2 tahun cahaya dan terletak di rasi bintang centaurus. Bintang ini memiliki cahaya yang redup untuk dilihat oleh mata kita. Sehingga wajar saja baru ditemukan pada tahun 1915.

Proxima centauri merupakan bintang katai merah. Menurut diagram Hertzsprung-Russell, bintang katai merah adalah bintang kecil (kurang lebih 10% massa matahari) dan relatif dingin (lebih kecil dari 3.500 kelvin). Katai merah tidak banyak mengalami tahap-tahap evolusi (semakin besar bintang tahap evolusinya semakin banyak), tidak meledak-ledak dan berumur panjang (dapat mencapai 100 miliar tahun).

Selain itu, karena jaraknya yang dekat bintang ini diusulkan menjadi tujuan pertama penjelajahan antar bintang. Walaupun pesawat tanpa awak terjauh yang menjelajah ruang angkasa yaitu voyager memerlukan waktu 10.000 tahun untuk menempuh jarak satu tahun cahaya.

Karakteristik



Pada tahun 2002, interferometri optik pada Very Large Telescope (VLTI) menemukan bahwa Proxima Centauri memiliki diameter sudut sekitar 1,02 ± 0,08 mili detik busur. Karena jaraknya telah diketahui, diameter sebenarnya dapat diperkirakan, yaitu sekitar 1/7 Matahari, atau 1,5 kali Jupiter. Massa bintang ini diperkirakan sekitar 12,3% dari massa matahari, atau 129 kali massa Yupiter. Rata-rata masa jenis bintang deret utama meningkat seiring dengan berkurangnya massa, dan Proxima Centauri bukan pengecualian: bintang ini memiliki rata-rata massa jenis sekitar 56.800 kg/m3 (56,8 g/cm3), sementara Matahari sekitar 1.409 kg/m3 (1,409 g/cm3)

Penemunya




Bintang Proxima Centauri pertama kali ditemukan pada tahun 1915  oleh Robert Innes di Johannesburg, Afrika Selatan. Ia menemukan bintang yang memiliki gerak diri (perubahan sudut posisinya sepanjang waktu yang dilihat dari pusat massa tata surya) yang sama dengan  Alpha Centauri. Ia kemudian menamainya dengan Proxima Centauri. 

Robert Thorburn Ayton Innes (10 November 1861 – 13 Maret 1933) adalah astronom Skotlandia-Afrika Selatan yang dikenal karena menemukan Proxima Centauri pada tahun 1915, dan juga beberapa bintang ganda lain. Ia juga merupakan astronom pertama yang melihat Komet Januari Besar pada 12 Januari 1910. Robert Innes adalah pendiri stasiun meteorologi di Johannesburg, yang selanjutnya diubah olehnya menjadi observatorium yang bernama Union Observatory.


Rujukan : Wikipedia

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.