Penjelasan Satuan Tahun Cahaya dan Jaraknya




Pernahkah anda mendengar tentang tahun cahaya? Istilah ini sering muncul dalam dunia astronomi. Misalkan jarak bintang delta pavonia yaitu 21 tahun cahaya dan jarak bintang proxima centauri adalah 4,2 tahun cahaya. Lalu apa itu tahun cahaya? Jarak atau waktu?

Satuan Tahun cahaya merupakan satuan jarak dalam dunia astronomi. Ini digunakan untuk mengukur jarak antar benda luar angkasa yang jaraknya sangat jauh dan tidak mungkin di ukur dengan satuan kilometer atau mil karena kebayang berapa banyak jumlah bilangannya dan malah bisa jadi membuat orang menjadi bingung karena begitu banyaknya angka.Selain itu juga ada jarak hingga milyaran tahun cahaya yang tidak mungkin di konversikan dalam kilometer atau mil karena saking jauhnya. Maka digunakanlah satuan tahun cahaya yang lebih simple.

Satuan tahun cahaya didasarkan pada kecepatan cahaya dalam menempuh suatu jarak. Dimana dalam satu detik, cahaya dapat menempuh jarak 299.792.458 meter per detik (ms-1atau apabila dibulatkan menjadi 300.000 km/detik. Sedangkan diurutkan sistem waktu adalah detik = menit = jam = hari = bulan = tahun.

Dimana dalam satu hari terdapat 24 jam dan dalam satu tahun terdapat 365 hari. Maka diperoleh dalam satu tahun terdapat 31.557.600 detik. Maka, 31.557.600 detik tinggal dikalikan dengan 300.000 , dimana 300.000 km ini merupakan jarak tempuh cahaya dalam satu detik. Nah hasil dari perkalian tersebut ialah jarak tempuh satu tahun cahaya dalam kilometer.

Untuk diketahui, dengan menggunakan kalender julian yang mempunyai 365,25 hari dalam setahun, maka satu tahun cahaya sama dengan 9.460.730.472.580,8 kilometer atau sering dibulatkan menjadi 1012 kilometer.

Nah, dengan jauhnya jarak tersebut maka digunakanlah satuan cahaya sebagai satuan jarak. Apalagi dalam dunia astronomi ada jarak galaksi yang mencapai milyaran tahun cahaya. Gak kebayang kan kalo ditulis dalam kilometer. apalagi dihitung pake jari kalkulator ajah gak sanggup.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post