Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Berger dan Chaffe

untuk memperdalam pengetahuan kita tentang Pengertian komunikasi yang sebelumnya sudah saya bahas pada artikel Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli dan Pengertian Ilmu Komunikasi : Apa Itu Komunikasi ? kali ini saya akan menjelaskan tentang Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Berger dan Chaffe

Siapa  Berger dan Chaffe ?

Berger dan Chaffe adalah ilmuan sains yang menulis salah satu buku terkenal Handbook of Communication Science, Sebuah buku yang membawa pengaruh besar didalam ilmu komunikasi

Menurut berger dan Chaffe dalam bukunya Handbook of Communication Science, ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.

Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Berger dan Chaffe
Dari definisi ilmu komunikasi tersebut, terdapat 3 pokok pikiran :
  1. Objek pengamatan yang jadi focus perhatian dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang dalam konteks kehidupan manusia.
  2. Ilmu komunikasi bersifat ilmiah-empiris (scientific) dalam arti pokok-pokok pikiran dalam ilmu komunikasi (dalam bentuk teori-teori) harus berlaku umum.
  3. Ilmu komunikas bertujuan menjelaskan fenomena social yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang
Berasarkan dari definisi tersebut dan uraian tentang ciri-ciri ilmu, dapat dikatakan bahwa ilmu komunikasi pada dasarnya adalah pengetahuan tentang peristiwa komunikasi yang diperolehnya melalui suatu penelitian tentang sistem, proses dan pengaruhnya yang dilakukan secara rasional dan sistematik serta kebenarannya dapat diuji dan digeneralisasikan.

Pengertian ilmu komunikasi yang telah dijelaskan oleh Berger dan Chaffee tersebut memberikan 3 pokok pikiran, yaitu :
  1. Objek pengamatan yang jadi focus perhatian dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambing dalam konteks kehidupan manusia.
  2. Ilmu komunikasi bersifat “ilmiah-empiris (scientific)” dalam arti pokok-pokok pikiran dalam ilmu komunikasi harus berlaku umum.
  3. Bertujuan menjalaskan fenomena social yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapatlah dikatakan bahwa ilmu komunikasi pada dasarnya adalah pengetahuan tentang peristiwa konunikasi yang diperoleh melalui suatu penelitian tentang sistem, proses, dan pengaruhya yang dilakukan secara rasional dan sistematik, serta kebenarannya dapat diuji dan digeneralisasikan.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post