Organ Hati Dapat di Tumbuhkan di Laboratorium

Posted in
Tidak ada komentar:
06 Juli 2013



Ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan merupakan kabar baik bagi yang memiliki penyakit pada organ hati apabila harus ada pencangkokan dan transplantasi hati sedangkan donor hati sekarang sangat susah dilakukan karena sangat sedikit yang mau mendonorkan organ hati miliknya.

Organ hati manusia dikabarkan berhasil tumbuh dari sel induk di laboratorium. Para ilmuwan di Jepang terkejut setelah melihat pucuk organ hati berada di tahap awal perkembangan dan terbentuk secara spontan.

Dilansir BBC,tim melaporkan temuan mereka di jurnal Nature. Temuan ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih dalam bidang kesehatan untuk menyelamatkan nyawa manusia melalui transplantasi ribuan tunas hati.



Seperti diketahui, para ilmuwan di seluruh dunia sedang mencoba untuk menumbuhkan organ tubuh di laboratorium untuk mengatasi kekurangan donor organ. Para ahli mengungkap temuan ini sebagai sesuatu yang menarik.

Ilmuwan menyatakan bahwa beberapa pasien telah memiliki kantung kemih yang terbuat dari sel-sel mereka sendiri. Akan tetapi, organ padat seperti hati dan ginjal jauh lebih sulit dibuat di luar laboratorium.

Tim di Yokohama City University mereproduksi tahap awal perkembangan hati, yang mirip dengan pertumbuhan embrio. Ilmuwan mencampur tiga jenis sel, yang terdiri dari dua jenis sel induk dan material yang diambil dari tali pusar.

Tanpa diduga, sel-sel mulai mengorganisir diri dan tampaknya 'meringkuk' untuk membentuk tunas hati. Tunas tersebut kabarnya ditransplantasikan ke tikus, di mana tunas hati tersebut mengaitkan diri dengan suplai darah dan mulai berfungsi sebagai hati kecil.

"Kami hanya cukup mencampur tiga jenis sel dan menemukan bahwa mereka tiba-tiba mengorganisir diri untuk membentuk tunas hati tiga dimensi. Ini adalah hati yang belum sempurna," jelas ilmuwan Takanori Takebe.

Temuan ini diharapkan bisa berkontribusi untuk mencegah kasus kematian karena kegagalan hati.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.