Cara Mengubah Air Laut menjadi Air Minum atau air tawar

Seperti yang kita ketahui bahwa air laut merupakan zat campuran. Yaitu , campuran antara air tawar dan garam. Karena air laut merupakan campuran maka air laut bisa dipisahkan hingga menjadi dua komponen capurannya. yaitu air tawar biasa dan garam. Namun , disini kita akan memisahkan air tawar saja.

Cara memisahkannya ternyata sangat mudah seperti contoh gambar disamping ini. Yaitu , dengan cara destilasi atau penyulingan yang sederhana dan bisa dicoba dengan berbagai alat atau bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.

Destilasi
Destilasi atau penyulingan adalah suatu proses pengembunan yan diikuti proses penguapan. Destilasi ini dapat digunakan untuk memisahkan komponen dari dari campurannya dengan menggunakan perbedaan titik didih. apabila titik didih komponen lain jauh lebih tinggi.

Cara Kerja
Cara kerjanya adalah ketika air laut didihkan atau dipanaskan (titik didih air 100 derajat celcius) maka akan terjadi penguapan air tawar sedangkan garam tidak menguap. Hal itu dikarenakan perbedaaan titik didih yang sangat jauh. yaitu titik didih ialah 1.400 derajat celcius sedangkan air 100 derajat celcius. hal tersebut menyebabkan air menguap yang kemudian diembunkan. Maka dari embun itulah disebut air murni namun belum steril. Air murni itulah yang bisa kita manfaatkan untuk mandi , mencuci , dll. Namun apabila kita iingin gunakan untuk minum ckup kita sterilkan, yaitu dengan memasak lagi hingga mendidih.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post