Cara Cepat Membuat Tabel Pada Blog

Buat Tabel Pada Blog – Kegiatan menulis dalam aktifitas blogging tidak pernah lepas dari tabel. Tabel ditampilkan untuk lebih memperjelas isi dari postingan blog yang kita buat. Tabel biasanya kita munculkan untuk jenis postingan blog yang membahas perbandingan dua hal. Agar inti pembeda dari dua hal yang diperbandingkan tersebut mudah dipahami oleh pembaca maka kita dapat membuat perbandingan tersebut dalam tampilan tabel.

Membuat tabel memang mudah, tetapi untuk menampilkannya pada blog cukup sulit. Kita harus paham kode HTML untuk merangkai tabel agar terlihat utuh. Agar proses publikasi tabel pada blog berjalan cepat, kita membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk mengkonversi tabel yang sudah kita buat menggunakan excel menjadi format HTML.

Contoh:

FaktorAB
1adaada
2tidakada
3adaada
4adatidak

Adapun cara untuk konversi tabel menjadi bentuk HTML menggunakan Tabelizer adalah sebagai berikut.

1. Buat bentuk tabel pada program pengolahan tabel seperti Microsoft Excel > salin.

Tabel pada excel

2. Buka halaman Tabelizer > tempel.

Paste pada tableizer

3. Lakukan pengaturan ukuran font, warna header tabel, dan jenis font > Tableize it!
4. Lihat preview hasil konversi > salin kode HTML untuk menampilkan tabel.

Hasil tabel pada tableizer

5. Masuk ke akun blogger > dasbor > buat entri baru > pilih mode HTML, bukan compose.
Tempel > publikasikan.

HTML postingan blog

Tabel merupakan salah satu unsur penting untuk memudahkan pembaca memahami isi konten artikel yang kita buat. Tabel akan menampilkan inti dari pembahasan tanpa perlu penjabaran yang kompleks.

Bentuk tabel yang ditampilkan hanya dapat dimodifikasi dalam batas ukuran font, jenis font, dan warna header. Kita tidak dapat melakukan modifikasi lanjutan seperti saat kita membuat tabel pada program pengolahan tabel yang sebenarnya. Meskipun demikian, tampilan tabel yang rapi dan sederhana sudah cukup untuk membuat pembaca memahami isi bacaan yang ditampilkan menggunakan tabel tersebut.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post