BIJAK SAAT MENJADI KOMANDAN PERANG

Kholifah Mu'awiyah mempercayai Panglima Abdurrahman bin Khalid bin Walid memimpin pasukan menghadapi pasukan Romawi yang telah siaga. Beberapa hari menjelang pertempuran, Khalifah Mu'awiyah mengirim pesan lalu bertanya :

"Apa yang kamu lakukan terhadap pesan dan intruksiku?"
"Akan aku jadikan sebagai pedoman, dan aku tak akan melanggarnya," jawab Abdurrahman dalam balasannya.

sekeltika itu pula Abdurrahman dipanggil pulang dan langsung dipecat. Selanjutnya Khalifah menunjuk Sufyan bin Auf al-Ghamidi sebagai gantinya.

"Aku tunjuk kamu memimpin pasukan. dan itu tadi pesanku, lalu apa yang akan kamu lakukan terhadap pesanku". tanya khalaifah kepada sufyan menjelang berangkat.

"Aku akan menjadikan pedoman, selama aku mantap, Kalau tidak, aku akan menggunakan pikirannku sendiri," jawab sufyan.

"Kalau begitu, ayo berangkatlah !" kata Khalaifah.

Saat kita menjadi bawahan, dalam menerima intruksi dan perintah dari atasan tetap harus disikapi bijak, melihat situasi dan kondisinya. Semoga manfaat.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post