Tugas: Management Public Relations

(Pertemuan 3 Oktober 2016)

Jelaskan dan beri contoh yang ada di dalam kegiatan PR mengenai:
1. Pembagian tanggung jawab
2. Penyusunan jadwal
3. Anggaran

---

1. Pembagian Tanggung Jawab
Tanggung jawab khusus manajer hubungan masyarakat ialah mengelola stafnya agar setiap langkah selalu berlangsung efektif. Melaksanakan koordinasi pekerjaan agar jangan sampai ada pekerjaan yang tumpang-tindih, mengawasi pekerjaan staf agar jangan menyimpang jauh dari perencanaan dengan metode kerja yang benar, alat kerja yang sesuai, dan informasi kerja yang tepat.

Contoh: Seorang PR membagikan tugas kepada staf-stafnya dengan jobdesc masing-masing sesuai dengan keahlian mereka. Seperti ada yang bertugas untuk dokumentasi, mencari media, dll.

2. Penyusunan Jadwal
Penyusunan jadwal adalah pengelolaan waktu yang akan digunakan untuk kegiatan PR. Pengelolaan waktu seharusnya sudah mulai dilakukan sejak merumuskan tujuan dan sasaran kegiatan. Pertimbangan dalam menyusun jadwal kegiatan menurut Smith (2005), "Waktu sesungguhnya yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas untuk mencapai tujuan kegiatan. Berbagai pola atau jenis serta frekuensi kegiatan yang akan dilakukan."

Contoh: Seorang PR telah menyusun jadwal untuk pertemuan dengan para media massa dalam kegiatan pengklarifikasian suatu masalah dalam instansi.

3. Anggaran
Penyusunan biaya atau penganggaran (budgeting) dilakukan departemen PR untuk meramalkan seberapa banyak dana yang diperlukan untuk membiayai suatu program PR. Sehingga dapat diketaahui program-program mana saja yang dapat dilaksanakan dengan jumlah dana yang tersedia.

Contoh: Seorang PR merinci dana yang kemungkinan akan dikeluarkan dalam melaksanakan konferensi pers dan menyebarkan poster atau brosur tentang produk atau perusahaan yang dia duduki.

---

Nama / NPM / Kelas :
Filzah Salsabila Hartono / 1443010213 / A

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post