Aksi dan Komunikasi

(Pertemuan 3 Oktober 2016)

Praktisi PR sebagai bagian dari tim manajemen sebuah organisasi harus terlibat dalam proses pembuatan keputusan untuk memastikan bahwa organisasi melakukan tindakan positif dan bertanggung jawab secara sosial.

Ada lima langkah yang menjelaskan bagaimana manusia dipengaruhi untuk dapat berubah:
- Kesadaran
- Minat atau ketertarikan
- Evaluasi
- Percobaan
- Adopsi

Saluran-saluran pengaruh dasar dalam proses adopsi:
- Media massa
- Perantara bias
- Pihak ketiga yang tidak bias
- Orang penting lainnya
- Pengalaman pribadi

Memfasilitasi Proses Adopsi:
- Two-step flow of information (Opinion leaders dan followers)
- Multi-step flow of information
- Konsep manajemen stakeholder
- Praktisi PR merupakan komunikator kunci dalam sebuah organisasi
- Menulis merupakan alat utama bagi kerja seorang komunikator, tetapi praktisi harus menguasai berbagai gaya penulisan
- Struktur penulisan dengan piramida terbalik dipandang sebagai sesuatu yang penting karena struktur ini digunakan oleh kebanyakan jurnalis.

Pemilihan media:
- Media terkontrol. Publikasi internal; surat langsung; poster; dan iklan
- Media tidak terkontrol. Surat kabar; TV; dan radio

Pertimbangan dasar dari pemilihan media:
- Audiensi
- Waktu yang tepat
- Anggaran

***

Daftar Pustaka:
PPT Dosen Ilmu Komunikasi (Ahmad Zamzami, S.Sos, M.Med.Kom), UPN "Veteran" Jatim

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post