Manajemen Humas Secara Operasional

(Pertemuan 29 Agustus 2016)

Public Relations berfungsi melaksanakan:

Penelitian
- Memperoleh data primer atau sekunder.
- Bersifat opinion atau riset motivasi yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan.

Perencanaan
- Penyusunan suatu program acara.
- Agenda setting program kerja humas berdasarkan fakta.

Pengkoordinasian
Mengkoordinasi suatu tim kerja dengan menentukan kerjasama dan keterlibatan bagian atau devisi lainnya dalam suatu koordinasi tim yang solid sebagai upaya pencapaian tujuan perusahaan.

Produksi
Produk publikasi dan promosi upaya mendukung perluasan pemasaran produk yang berpengaruh pada perusahaan.

Partisipasi Khalayak atau Komunitas
Melakukan suatu komunikasi timbal balik bagi kepentingan organisasi juga publiknya, misalnya dalam kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Nasihat
Memberikan sumbang saran kepada pimpinan berkenaan dengan penyesuaian kebijakan yang demi kepentingan publik.


Tahapan dalam proses public relations:

Menentukan Masalah
- Penelitian.
- Pencarian informasi atau data.
- Menjawab pertanyaan apa yang sedang terjadi.

Perencanaan
- Penyusunan program.
- Merumuskan tujuan program.
- Strategi komunikasi.
- Menjawab pertanyaan "Apa yang harus dilakukan?"

Aksi dan Komunikasi
- Melaksanakan apa yang sudah pada langkah pertama untuk mencapai apa yang sudah direncanakan.
- Terkait dengan apa yang dilaksanakan, kapan, dimana, melibatkan siapa saja, dan media apa yang digunakan.
- Menjawab pertanyaan "Bagaimana melaksanakannya?"

Evaluasi
- Mengetahui dan menilai apa yang sudah dilakukan, sesuai rencana atau tidak. Jika belum, diadakan penyesuaian.
- Menjawab "Apa yang sudah dilakukan?"

***

Daftar Pustaka:
PPT Dosen Ilmu Komunikasi (Dra. Diana Amalia, M.Si), UPN "Veteran" Jatim

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post