TIPS MEMUNCULKAN IDE SAAT MENULIS

Tidak ada komentar:
25 September 2015

Menulis di laptop seperti ini sangat sulit bagi saya untuk memunculkan ide. Lain halnya dengan ketika menulis di kertas. Dengan corat-coret secara otomatis datang ide. Setelah baca al ma’tsurat tadi pagi sebagai argumen yang mendukung keterangan di atas, tiba2 terpikir untuk menulis. Dan ajib, setelah saya perhatikan, hasilnya cukup lumayan dan sampai ada 2 halaman. Bagi yang belum terbiasa menulis seperti saya, ini luar biasa.

Akan tetapi memang keajegan dan kesabaran kita yang menjadi taruhan. Bisa saja dalam satu minggu kita aktif menulis, tapi setelah itu absen satu tahun. Bukan seperti ini yang diharapkan. Yang kita inginkan terkait tulis menulis adalah waktu kita menulis, muncul ide. Tapi yang terjadi tidak demikian. Ide datang sewaktu-waktu. Terkadang waktu menjelang tidur, waktu mendengarkan pengajian, waktu membaca, bahkan mungkin waktu BAB. Dan memang demikian faktanya, sebagaimana tiap hari Tuhan menganugerahkan rizki pada tiap makhluk-Nya, begitu juga Dia tiap detik mengilhamkan berupa pengetahuan “knowledge” kepada tiap orang yang berusaha mendapatkannya. Bahkan di dalam Qur’an hanya ada satu hal yang oleh Allah kita disuruh untuk minta tambah, yaitu ilmu. Allah berfirman “wa qul rabbi zidni ‘ilma.
Agak sulit untuk kemana-mana membawa buku catatan dan bolpoin. Mungkin akan lebih mudah bagi yang punya handphone kwalitas tinggi tinggal sentuh2 layar dikira sms dengan makhluk melainkan sedang sms menulis “wahyu” dari Tuhan. Cara ini bisa dipakai bagi kita yang malu dianggap sok jadi penulis.
Cara yang kedua adalah bagi yang kemana-mana bawa buku dan polpen. Sediakan buku kecil khusus untuk mencatat pikiran baru apa yang terlintas di benak kita. Saat itu juga harus segera ditulis. Dijamin kalau hanya diingat-ingat, pasti lupa. Karena sebagaimana di atas, ide itu datangnya sewaktu-waktu, dan setelas habis momennya akan hilang dengan sendirinya.
Dari catatan kecil tadi, baik di HP atau di kertas, selanjutnya kita jabarkan dan perjelas disertai argumen2 yang mendukung. Sebagai pemula, kita tidak perlu terlalu mengikuti pakem2 yang ada. Cukup jadi tulisan, yang penting enak dibaca dan logis. Sambil berjalan, insyaallah akan semakin baik tulisan kita.

Semoga bermanfaat...GOOD LUCK ;-)

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.