Gerakan #Mushaf4Ummah


Rasulullah shalallahu alayhi wa salaam bersabda: “Ketika anak manusia meninggal dunia maka terputuslah amal perbuatanya, kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakanya” - HR Muslim



Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Ramadhan, bulan penuh rahmat, bulan tarbiyah diri dan hati, bulan hadiah Allah kepada orang mukmin, bulan mensucikan diri, bulan yang penuh dengan kemuliaan.

Bulan Ramadhan bukan hanya bulan untuk meningkatkan kualitas hubungan kita dengan Allah, tetapi juga sesama manusia. Ianya juga bulan berbagi: berbagi rezeki, berbagi ilmu, berbagi pengalaman, dan bahkan berbagi berkah dan pahala.


Bulan Ramadhan disebut juga dengan Syahrul Quran, bulan dimana Al Quran diturunkan kepada umat Islam sebagai sebuah pedoman utuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Membaca, memahami, mentadabburi dan mengamalkan Al Quran adalah kewajiban bagi setiap muslim. Akan tetapi . . .

Mungkin banyak diantara kita yang memiliki koleksi berbagai mushaf Al Quran, namun tak jarang hanya satu saja yang kita pakai dan yang lain tertinggal dan berdebu. Sementara itu, di luar sana berjuta adik kita belajar membaca Al Quran tanpa memiliki buku panduan dan mushafnya sendiri; puluhan ribu masjid dan mushalla hanya memiliki mushaf yang usang, lusuh dan tak layak baca; dan jutaan rumah muslimin masih absen dari kehadiran Al Quran. Bagaimana kemudian mereka bisa menyelami samudra ilmu dan hikmah Al Quran?


Untuk itu, mari untuk menyambut bulan Ramadhan ini kita bantu sahabat kita di luar sana untuk memeprsiapkan Ramadhan mereka, yakni dingan menghadirkan Al Quran di rumah, mushalla dan masjid mereka. 

Gerakan #Mushaf4Ummah hadir untuk mengajak sahabat sekalian berpartisipasi dan berkontribusi kepada ummat dengan mewakafkan al Quran.

Sahabat bisa menyumbangkan al Quran ‘bekas’ layak baca, bila Sahabat memiliki al Quran berlebih di rumah. Atau juga menyumbangkan buku panduan mengaji (seperti IQRA’ dan tilawati) milik Sahabat dulu yang masih layak baca. Sahabat bisa menyisihkan sebagian dari uang saku sahabat untuk membeli mushaf al Quran baru bagi mereka. Sahabat bisa menjadi agen gerakan #mushaf4Ummah dengan cara: (1) Mengajak sahabat lain untuk turut berpartisipasi dalam gerakan #mushaf4Ummah; (2) Membantu mengirimkan surat permohonan bantuan mushaf ke KUA desa setempat; (3) Membantu memberikan saran tempat yang pas dan cocok untuk menjadi sasaran pendistribusian al Quran; (4) Menjadi distributor mushaf al Qur’an.

Bagaimana Caranya?

(1) Sahabat bisa melakukannya secara personal, yakni dengan langsung menyumbangkan Al Quran yang akan sahabat wakafkan kepada saudara kita yang membutuhkan; (2) Sahabat bisa mngajak teman-teman sahabat untuk bekerja sama dalam melaksanakan gerakan #mushaf4Ummah di lingkungan rumah ataupun sekolah sahabat; (3) Sahabat bsia menyarankan atau mempromosikan gerakan ini ke teman sahabat yang sekiranya memiliki ketertarikan untuk berdedikasi kepada umat; (4) Sahabat bisa juga menghubungi kami untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini [Cek disini]
    Sebagai catatan, gerakan ini adalah gerakan non-profit yang kami tidak memiliki cabang ataupun sejenisnya. Ini adalah murni gerakan dari kesadaran kita sebagai bagian dari ummat untuk umat



    Bayangkan akan pahala yang tidak akan terputus atas wakaf al Quran sahabat, terlebih lagi bila mushaf tersubut dijadikan mushaf untuk tadarus di bulan Ramadan bahkan dijadikan mushaf hafalan oleh seseorang diluar sana. Bukan kah itu sebuah investasi lang luar biasa?

    Kami tunggu partisipasi sahabat dalam gerakan Mushaf4Ummah ini. Semoga Allah menerima amal kita. Semoga Ia menyampaikan kita di bulan Ramadhan dan menjadikan Ramadhan kita nanti bermanfaat. Aamiin

    Dokumentasi #Mushaf4Ummah1435



    Post a Comment

    Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

    Previous Post Next Post