11 KHASIAT BUAH MANGGA UNTUK KESEHATAN

Tidak ada komentar:
21 Juni 2015

Siapa yang tak kenal buah yang satu ini. Yap,, mangga. Tua, muda, semua suka mangga. Enak disantap saat belum matang, maupun sudah matang. Anak muda kebanyakan menyantapnya sebagai petis, begitu juga ibu yang sedang hamil muda, biasanya ngidam makan mangga.
Dan ternyata, tidak hanya enak. Mangga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini, 10 manfaat buah mangga bagi kesehatan yang kami kutip dari top10homeremedies.com

1. Menurunkan Kolesterol
Makan mangga secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol. Vitamin C yang tinggi, pektin dan serat hadir dalam mangga membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol ‘buruk’ LDL serta trigliserida dalam darah. Pada saat yang sama, mereka membantu meningkatkan kolesterol HDL yang ‘baik’.
Mangga juga merupakan sumber yang kaya kalium, yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan aliran darah pada sistem saraf, yang pada gilirannya mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mereka juga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
2. Meremajakan Kulit
Mangga menakjubkan untuk kulit Anda dan sering digunakan sebagai masker wajah dan scrub. Menjadi sumber antioksidan, khususnya vitamin C, mangga membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.
Vitamin A dan beta-karoten dalam buah ini dapat mengembalikan, meremajakan dan menghidupkan kembali kulit Anda. Mangga juga dapat mengurangi bintik-bintik gelap, noda dan jerawat.
Untuk menikmati kulit indah, jangan membuang kulit setelah mengupas mangga matang. Gosok kulit wajah Anda, biarkan hingga kering selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian bilas dengan air hangat. Ramuan sederhana ini akan membuat kulit Anda lembut.
3. Mencegah Stroke
Untuk mengurangi resiko terkena stroke, penting untuk mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh Anda. Menjadi sumber yang kaya kalium, mangga membantu menjaga tingkat natrium, yang pada gilirannya mengatur kadar cairan tubuh dan melindungi Anda dari stroke.
4. Menutrisi Organ Mata
Mangga juga makanan sehat untuk mata Anda. Tingginya jumlah vitamin A yang hadir dalam buah mangga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Vitamin A mempromosikan penglihatan yang baik dan mencegah berbagai gangguan mata, seperti rabun senja, katarak, degenerasi makula, mata kering, dll. Flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan beta-cryptoxanthin hadir dalam mangga juga sangat penting untuk penglihatan yang baik.
5. Bersifat Alkali pada Tubuh
Mangga juga memiliki efek alkalizing pada tubuh. Asam tartarat, asam malat serta sejumlah kecil asam sitrat yang ditemukan dalam mangga membantu menjaga tingkat basa yang sehat dalam tubuh.
Hal ini pada gilirannya mencegah beberapa masalah kesehatan seperti asidosis metabolik kronis, penyakit ginjal, gangguan otot dan tulang melemah. Makan mangga secara teratur membantu menjaga pH normal dan sedikit basa darah antara 7.35 dan 7.45. Hal ini membantu mentransfer oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan tingkat energi, memerangi berat badan dan mencegah berbagai masalah pencernaan dan osteoporosis.
6. Menjaga Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam mangga membantu pencernaan dan penghapusan produk limbah, serta menormalkan buang air besar. Mangga juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Gastroenterology pada tahun 2013.
Selain itu, buah ini dapat membantu atasi sembelit. Mangga juga memiliki enzim yang meningkatkan pemecahan karbohidrat dan protein, sehingga mempromosikan konversi makanan menjadi energi.
7. Menangkal Kanker
Sifat anti-karsinogenik menjanjikan pada mangga berasal dari kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, seiring dengan adanya beberapa fenol dan enzim.
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyawa anti-karsinogenik dan antioksidan dalam mangga dapat melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, paru-paru, kulit, leukemia dan kanker prostat. Beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam mangga yang membantu melawan kanker adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan metil Gallat. Senyawa-senyawa anti-kanker pada mangga efektif menargetkan dan menghilangkan sel-sel kanker yang berbahaya, tanpa merugikan sel-sel normal.
8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jumlah tinggi vitamin C dan A dalam mangga memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat. Vitamin A sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Hal ini juga menjaga kesehatan kulit dan membran mukosa, meminimalkan resiko masuknya berbagai bakteri berbahaya dan jamur. Vitamin C membuat kulit sehat dan membatasi masuknya partikel menular. Hal ini juga meningkatkan produksi sel darah putih yang memperkuat kekebalan. Mangga juga memiliki 25 jenis karotenoid yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sebuah sistem kekebalan yang kuat dapat dengan mudah melawan penyakit umum seperti dingin, flu dan infeksi.
9. Meningkatkan Memori
Mangga juga meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan tingkat konsentrasi. Menurut sebuah penelitian, ada beberapa komponen dalam mangga yang membantu meningkatkan fungsi kolinergik dan mengurangi stres oksidatif. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan memori. Asam glutamin yang disediakan oleh mangga juga dikenal untuk meningkatkan memori dan mempromosikan kewaspadaan mental. Plus, mangga mengandung vitamin B6, yang sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak.
10. Meningkatkan Gairah dan Energi Sex
Mangga dianggap sebagai buah afrodisiak yang besar, Mangga diberi julukan ‘Buah Cinta’. Menjadi sumber yang kaya vitamin E, mangga membantu mengatur hormon seks dan meningkatkan libido. Mangga memiliki magnesium dan kalium, nutrisi penting yang diperlukan dalam produksi hormon seks. Mangga juga meningkatkan produksi histamin pada pria, yang diperlukan untuk mencapai orgasme. Pria dan wanita dengan libido rendah harus makan 2-3 porsi mangga setiap hari.
Nah, itu dia 10 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan. Ternyata, banyak ya manfaatnya untuk tubuh kita. Jadi, tak usah ragu menjadikan buah mangga sebagai santapan favorit. ^^
Semoga artikel ini bermanfaat.. Salam sehat

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.