Acrotholus Audeti, Dinosaurus Terkecil Berukuran Seperti Anjing Modern

Posted in
Tidak ada komentar:
13 Mei 2013




OTTAWA - Penemuan fosil dinosaurus baru dengan tulang tebal dan diyakini berukuran sebesar anjing modern mengungkap keragaman hewan purba yang ada di masa lampau. Temuan terbaru ini menunjukkan bahwa Bumi pada ratusan juta tahun lalu pernah dihuni oleh berbagai ukuran dinosaurus.

Dilansir Abc Science), studi baru mengungkapkan, penemuan dinosaurus seukuran anjing besar memberikan gambaran tentang Bumi di zaman prasejarah. Temuan ini sekaligus membantah bahwa Bumi di masa lampau hanya dihuni dinosaurus raksasa.

Peneliti meyakini bahwa planet ini pada kenyataannya dihuni oleh banyak jenis dinosaurus kecil. Peneliti melaporkan studi mereka pada jurnal Nature Communications.

"Ini akan menjadi dunia yang penuh dengan keanekaragaman kehidupan dinosaurus, baik besar maupun kecil," kata peneliti David Evans dari departemen sejarah alam Royal Ontario Museum.

Seperti diketahui, pada era modern ini, Bumi didominasi oleh hewan bertubuh kecil, seperti mamalia serta reptil. Akan tetapi, fosil dinosaurus telah memberi gambaran bahwa hewan purba di era Mesozoikum (sekira 250 - 65 juta tahun lalu) memiliki ukuran raksasa.

Peneliti telah menemukan fosil dinosaurus yang ditemukan di Milk River Formation, sebelah selatan Alberta, Kanada. Sisa-sisa tulang ini menunjukkan dinosaurus pemakan tumbuhan yang bertubuh kecil. Hewan purba ini diyakini pernah hidup 85 juta tahun lalu.

Dinosaurus herbivora tersebut memiliki panjang 1,8 meter yang diukur dari hidung sampai ekor serta diduga memiliki berat 40 kilogram. Hewan ini memiliki tonjolan tulang yang kuat sepanjang 10 centimeter di bagian atas tengkorak kepalanya.

Dinosaurus ini diberi nama Acrotholus audeti, yang merupakan spesies tertua yang pernah hidup di Amerika Utara. Peneliti meyakini bahwa terdapat dinosaurus bertubuh kecil lainnya yang belum ditemukan.


sumber

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.