Mengenal Fitur Jump Break Pada Blogspot

Posted in
Tidak ada komentar:
24 April 2013

Saat menggunakan blog, apakah Anda pernah berpikir untuk meringkas tampilan posting blog supaya hanya sebagian saja yang muncul di halaman depan? Jika pernah, pasti Anda sudah menggunakan fasilitas read more untuk melakukannya. Bagi pengguna blogspot pemberian fasilitas read more memang agak merepotkan karena harus menambahkan kode HTML pada template meski sekarang sudah banyak pembuat template blogspot yang menambahkan fasilitas read more secara otomatis di dalam template buatannya. Jika Anda ingin memiliki fasilitas read more tanpa perlu susah payah menambahkan kode HTML, saya punya solusinya. Ya, caranya dengan menggunakan fitur Jump Break pada blogspot.

Cara kerja Jump Break
Fitur jump break bekerja memotong sebagian isi postingan di halaman depan blog layaknya sebuah read more. Sehingga, tampilan postingan yang muncul hanya sebagian saja dan untuk memunculkan isi seluruhnya harus mengklik tulisan read more. Penggunaan read more ala blogspot ini bermanfaat untuk menghemat ruang di halaman depan blog.

Kelebihan dan kekurangan Jump Break
Fitur jump break memiliki kekurangan karena Anda harus menggunakan fitur ini secara manual untuk memotong isi postingan pada halaman depan blog. Cara ini tidak sepraktis penggunaan read more yang otomatis akan memotong isi postingan dengan batas jumlah karakter yang bisa diatur, sehingga Anda hanya perlu menuliskan isi postingan saja. Akan tetapi, jump break juga memiliki kelebihan karena Anda tidak perlu memasang kode HTML read more yang agak rumit pada template blog.

Cara penggunaan Jump Break
Saat Anda berada pada tampilan publikasi entri, masukan isi postingan yang akan dipublikasikan terlebih dahulu. Setelah itu, arahkan kursor pada bagian tulisan yang akan dipotong. Klik ikon jump break, selesai. Isi postingan Anda siap untuk di publikasikan.

Jump Break pada blogspot

Anda juga bisa mengubah anchor text dari jump break sesuai keinginan. Caranya, dasbor>tata letak>perhatikan bagian postingan blog> edit> ubah anchor text jump break sesuai keinginan.

Tata letak posting blog

Edit anchor text jump break

Penggunaan jump break sangat cocok bagi Anda yang masih menggunakan template bawaan blogspot dan kurang pahaman dengan penambahan kode HTML read more. Ada tanggapan untuk post saya kali ini? Silakan disampaikan lewat komentar.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.