Inilah 5 Ikan Unik di Dunia

Posted in
Tidak ada komentar:
19 April 2013

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bumi kita ini terdiri dari daratan dan lautan yang sangat luas. Bahkan saking luasnya lautan di bumi maka tidaklah mungkin manusia mampu mengidentifikasikan makhluk-makhluk didalamnya satu persatu. Begitu pun ikan, banyak yang belum diidentifikasikan oleh ilmuwan karena banyak ikan yang baru ditemukan belakangan ini. Berikut ini beberapa ikan yang unik menurut sainsforhuman :

1. Ikan Coelacanth , Indonesia



Ikan coelacanth adalah ikan purba yang pernah ditemukan di perairan Sulawesi, Indonesia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini berevolusi sangat lambat, yang membantu ilmuwan menguraikan proses evolusi hewan darat.

Coelacanth hidup di kedalaman 700 meter di bawah permukaan laut. Ukuran hewan ini bisa mencapai 2 meter. Hewan ini sebelumnya diduga telah punah 65-70 juta tahun lalu hingga akhirnya ditemukan lagi di Afrika pada tahun 1938 dan Indonesia pada tahun 2000-an. Kini, ditemukan 300-an coelacanth yang tersebar di beberapa wilayah.

Studi terbaru menemukan bahwa kerabat terdekat coelacanth adalah ikan air tawar yang ditemukan di Australia dan Afrika, disebut lungfish. Sementara fosil coelacanth tertua yang berhasil diidentifikasi sendiri berumur 375 juta tahun.

2. Ikan bermulut seperti bebek , China




Para penduduk di China pada bulan februari 2010 lalu tengah dihebohkan dengan penemuan ikan dengan bentuk yang aneh. Ikan itu ditemukan di goa dalam danau pada kedalaman 1.000 m di bawah tanah.

Para ahli pun belum dapat memastikan jenis ikan yang ditemukan di Desa Daluo, Kota Bama, sebelah selatan Provinsi Guangxi, China. Demikian diberitakan oleh ananova.com, Rabu (10/2/2010).

Ikan tersebut memiliki mulut lebar dan tipis seperti bebek, dengan didominasi warna merah, bentuknya panjang, kumis tipis, dan mata yang terletak di dekat dengan mulut.


3. Ikan Berkepala Mirip Kecoak



Seorang pemancing ikan mengklaim telah menangkap ikan yang disebut sebagai one-in-a-million "ikan Frankenstein". Mengapa disebut demikian, konon ikan tersebut menampakan diri menjadi tiga spesies yang berbeda.

Dilansir Telegraph, Rabu (30/5/2012), adalah Mark Sawyer, pria berusia 53 ini mengatakan, bahwa ia tengah memancing ikan, kemudian ia melihat spesimen aneh. Awalnya, ia berfikir itu adalah ikan mas yang berwarna coklat. Akan tetapi pada pemeriksaan lebih dekat, ternyata ikan tersebut memiliki kepala yang menyerupai kecoak.

Meski tubuh dan ekor ikan tersebut tetap menyerupai ikan mas, namun sirip belakangnya menyerupai ikan air tawar. Sawyer yang bekerja sebagai editor untuk majalah Angling Times telah mengabadikan foto itu sebelum akhirnya di kembalikan ke dalam Magpie Lake di cambridge.


4. Ikan Tanpa Wajah dan Memiliki 4 Mata, Pakistan.



Ikan misterius yang ditemukan di Pakistan pada 1 april 2013 ini cukup menarik perhatian publik. Ikan tersebut memiliki mata di bagian badannya, warga juga mulai mempertanyakan asal-usul dari ikan tersebut.

Beberapa orang warga menilai, kemunculan ikan aneh itu akan menyebabkan kesialan besar di Kota Karachi atau mungkin di Pakistan itu sendiri. Warga berpendapat, penemuan ikan misterius itu menjadi tanda akan adanya bencana politik dalam pemilu yang digelar pada Mei mendatang.

Mantan pejabat Kementerian Perikanan Pakistan Azaad Muqam mengatakan bahwa, ikan aneh itu merupakan hasil dari mutasi. Namun Muqam menepis ucapan-ucapan yang menyebutkan bahwa ikan itu akan membawa sial bagi Pakistan


5. Ikan Aneh dengan Kemaluan di Kepala, Vietnam



Umumnya, setiap mahluk hidup memiliki alat kelamin (kemaluan) yang letaknya di bagian bawah. Tetapi, hal unik baru saja terjadi, dimana para ilmuwan dikagetkan dengan penemuan satu jenis ikan yang dianggap aneh.

Jenis ikan aneh ini memiliki penis terletak di bagian kepala. Para ilmuwan masih belum mengerti rangkaian evolusi yang menyebabkan posisi penis ikan tersebut berada di wilayah yang dianggap tidak umum itu. Ikan unik ini ditangkap dalam sebuah ekspedisi penelitian di Delta Sungai Mekong di Vietnam.

Seperti diketahui, ikan ini dikelompokkan sebagai anggota ke 22 keluarga ikan jenis Phallostethidae, sekelompok ikan kecil yang memiliki ciri organ vital yang berada di bawah leher mereka.Phallostethidae berbeda dengan rata-rata jenis ikan lain melakukan pembuahan di dalam tubuh mereka.



sumber : kompas dan okezone

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.