Manfaat Search Box Pada Blog

Manfaat Search Box Pada Blog – Search box atau kotak penelusuran merupakan salah satu pernak-pernik blog yang penting untuk disediakan pada sebuah blog . Pada blog dengan platform blogspot, search box dapat kita peroleh secara gratis karena widget ini sudah disediakan oleh blogger. Search box yang ditampilkan pada blog akan mempermudah pembaca dalam menelusuri artikel atau informasi yang diinginkan, baik pada blog yang kita miliki atau secara global.

Salah satu kriteria blog yang baik adalah blog yang mudah digunakan dan mudah dijelajahi oleh pengunjungnya. Mudah digunakan yaitu blog memiliki fitur yang mendukung kebutuhan pembaca dalam mencari informasi, sedangkan mudah dijelajahi apabila pembaca dapat dengan cepat dan mudah untuk menemukan informasi yang diinginkan pada blog tersebut.

Search box dapat kita tampilkan dengan mudah pada blog. Cara untuk menampilkannya adalah sebagai berikut.
Masuk ke akun blogger > dasbor > tata letak > tambahkan gadget > pilih kotak penelusuran.
Atur pilihan fungsi search box sesuai kebutuhan kita.

Search box

Untuk memaksimalkan fungsi search box bagi pembaca, kita dapat meletakan widget ini pada bagian blog yang mudah terlihat seperti pojok kanan atas, pojok kiri atas, atau bagian tengah atas blog. Dengan tampilan search box yang mudah ditemukan pembaca, peluang pembaca untuk menggunakan fasilitas search box dalam mencari informasi tambahan akan lebih mudah digunakan. Pembaca blog kita hanya perlu untuk memasukan keyword dari informasi yang diinginkan untuk menampilkan daftar artikel yang berkaitan melalui search box.

Kita juga dapat melakukan pengaturan hasil pencarian search box pada blog. Kita dapat mengubah judul dari widget search box yang ditampilkan sesuai keinginan. Selain itu, kita juga dapat memilih sumber artikel untuk menampilkan informasi yang dicari pembaca berdasarkan keyword, apakah artikel berasal dari blog kita saja, ditambah halaman berdasarkan link yang ditambah pada postingan blog, atau ditambah pencarian secara global.

Pemanfaatan search box yang berhasil akan memberikan kemudahan bagi pembaca dalam mengakses informasi. Ketika pembaca merasa puas karena mereka sudah menemukan informasi yang diinginkan maka pembaca tersebut juga akan merasa senang dengan pencariannya menggunakan blog kita. Dengan demikian, blog kita akan selalu menjadi referensi atau rujukan bagi pembaca dalam mencari informasi hingga akhirnya mampu meningkatkan jumlah kunjungan pembaca tersebut pada blog kita.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post