Belajar Fiqih

Belajar Fiqih merupakan blog pembelajaran ilmu fiqih dan ilmu islam lainnya yang ditujukan terutama bagi Saya sebagai pengingat dalam mempraktekan ajaran ibadah sehari-hari yang juga mudah-mudahan bermanfaat buat pengunjung. Apa yang Saya tulis adalah murni pendapat para guru dan ulama, bukan pendapat Saya, Saya hanya sebagai penyambung saja dan ingin share apa yang telah Saya pelajari dan Saya dengar dari mereka.

Saya mengkhususkan pelajaran fiqih dan keislaman lainnya dalam blog ini dengan lebih memprioritaskan mazhab imam Syafi'i karena pengikut mazhab ini paling banyak di Indonesia dan Malaysia serta beberapa negara lainnya, oleh karenanya bagi yang mempunyai faham lain, tetap untuk tidak saling menyalahkan ajaran mazhab lainnya dan saling menghormati dengan faham masing-masing.

Untuk mempermudah dalam belajar ilmu fiqih ini, Saya susun daftar artikel sebagai berikut :
  1. Pengertian Mazhab
  2. Sejarah Timbulnya Mazhab
  3. Sikap Umat Islam Terhadap Mazhab
  4. Mazhab Sunni
  5. Perbandingan Suni dengan Syi'ah
  6. Perkembangan Mazhab Safi'i
  7. Membaca Basmallah
  8. Mengenai Hamdallah
  9. Membaca Shalawat
  10. Bacaan Hauqalah
  11. Rukun Islam
  12. Ciri Ciri Balig
  13. Pembagian Air
  14. Fardu Wudu
  15. Sunat Wudu
  16. Syarat Wudu
  17. Hal Yang Membatalkan Wudu
  18. Larangan Bagi Yang Tak Punya Wudu
  19. Fardu Mandi Besar
  20. Sunat-sunat Ketika Mandi Besar
  21. Hal Yang Makruh Ketika Mandi Besar
  22. Hal Yang Mewajibkan Puasa
  23. Syarat Sah Puasa
  24. Syarat Wajib Puasa
  25. Rukun Puasa
  26. Kewajiban Qodlo Puasa dan Kifarat
  27. Kewajiban Qodlo Puasa dan Menahan Berbuka
  28. Hal Yang Membatalkan Puasa
  29. Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa
  30. Hukum Berbuka Puasa
  31. Masalah Qodlo Puasa dan Fidyah
  32. Dalil Puasa Senin Kamis
  33. Puasa 9 10 Muharam
  34. Rukun Shalat
  35. Bacaan Niat Shalat Fardhu
  36. Niat Shalat Sunah
  37. Niat Shalat Rawatib
  38. Doa Qunut 
  39. Hukum Qunut 
  40. Diam Dalam Shalat
  41. Penyebab Sujud Sahwi
  42. Pembagian Waktu Shalat
  43. Waktu Shalat Yang Terlarang
  44. Syarat Shalat Berjamaah
  45. Shalat Yang Wajib Berjama'ah
  46. Keutamaan Shalat Berjamaah
  47. Hal Yang Membatalkan Shalat
  48. Qadha Shalat Wajib
  49. Niat Shalat Qadha
  50. Syarat Shalat Jum'at
  51. Rukun Khutbah Jum'at
  52. Syarat Khutbah Jum'at
  53. Shalat Rawatib
  54. Shalat Witir
  55. Shalat Tahajjud
  56. Shalat Dluha
  57. Shalat Jenazah
  58. Shalat Tasbih
  59. Shalat Istikharah
  60. Waktu Afdol Membaca Al Quran
  61. Bacaan Istighfar Yang Lengkap
  62. Bacaan Sayyidul Istighfar
  63. Keutamaan Istighfar dan Tata Caranya
Jika blog ini sekiranya bermanfaat buat Anda semua, silahkan ajak teman-teman, saudara-saudara semua atau siapaun untuk membaca artikel di blog ini. Bisa share lewat akun Facebook atau Twitter Anda. Oh ya, satu lagi, Saya juga mohon doanya kepada seluruh pembaca yang budiman agar Saya sebagai pengurus blog belajar fiqih ini, bisa mendapatkan keberkahan dengan apa yang Saya tulis baik di dunia maupun di akhirat, serta senantiasa tetap berada di jalan yang Allah ridhoi. Amin.

Wassalam

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post