Bacaan Ketika Akan Tidur

Ada banyak sekali doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika akan tidur. Semuanya bersumber dari hadits-hadits yang shohih.
Diantaranya :

  1. بِاسمِكَ اَلَلَّهُمَّ اَحيَا وَ اَمُوتُ




    Artinya :  "Dengan menyebut nama-Mu Ya Alloh,  aku hidup dan aku mati".
    Bacaan di atas berdasarkan hadits di dalam Sohih Bukhori riwayat dari Hudzaifah dan Abi Dzar.
  2. Membaca takbir,  tasbih dan tahmid masing-masing sebanyak 33 kali.  Hal ini berdasar dari kitab Sohih Bukhori riwayat dari 'Ali serta Sohih Muslim riwayat dari Baraa bin 'Azib dan 'Ali.

  3. بِا سمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِيْ وَبِكَ اَرْفَعُهُ اِنْ اَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا وَاِنْ اَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبادَكَ الصَّالِحِينَ



    Artinya :  "Dengan menyebut nama-Mu wahai Tuhanku,  kurebahkan jasadku dan karena Engkau pula aku bangun,  jika Engkau menahan badanku (untuk tetap tidur),  maka sayangilah dia,  dan jika Engkau melepaskannya maka peliharalah dia sebagaimana terpeliharanya hamba-hamba-Mu yang sholeh."

    Bacaan di atas bersumber dari Imam Bukhori dan Muslim,  riwayat dari Abi Hurairah.
  4. membaca surat Al Ikhlas,  Al Falaq dan Annas,  lalu ditiupkan ke dua telapak tangan kemudian diusapkan ke seluruh badan kita.   Hal ini diungkapkan dalam Sohih Bukhori Muslim,  riwayat dari 'Aisyah.

  5. اللهم اَصْلَمْتُ نَفْسِي اِلَيكَ وَفَوَّضتُ اَمرِيْ اِلَيكَ وَالجَأتُ ظَهرِي اِلَيكَ رَغبَةً وَرَهبَةً اِلَيكَ لاَ مَلجَأ ولا مَنْجى مِنكَ اِلاَّ اِلَيكَ آمَنتُ بِكِتابِكَ الَّذي اَنزَلتَ وَنَبِيِّك الَّذي اَرْسَلْتَ فَاِن مِتَّ مِتَّ على الفِطرَةِ وَاجعَلهُنَّ آخِرَ مَا تقُولُ



    Artinya :  "Ya Alloh,  kupasrahkan diriku kepada-Mu,  kusandarkan urusanku kepada-Mu,  kusandarkan pula jasadku kepada-Mu,   dengan rasa cinta dan takut kepada-Mu,  tidak ada tempat berlindung dan bertedud kecuali kepada-Mu,  aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan,  dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus,  Maka jika engkau mau mematikan,  matikanlah dalam keadaan suci dan jadikanlah apa yang aku baca sebagai perkataan yang terakhir".
    Bacaan ini berdasar hadits Bukhori Muslim riwayat dari Bara' bin 'Azib.


Sebenarnya ada banyak puluhan hadits yang menerangkan tentang bacaan doa ketika mau tidur.  Insya Allah versi lengkapnya akan Saya susun dalam bentuk ebook atau buku.

Nah,  kita boleh mengamalkan bacaan di atas sesukanya,  tergantung kemampuan dan kemauan kita.  Lebih banyak tentu akan lebih baik,  daripada ketika akan tidur melamunkan atau membayangkan hal yang tidak-tidak,  alangkah baiknya jika diisi dengan dzikir sampai kita tertidur.  Siapa tahu kita bisa bermimpi dengan Rosululloh.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post