Keunikan-Keunikan dan Kegunaan Kelelawar

Posted in
Tidak ada komentar:
10 Juli 2013

Kelelawar adalah hewan yang sangat menakjubkan dan memiliki banyak keunikan. Maka tak heran dengan keunikannya tersebut, para ilmuan banyak yang berbondong-bondong meneliti setiap keunikan binatang tersebut sehingga terciptalah alat yang berguna bagi kehidupan manusia dengan terinspirasi oleh kelelawar. Berikut ini beberapa keunikan-keunikan yang dimiliki oleh kelelawar.

1. Kelelawar dapat Lepas Landas dengan Kekuatan Yang sangat Menakjubkan






Bagaimana kelelawar beradaptasi secara anatomi dan morfologi sehingga bisa lepas landas terbang layaknya pesawat? Ilmuwan baru-baru ini mengungkapnya lewat studi dengan memanfaatkan sinar X. Nicolai Konow, ilmuwan dari Brown University, mengamati bagaimana setiap tulang pada kelelawar bergerak saat spesies itu akan lepas landas.

Konow mengukur perubahan panjang otot dan tendon kelelawar. Dengan demikian, ia mengetahui kemampuan menyimpan energi dan regangannya.

"Kebanyakan mamalia memiliki tendon yang tebal dan kaku sehingga tak bisa meregang dan menyimpan energi di dalamnya seperti kita manusia melakukannya dengan tendon achilles saat kita berlari atau berjalan," kata Konow.

Namun, kelelawar pemakan buah yang diobservasi ternyata mampu menyimpan energi seiring kontraksi dan relaksasi otot bisep dan trisep selama lepas landas.Melepaskan "energi elastis" tersebut, layaknya sebuah karet yang ditarik lalu dilepaskan, memberikan kelelawar energi ekstra untuk mulai terbang.

2. Kelelawar Membantu Pertanian dan Ekonomi





Kelelawar ternyata sangat membantu dalam bidang pertanian. Diantaranya karena kelelawar bisa sebagai penyerbuk alami sehingga dapat dimanfaatkan dalam pertanian jagung dan lain-lain.

Selain itu juga kelelawar dapat digunakan sebagai pembasmi hama alami menurut Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dimana kelewar merupakan hewan omnivora, maka tak heran jika kelelawar mau memakan hama pada tanaman pertanian.

Bahkan pada tahun 2006 saat terjadi pembantaian besar-besaran terhadap kelelawar karena menyebarkan penyakit tertentu, Amerika Serikat rugi milaran dollar /tahun. Karena menurunnya pembasmi hama alami yaitu kelelawar.

3. Kelelawar Penglihatannya Buruk tapi tak Pernah Menabrak




Kelelawar merupakan hewan yang memiliki penglihatan sangat buruk. Tetapi kelelawar tidak pernah menabrak benda disekilingnya padahal kelelawar sendiri merupakan hewan nocturnal yaitu hewan yang beraktivitas atau mencari makan di malam hari. Padahal pada malam hari justru gelap gulita. Mengapa demikian?

Kelelawar tidak menabrak karena kelelawar tidak memakai indera penglihatannya namun memakai indera pendengarannya yang disebut eko lokasi. Eko lokasi bekerja dengan cara kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi yaitu sekitar 100.000 Hz. Saat suara ini mengenai suatu benda maka akan memantul dan pantulannya akan di tangkap kembali oleh kelelawar sehingga kelelawar mengetahui jarak benda tersebut sehingga tidak menabrak.

Cara kerja ini pun diteliti oleh ilmuan sehingga diterapkan oleh manusia untuk membuat tongkat bagi tuna wisma. Tongkat tersebut memiliki cara kerja yang sama dengan pendengaran kelelawar.

4. Kelelawar Pandai di Segala Medan




Sekali lagi, Kelelawar merupakan hewan yang sangat unik. Kelelawar merupakan mamalia yang bisa terbang. selain itu juga pandai disegala medan.

Bukan hanya terbang kelelawar juga pandai disegala medan karena ia dapat berjalan, berlari, melompat, dan berenang. Keahliannya inilah yang membuat para ilmuan terinspirasi untuk membuat robot yang memiliki kemampuan seperti kelelawar. Dengan kemampuan tersebut maka proses pencarian korban bencana dapat mudah dilakukan dan bahkan tanpa kendala.

Related posts

0 komentar:

ABOUT THIS BLOG

Media untuk berbagi dan memasyarakatkan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa, SELAMAT MEMBACA.

© 2013 DUNIA LAIN. Designed by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.