Pintar-pintarlah Mengatur Waktu

Mengatur waktu tidak hanya diperlukan ketika masih status sebagai pekerja, atau jadi pemimpin. Dimana pun kita beraktivitas, kita sebaiknya bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai karena lingkungan kerja kita yang pengaturan waktunya belum teratur, sehingga ikutan-ikutan juga dengan situasi itu. Ini sangat tidak bermanfaat bagi masa depan Anda, karena apa yang kita lakukan saat ini akan menjadi cerminan masa depan kita.

Sebaliknya, jika Anda bisa mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, itu akan menjadi contoh bagi yang karyawan lainnya dilingkungan Anda bekerja.

Begitu pentingnya aspek manajemen waktu ini, kemudian timbul sebuah idiom yang terkenal bahwa waktu adalah emas; waktu adalah uang. Bahkan Allah dalam Alquran berjanji demi “Waktu”. Merugilah orang-orang yang tidak mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

Ini sedikit tips sederhana mengatur waktu:

1. buatlah perencanaan waktu, tentang apa yang Anda lakukan setiap saat dan buatlah planning skala prioritas dan non prioritas.
2. Kerjakanlah sesuatu berdasarkan skala prioritas. Anda harus tahu kapan suatu tugas harus diselesaikan dan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
3. Ketahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Ini akan menuntut Anda untuk bersikap realistis terhadap rencana dan tugas-tugas.
4. Anda tak dapat mengerjakan dua tugas dalam satu waktu yang bersamaan. Kuncinya adalah manajemen waktu adalah fokus pada suatu aktivitas.
5. Tahan godaan untuk mengerjakan hal-hal yang kecil namun menyita waktu, usahakan tetap fokus pada apa yang kita sedang kerjakan.
6. Bersikap efisien. Tak perlu menghabiskan waktu untuk merumit-rumitkan sesuatu. Jika suatu pekerjaan bisa dibikin sederhana, mengapa harus dibuat sulit.

Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.hasnulsuhaimi.com

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post