Berbagai jenis format file dalam dunia design

 

Format File untuk Desain Cetak CMYK

Ketika merancang untuk cetak, penting bahwa Anda menggunakan mode warna CMYK. 
File-file berikut ini sering digunakan saat menyimpan desain cetak dari berbagai sumber :
  • PDF (Portable Document Format) adalah format file yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang dapat didownload secara universal dan dilihat oleh setiap komputer yang memiliki Adobe Acrobat plug-in. Hari ini, PDF banyak disukai oleh kebanyakan desainer - dapat disimpan sebagai file yang dapat diedit yang besar untuk klien.
  • EPS (Encapsulated file PostScript) adalah format vektor dari logo Anda. Hal ini dapat kembali ukuran tanpa kehilangan kualitas gambar. Karena kualitas tinggi itu, umumnya digunakan dengan elemen cetak seperti kartu nama atau brosur. Jika Anda pernah mempertanyakan kapan harus menggunakannya, tanyakan pada diri sendiri, "Apakah ini akan digunakan untuk cetak berkualitas tinggi?"
  • TIFF (Tagged Image File Format) secara luas didukung dan bekerja di hampir setiap program. Ini menghasilkan kualitas gambar lebih tinggi daripada file JPG atau PNG, tapi bukan merupakan format vektor seperti EPS. Hal ini banyak digunakan di kalangan industri penerbitan dan fotografer. Hal ini paling baik digunakan dalam hal-hal umum seperti layout halaman faktur, atau kop surat. 


Format File untuk RGB berbasis komputer Desain

Ketika merancang untuk setiap perangkat elektronik atau komputer, penting bahwa Anda menggunakan mode warna RGB.
Berkas berikut ini sering digunakan saat menyimpan berbasis komputer desain:
  • JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah file raster paling baik digunakan untuk berbasis web desain karena ukuran mereka dikompresi muncul dengan cepat. Gambar JPG kehilangan kualitas beberapa tapi yang besar untuk digunakan untuk email, desain banner atau apapun berbasis web.
  • PNG (Portable Network Graphics) adalah file berbasis web yang tidak kehilangan kualitas ketika terkompresi. PNG diciptakan untuk memperbaiki kualitas file GIF dan paling baik digunakan untuk web.

Berikan Klien File Editable

Hal ini sangat penting bahwa Anda menyediakan file bekerja untuk klien Anda memetikan mereka perlu mengedit desain Anda di masa depan.
PSD (Photoshop) dan AI (Illustrator) tidak dikompresi, bekerja file yang dibuat saat menggunakan program Adobe. Photoshop adalah raster berbasis program dan terutama digunakan untuk web berbasis desain sementara Illustrator adalah vektor berbasis program yang terutama digunakan untuk logo. Anda perlu menyediakan file bekerja untuk klien Anda memetikan mereka perlu mengedit desain Anda di masa depan.
Jika Anda menggunakan CSD (CorelDRAW), Anda juga harus menyediakan klien dengan PDF dapat diedit atau mengkonversi file Anda ke AI. Untuk informasi lebih lanjut tentang masalah yang dapat terjadi ketika melakukan hal ini, baca Masalah CorelDRAW: Penerbitan sebagai AI dan EPS .
Dengan pergi bekerja ekstra dan memastikan klien memiliki semua file yang benar untuk desain baru mereka, Anda akan ditetapkan sebagai desainer terpercaya untuk bisnis mereka.
 

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post