Public Health


Hubungan Sejarah Kedokteran dan Ilmu kesehatan Masyarakat
Sejarah kesehatan masyarakat berkaitan erat dengan sejarah kedokteran, karena induk dari kesehatan masyarakat adalah kedokteran. Masyarakat baru mengenal ilmu kesehatan masyarakat baru-baru ini. Padahal IKM sudah dari dulu ada sejalan dengan lahirnya ilmu kedokteran. IKM merupakan bagian penting dari kedokteran. IKM bergerak pada bidang pencegahan, menanggulangi wabah, kebersihan lingkungan, dsb. Urutan perkembangan kedoketeran dan IKM yaitu ilmu pengobatan primitif,  jaman peradaban dini,jaman tiongkok kuno, jaman mesir kuno, jaman yunani kuno, jaman romawi kuno, jaman abad pertengahan, jaman pembaharuan, lahirnya public health pada masa revolusi industri, dan era bakteriologi.
Dimulai dari ilmu pengobatan primitif, ilmu pengobatan primitif dimulai sejak 10-15 ribu tahu yang lalu. Dari peninggalan purbakala menunjukan sudah ada upaya-upaya pengobatan. Pada jaman tersebut sudah ditemukan ramuan-ramuan obat yang bahan-bahannya diperoleh dari alam sekitar. Mereka juga sudah mengenal alat-alat pengobatan yang sederhana. Selain dengan ramuan-ramuan dari alam pengobatan primitif juga menggunakan unsur-unsur gaib.  Misalnya dengan jimat, mantera, doa-doa untuk mengusir roh-roh jahat. Sekarang pengobatan tersebut bukan dikatakan sebagai pengobatan primitif, melainkan pengobatan supra natural. Atau dikenal dengan pengobatan alternatif. Pengobatan tradisional atau yang dikenal dengan ‘Batra’ merupakan pengobatan primitif dulunya. Karena didasrkan pada cara-cara empirik, dan pengalaman secara turun- temurun.
Jaman peradaban dini, jaman ini menunjukan masyarakat mulai berbudaya yaitu sekitar kurang lebih 5000 sebelum masehi. Dari penggalian yang dilakuakan oleh Mohenjo-Daro di lembah Indusdan di Harappa, Punjab, India, menunjukkan kota-kota kuno di india dibangun dengan perencanaan tertentu. Rumah yang berada di kota- mota kuno tersebut dibangaun dengan kamar mandi, sistem pembuangan air dan najis yang tetutup dan hyginis.  Reruntuhan dari sistem pembuangan limbah dan najis tersebut menunjukkan tingginya teknik penyehatan umum ( public health engineering).
Jaman tiongkok kuno, jaman ini berkisar kurang lebih 2700 sebelum masehi. Masyarakat cina kuno mengenal prinsip yang dan yin. Yang bersifat jantan yang aktif dan yin bersifat betina yang pasih. Keseimbangan dari prinsip yang berbeda tersebut menurut mereka adalah keadaan sehat. mereka sudah mengenal imunisasi. Imunisasi tersebut terhadapa cacar ( variola) yaitu dengan melakukan varolasi. Slogan mereak ada;ah dokter yang baik bukanlah yang mengobati seseorang seseudah sakit, tetapi bertindak sebelum ia jatuh sakit. Ilmu pengobatan tradisional mereka kembangkan secara turun temurun, kemudian diintegrasikan dengan ilmu kedokteran modern. Contohnya accupunture.
Jaman mesir kuno, peradaban mesir kuno dibidang kedokteran dan kesehatan masyarakat dikenal sejak kurang lebih 2000 sebelum masehi. Masyarakat mesir kuno mendokumen tasikan catatan tentang kesehatan pada papyrus. Salah satu papyrus yang dikenal yaitu papyrus dari Ebers yang memuat catatan kedokteran tentang ramuan-ramuan obat .masyarakat mesir kuno menyambah dewa, salah satunya dewa Imhotep yang dikenal sebagai dewa kedokterannya.
Jaman yunani kuno, jaman ini berkisar kurang lebih 700-200 SM. Dalam jaman ini hidup para ahli filsafat yang terkenal. Tokoh mitologis di jaman ini yaitu aesculapius sebagai dewa kedokteran dan Hygiea sebagai dewkebersihan. Dari nama hygiea berkembang pengertian kebersihan yang terkait erat dengan perilaku hidup sehat. tokoh besar kedokteran di jaman yunani kuno adalah hippocrates yang sering dianggap sebagai bapak kedokteran. Hippocrates jg dikenal sebagai pelopor dari pemikiran-pemukiran dasar konsep IKM.
Jaman romawi kuno, dari jaman yunani kuno peradaban berangsur beralih ke jaman romawi kuno. Bangsa romawi kuno dikenal bangsa yg kreatif terutama dibidang kesehatan masyarakat. Beberapa nama dokter yang terkenal di jaman ini ialah : celsus ( yang pertamakali mengungkapkan proses peradangan (inflammation) ), Galen ( pelopor ilmu kedokteran eksperimental). Galen juga mengembangkan ilmu anatomi, walaupun temuan-temuannya tidak diperoleh dari hasil bedah mayat, karena pada jaman itu bedah mayat dianggap tabu. Selain itu galen banyak mengemukakan pendapat- pendapat dan teori-teorinya tentang epidemologi.
Jaman abad pertengahan, jaman abad pertengahan ini berkisar antara 500-1500 masehi. Di jaman abad pertengahan ini ilmu kedokteran mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut disebabkan karena paham agama kristen yang lebih ke kerohanian, sehingga cara berfikir lebih ke tahayul, mistig-mistig, dsb. Oleh karena itu di jaman abad pertengahan ini disebut abad kegelapan bagi dunia keilmuan. Di zaman ini terdapat beberapa kasus- kasus kesehatan. Kasus-kasus tersebut diantaranya adalah penyebaran wabah penyakit. Penyebaran penyakit tersebut disebabkna karena kondisi pemukiman penduduk yang kumuh. Jenis-jenis penyakit menulat pada jamna tersebut antara lain pest, cacar, campak, TBC, anthrax, kusta, dan difteria.
The golden age of Islamic Medicine, di benua eropa pada abad pertengahanilmu kedokteran mengalami kemunduran, sedangkan di daerah Arab saudi sebaliknya. Ilmu kedokteran di arab saudi di jamn pertengahan mengalami kemajuan. Nama dokter yang terkenal di arab saudi adalah Rhazez ( yang membedakan penyakit cacar(variola) dengan campak(morbili), Avicenna ( yang menguraikan tentang cacing pita). Di arab saudi pada jaman ini juga berkembanga ilmu farmasi dan farmakologi.
Jaman pembaharuan, di jaman ini dunia barat mulai sadar tentang kekeliruan- kekeliruan cara berpikir mereka. Di jaman ini terdapat beberapa nama tokoh perintis cara berfikir dan awal inovasi dalam dunia kedokteran dan kesehatan m asyarakat. Tokoh tersebut ialah : Girolamo Fracastoro ( seorang dokter italia yang menerangkan teori tentang penularan penyakit), Paracelsus ( seorang dokter dari swiss yang merintis bidang keselamatan dan kesehatan kerja), Vessalius( mempelopori adanya bedah mayat), Ambrois Pare( menghidupkan kembali pembedahan dan dikenal sebagai bapak dari pembedahan modern), Antony van Leeuwenhoek ( dengan model mikroskopnya pertamakali berhasil menunjukkan binatang-binatang kecil halus yang mungkin adalah salah satu bentuk kuman), William Petty ( seorang dokter yang juga ilmuan ahli ekonomi berhasil merintis menggunakan anga kwantitatif untuk mengamati masalaha kesehatan dan kesejahteraan masyarakat).
Lahirnya Konsep Public Health pada masa revolusu industri, lahirnya pemikiran tentang konsep public health diawali dalam bentuk perundang-undangan yang bermaksut untuk mengatasi maslah sanitasi lingkungan di daerah kumuh dalam kota london. Nama-nama tokoh peintis pemikiran awal konsap public health ialah : James Lind (menemukan bahwa buah jeruk segar dapat mencegah ‘scurvey’), Jhon Peter Frank (dokter jerman yang pertama kali melontarkan tentang konsep ‘Polisi Kedoktern’), Edward Jenner( dokter daerah pedesaan yang pertama kali merintis vaksinasi terhadap cacar (variola)), Edwin Chadwick ( seorang ahli hukum yang dianggap sebagai ‘bapak kesehatan masyarakat’)
Jaman Bakteriologi, di jaman ini ilmu kedokteran dan kesehatan memasuki jaman yang mengesankan. Yaitu ditandai dengan mulai dikenalnya kuman atau jasad renik yang keberadaannya menyebabkan penyakit. Jaman bakteriologi ini merupakan tonggak sejarah yang penentukan arah perkembangan IKM dan IKP ( ilmu kedokteran Pencegahan). Tokoh dijaman ini adalah: Louis Pasteur ( ahli kimia bangsa perancis yang pertama kali mengamati proses  fermentasi pada anggur), Robert Koch ( seorang ahli biologi dari jerman yang pertamakali berhasil mendeteksi kuman TBC).
Basic Science Era, temuan pada jaman bakteriologi tersebut telah di dukung dengan berkembangnya sarana dan prasarana dalam bentuk dibangunnya laboraturium-laboraturium dan pusat-pusat penelitian ilmiah. Temuan-temuan yang mengesankan di dalam basic science era sekitar abad 19 dan awal abad 20 adalah : dpenemuan berbagai jenis vitamin, penemuan obat-obatan yang tergolong kemoterapi, penemuan penisilin, penemuan metode kontrasepsi.
Berkembangnya konsep Community Health, perkembangan [enemuan-penemuan dalam basic science era sulit mencapai sasaran , karena itu berkembanglah konsep community health. Unsur-unsur yang berkambang dalam konsep commuity health adalah : peran sera aktif masyarakat, keikut serataan serta dukungan dari pemimpin setempat, masyarakat bukan hanya sebagai obyek sasaran, tetapi masyarakat juga berperan sebagai subyek, peranan sektor-sekltor lain diluar sektor kesehatan.
Dari penjelasan-penjelasan diatas tentunya kedokteran dan kesehatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kemajuan kesehatan, jika hanya ilmu kedikteran saja yang digunakan, maka penanganan kesehatan di masyarakat kurang maksimal. Kedokteran lebih kepada menyembuhakan penyakit, sedangkan ilmu kesehatan masyarakat bersifat pencegahan.

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post