Membuat File PDF

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, sebuah format file yang dikembangkan oleh Adobe Systems. PDF dapat menampilkan informasi dengan bermacam format yang dihasilkan dari software aplikasi, sehingga memungkinkan untuk mengirimkan dokumen dengan format tertentu untuk ditampilkan di layar atau di printer sesuai dengan tampilan aslinya. Untuk melihat file dengan format PDF, anda membutuhkan Adobe Acrobat Reader (dapat didownload disini).
Untuk membuat file PDF, ada bermacam software yang dapat didownload di internet. Salah satunya yang saya gunakan adalah PrimoPDF. Silakan download disini, kemudian diextract ke sebuah folder. Setelah itu lakukan instalasi seperti biasa. Setelah instalasi selesai, maka akan terbentuk sebuah printer baru dengan nama PrimoPDF (bisa anda lihat di Control Panel > Printers and Faxes).

Cara pemakaian PrimoPDF sebagai berikut :
1. Misalkan anda hendak mengkonversi (convert) dokumen Word atau Excel anda ke PDF, maka buka dokumen tersebut lalu Cetak (Print)
2. Di pilihan printer yang ada, pilihlah PrimoPDF. Lalu tekan [Print]
3. Akan tampil sebuah window (kotak dialog) PrimoPDF dimana anda bisa menuliskan nama file PDF hasil konversi dari dokumen tadi.
4. Lalu tekan tombol [OK]. Selesai.
PrimoPDF

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post